Urgensi Upgrade Windows 11

67 0

Windows sebagai sistem operasi yang cukup populer di kalangan pengguna pc dan laptop, menjadikan pengguna windows sasaran kejahatan cyber yang sedang berkembang. Tidak terkecuali ancaman kejahatan terbaru yaitu ransomware. 

Mendung tidak harus hujan, namun apa yang anda fikirkan jika awan mendung muncul di depan anda ?  Pasti anda berpikir untuk segera meneduh dan mempersiapkan diri menghadapi kemungkinan hujan bukan ? 

Menggunakan sistem operasi terbaru serta selalu dilengkapi dengan update rutin tidak menjamin anda aman dari potensi kejahatan cyber. Namun, dengan membiarkan sistem operasi dan software pendukung dalam kondisi yang tidak optimal juga bukan hal yang bijak. 

Upgrade Windows 11

Windows telah mengeluarkan upgrade gratis untuk pengguna sistem operasi windows lawas seperti windows 7 dan windows 10. Namun, seminggu setelah perilisan resmi muncul banyak keluhan bug dalam media penyimpanan windows 11. 

Kemungkinan besar windows akan mengeluarkan versi yang lebih mutakhir untuk menambal bug tersebut beberapa waktu kedepan. Namun, disisi lain upgrade windows 11 menawarkan fitur keamanan tambahan sebagai upaya pengamanan data anda.

Keberadaan upgrade windows 11 secara gratis lambat laun akan membawa system operasi ini, menjadi sistem operasi yang paling banyak digunakan. Namun, bukan berarti anda harus upgrade sekarang juga.  

Jaminan Keamanan 

Satu satunya cara mengamankan data anda dari potensi kejahatan cyber adalah dengan membuat komputer anda terisolasi dari dunia luar (tanpa internet) — RAY

Virus dan kejahatan cyber muncul merupakan konsekuensi dari semakin terhubungnya sistem komunikasi melalui jaringan internet dan peripheral offline (flash disk etc etc). Hampir tidak mungkin komputer yang terhubung ke jaringan internet dapat terbebas dari resiko terpapar virus dan kejahatan cyber lainnya. 

Namun, setidaknya kita dapat berupaya untuk meminimalisir resiko tersebut dengan beberapa langkah : 

  1. Menggunakan Lisensi Software Original 
  2. Update Berkala Sistem Operasi dan Software Pendukung
  3. Tidak Terbuai Dengan Link Yang Tidak Jelas Sumbernya
  4. Gunakan Antivirus Terbaik 

Anda tidak bisa melakukan upgrade sistem operasi begitu saja tanpa mempertimbangkan kemampuan dari perangkat yang anda miliki. Namun, setidaknya dengan mengikuti beberapa langkah sederhana diatas potensi resiko kejahatan cyber dapat ditekan seminimal mungkin. 

Potensi Kerugian 

Data is the new oil, begitulah ungkapan yang sering digunakan oleh pakar keamanan technology. Memang dalam dunia modern, data tanpa pengolahan yang baik tidak akan memberikan dampak lebih bagi perusahaan maupun personal.

Namun, dengan pengolahan yang baik data dapat dikelola menjadi sumber target marketing hingga analisa perilaku masyarakat dan individu. Maka dengan melakukan perlindungan data dengan baik kita dapat terhindar potensi aktivitas yang mengganggu kehidupan pribadi kita. 

Kesimpulan 

Melakukan update dan menjaga kemampuan perangkat lunak (system operasi) gawai kita sudah menjadi keharusan untuk dapat terhindar dari potensi kejahatan cyber di zaman modern. Namun, ada beberapa hal lain yang dapat kita lakukan selagi menunggu status perangkat lunak tersebut menjadi siap pakai seluruhnya (stabil).

Maka, kita dapat melakukan upaya lainnya untuk dapat menjaga perangkat lunak kita dalam kondisi yang optimal dengan memaksimalkan hal lain seperti gunakan antivirus hingga hanya menggunakan software dengan lisensi resmi. 

Tidak ada gading yang tak retak, dan tidak ada system yang aman seratus persen  — RAY

Leave a Reply