Tutorial Memperbaiki Hardisk Rusak

155 0

Zaman yang sudah serba canggih dan digital ini, segala penyimpanan dalam bentuk file data sudah dapat dilakukan lewat memori card.

Jenis memori juga sudah semakin canggih, dari penyimpanan dalam bentuk micro SD hingga sekarang ini telah berinovasi pesat menjadi sebuah penyimpanan hardisk berkapasitas super besar.

Kemampuan memori penyimpanan besar dalam sebuah device itu dapat meringankan dan membuat segala kebutuhan manusia makin terfasilitasi.

Bayangkan, jika peranan hardisk tidak ada di dewasa ini, pekerjaan seperti menyimpan database, membackup file penting tentu tidak dapat berjalan secara gampang.

Memang sudah banyak layanan cloud penyimpanan online, tetapi kurang begitu direct ketibang kita mengoperasikan memori seperti hardisk. Cloud pun harus terhubung dengan koneksi internet terlebih dahulu, jika file upload yang anda unggah terlalu besar tentu bakal memakan waktu juga.

Kalau ngomongin soal teknologi memang gak ada habisnya, mending disini kita bahas bareng-bareng soal sisi negatif khususnya kemungkinan terburuk dalam pengoperasian perangkat elektronik dari yang namanya rusak atau error.

Hardisk pun salah satu yang dapat berpotensi besar mengalami error, dan hal inilah yang paling ditakutkan oleh banyak orang.

Bukan soal nilai harga barangnya, tetapi semua unsur termasuk isi soft file penting yang belum terbackup dalam hardisk rusak sangat berpotensi hilang atau hangus.

Bagi yang sedang mengalami masalah diatas, berikut akan kami sajikan tutorial memperbaiki hardisk rusak. Siapa tahu dapat memberikan solusi.

Faktor Hardisk Rusak

Sebelum masuk ke pembahasan utama yakni tutorial memperbaiki hardisk rusak, ada baiknya kalau kita kenali terlebih dahulu faktor penyebab kerusakan yang bisa terjadi di sebuah memori hardisk.

Coba perhatikan poin dibawah ini, siapa tahu salah satunya sudah anda curigai sebelumnya.

1.       Penggunaan Hardisk Berat

Pemakaian yang berlebihan ini dapat membebani kinerja hardisk dalam jangka pemakaian panjang. Paling tidak berikan kesempatan hardisk untuk beristirahat setelah dipakai lama.

2.       Suhu Hardisk Cepat Panas

Curigai perangkat hardisk yang cepat panas, baru digunakan sebentar suhunya sudah langsung naik. Hal ini bisa dikarenakan faktor yang pertama yaitu memacu perangkat berlebihan.

3.       Menginstall Aplikasi Terlalu Banyak

Hardisk dalam laptop akan merasa terbebani jika aplikasi yang anda install terlalu banyak. Jika kapasitas ruang sudah penuh dan anda masih memaksakan aplikasi tetap berjalan, maka dapat memberikan dampak yang tidak baik.

4.       Terjatuh atau Terbanting

Hardisk salah satu perangkat yang rawan terjadi kerusakan ketika jatuh. Beberapa kasus pernah dialami pengguna ketika mereka tidak sengaja menjatuhkan hardisk, seketika memori file yang ada di dalamnya terformat dengan sendirinya. Dan hal ini bisa mengakibatkan piringan cakram di dalam perangkat makin kendor.

5.       Device Suka Mati Tiba Tiba

Mematikan PC atau laptop secara paksa itu tidak baik, ketika perangkat dalam kondisi aktif dan pada saat yang sama sedang dipacu performanya, lalu tiba-tiba dimatikan maka hardisk yang berputar akan mati mendadak artinya ada aktivitas yang tidak sehat disini.

6.       Terinfeksi Virus Atau Malware

Musuh terbesar para pengguna PC adalah virus atau malware, jika kondisi hardisk sudah sangat parah karena tersebar banyak virus, lama-lama jika hal ini dibiarkan bisa menurunkan performa reading file.

Sebenarnya masih ada lagi faktor kenapa hardisk bisa rusak, diantaranya USB driver are not safely remove atau hardisk tiba-tiba kita cabut dari colokan USB, NTFS atau FAT Corrupting, dan terakhir usia dari si hardisk itu sendiri.

Tutorial Memperbaiki Hardisk Rusak

Setelah kurang lebih mengetahui kerusakan dalam perangkat hardisk, selanjutnya kita mulai bahas soal tutorial memperbaiki hardisk rusak. Karena sayang banget harus ada file-file penting yang diselamatkan agar bisa pulih kembali.

Metode 1 : Menggunakan Perintah CMD

  1. silahkan klik tombol Start, kemudian ketik di pencarian CMD.
  2. Buka dengan cara klik kanan dan pilih Run as administrator.
  • Setelah program terbuka, masukkan perintah chkdsk/f d: lalu Enter. Yang perlu diperhatikan anda bisa ubah kode ‘d’ di akhir sesuai tempat partisi hardisk yang diperbaiki. Misalnya hardisk ada di posisi local disc c : maka masukkan kode c.
  • Tunggu sampai selesai, jika sudah lepas hardisk dan colokkan kembali.

Metode 2 : Menggunakan Aplikasi Low Level Format

  1. Download aplikasi Low Level Format. https://didonlot.com/hdd-low-level-format-tool/
  • Kemudian install di dalam laptop.
  • Jika sudah buka dan jalankan aplikasinya.
  • Disana akan nampak list hardisk yang terhubung ke PC, pilih salah satu yang akan kamu format. Klik dan Continue.
  • Selanjutnya arahkan ke menu Low Level Format, dan ketuk tombol Format This Device.
  • Tunggu Sampai proses perbaikan selesai.
  • Setelah itu jalankan kembali, maka hardisk sudah pulih.

Kesimpulan

Tutorial memperbaiki hardisk rusak itu tidak semuanya file data yang tersimpan bisa terselamatkan. Fungsi dari memperbaiki ini untuk dapat digunakan kembali sebagaimana fungsinya. Silahkan coba cara diatas.

Leave a Reply