Tips untuk meningkatkan kinerja PC di Windows 10

8 0

Seiring berjalannya waktu, kita ingin meningkatkan kinerja pc atau laptop kita karena seirring waktu kinerja komputer kita akan mengalami perlambatan seiring mengikuti perkembangan teknologi yang semakin berkembang.

Ada beberapa tips yang mungkin dapat anda gunakan sebelum memutuskan untuk mengganti gadget anda dengan yang lebih baru, selain dapat berhemat anda juga dapat mengurangi sampah elektronik.

Dengan melakukan beberapa step sederhana diharapkan kita semua dapat mengembalikan kinerja komputer yang kita miliki kembali ke keadaan semula, dan dapat diperasikan seperti sediakala.

Berikut tips yang akan kami sampaikan agar anda dapat meningkatkan kinerja pc atau laptop anda dapat meningkat dengan menggunakan pergantian hardware seminim mungkin.

Update Apps, Driver dan OS Windows

Pastikan kondisi Apps, Driver dan Windows anda dalam versi terbaru untuk dapat memaksimalkan kinerja laptop anda, karena setiap pembaruan membawa perbaikan bug atau error yang mungkin saja ada di versi lawas Apps, Driver atau OS Windows.

Untuk mengupdate aplikasi anda ke versi terbaru secara umum anda dapat akses dengan buka : Apps –> Help –> About –> Check for Update.

Untuk Update Driver dan OS Windows ke versi terbaru dapat anda akses melalui : klik kanan di Desktop –> Personalize –> Home –> Update & Security –> Windows Update

Restrart PC atau Laptop

Membuka banyak aplikasi akan membebani pc anda, dengan merestart memungkinkan anda menutup semua aplikasi dan hanya membuka aplikasi yang sangat anda butuhkan.

Untuk melakukan restart anda dapat melakukan sebagai berikut : klik icon Windows di pojok kiri –> Daya –> Restart.

Periksa Disk dan Bersihkan

Memiliki banyak memori di media penyimpanan, berdampak pada kecepatan file tersebut untuk dapat diakses oleh komputer anda. Anda dapat membersihkan file yang sudah tidak dapat digunakan atau anda dapat memindahkaan file anda selain aplikasi dari disk C ke disk D.

Hal ini dapat mungkin terjadi karena seiring berjalannya waktu kinerja memori penyimpanan kita mengalami penurunan kinerja dan perlu ada penyesuaian dalam penggunaanya.

Non Aktifkan Aplikasi Startup  

Saat anda menghidupkan PC, beberapa program bekerja di belakang layar dan bahkan anda tidak mengetahui bahwa aplikasi itu sedang berjalan. Namun anda dapat menonaktifkan program tersebut agar tidak berjalan dan meringankan beban pc anda.

Untuk menonaktifkan aplikasi startup anda dapat  melakukan sebagai berikut : klik kanan di Desktop –> Personalize –> Home –> Apps –> Startup –> Pilih Aplikasi

Lakukan Scan Virus

Tidak dapat dipungkiri bahwa keberadaan virus pada komputer anda dapat membuat kinerja komputer anda mengalami penurunan, untuk mengatasi hal tersebut anda dapat menscan komputer anda secara rutin dengan antivirus yang anda miliki.

Untuk melakukan scan virus menggunakan aplikasi antivirus windows security sebagai berikut : klik kanan di Desktop –> Personalize –> Home –> Update & Security –> Windows Security

Install Ulang

Ada banyak factor yang dapat membuat komputer anda kinerjanya mengalami penurunan, jika anda sudah melakukan beberapa tips diatas tetapi kinerja komputer anda masih belum mengalami perubahan signifikan maka anda dapat mencoba untuk melakukan install ulang.

Untuk melakukan install ulang di Windows 10, anda tidak perlu menggunakan disk seperti versi sebelumnya. Karena anda dapat menggunakan fitur bawaan Windows 10.

Berikut langkah langkahnya :

Letakkan file .iso Windows di disk D –> Klik –> dan ikuti petunjuk instalasi Windows

Lakukan Upgrade Hardware

Jika setelah melakukan perbaikan dari sisi software tidak menemui titik temu, dan komputer anda masih mengalami penurunan kinerja. Maka anda dapat melakukan upgrade dari sisi hardware.

Hal ini bisa terjadi karena perkembangan teknologi menuntut kinerja hardware yang lebih baik, dari segi processor, ram atau media penyimpanan.

Contohnya laptop mid-class tahun 2015 banyak dibekali dengan kapasitas Ram 2Gb dan sangat sanggup untuk menjalankan aplikasi dasar seperti browsing, word dan game ringan. Namun tahun 2021, kapasitas Ram memerlukan upgrade menjadi min 4Gb.

Bagi anda yang ingin membeli kebutuhan anda dalam upgrade part komputer anda dapat mengakses SKO. Indonesia di Tokopedia.

Demikian artikel ini kami buat semoga bermanfaat bagi kita semua, mengingat keadaan kita sekarang banyak yang bekerja dari rumah atau WFH.

Leave a Reply