Tips Mudah Menggunakan Mendeley

248 0

Sebagai mahasiswa tingkat akhir pasti disibukkan oleh yang namanya skripsi. Suatu hal yang menjadi momok menakutkan untuk mahasiswa agar bisa lulus. Selain kita harus menguasai apa yang akan kita ajukan untuk sidang skripsi, kita juga harus membuat jurnal yang juga sangat ribet. Tidak hanya kemampuan menulis kita yang harus jago tapi juga  untuk pengutipan suatu teori dari jurnal lain untuk dijadikan pendukung dalam jurnal kita. Dalam melakukan pengutipan agar tidak ribet maka digunakanlah aplikasi Mendeley, dan berikut ini tips menggunakan aplikasi Mendeley yang banyak digunakan untuk pengutipan jurnal.

Download terlebih dahulu aplikasi Mendeley. Kalian bisa mendownloadnya di https://www.mendeley.com/download-desktop-new/. Aplikasi ini tidak hanya untuk Windows, tapi tersedia juga untuk sistem operasi Mac dan juga Linux. Jadi tenang aja buat kalian yang menggunakan ke dua sistem operasi tersebut. Setelah terdownload kalian install seperti biasa kalian melakukan instalasi software.

Setelah terinstall kalian buka aplikasi Mendeley nya. Maka akan keluar tampilan untuk login seperti dibawah ini.

Bila kalian belum pernah membuat akun untuk mendeley klik register, namun bila kalian sudah mempunyai akunnya kalian tinggal masukkan email dan password untuk Mendeleynya dan klin sign in  atau tekan saja enter.

Setelah berhasil sign in,maka akan muncul tampilan seperti berikut ini

Diatas terlihat sudah ada 2 contoh jurnal, untuk memasukkan jurnal ke dalam Mendeley kalian tinggal klik saja Add  disebelah atas. Klik add files bila kalian hanya ingin memasukkan file satu per satu. Namun bila ingin sekaligus banyak dan dalam satu folder kalian bisa klik Add Folder.

Untuk bisa digunakan pada Microsoft Word kalian harus memasang plugin dari Mendeley ini, caranya pun cukup mudah dengan klik Tools pada menu bar dan klik install MS word Plugin. Setelah terinstall maka akan tampil mendeley di Microsoft Word yang kaian gunakan pada menu References

Sekarang semuanya sudah terinstall dengan benar dan tinggal kita gunakan untuk membuat petikan jurnal. Untuk contoh ini Saya akan menggunakan style IEEE karena itu yang digunakan di kampus Saya.

Pada tab Reference klik Insert Citation dan pilih go to Mendeley

Lalu akan terbuka aplikasi Mendeley. Klik saja jurnal yang akan kalian gunakan sebagai petikan, sebagai contoh Saya gunakan yang atas. Dan klik Cite

Maka kalian akan mendapatkan nomor dalam kurung siku seperti gambar dibawah ini bila yang kalian lakukan sudah benar.

Untuk memunculkan daftar pustaka seperti gambar diatas, kalian cukup klik Insert Bibliography.Untuk style yang Saya pakai ini IEEE, kalian bisa memilih style sesuai arahan kampus. Karena biasanya setiap kampus berbeda stylenya.

Bila hendak menambahkan petikan, lakukan sama seperti langkah-langkah dari awal hingga akhir. Dengan menggunakan Mendeley melakukan petikan akan jauh lebih mudah dan tertata rapi daftar pustaka nya. Sebaiknya untuk melakukan petikan dilakukan diakhir penulisan BAB 1, bab yang memang hanya berisi teori. Mengapa? karena biar gak ribet aja harus bolak-balik Mendeley.

Sekarang Saya akan bahas sedikit gimana cara dapatin jurnal lewat Google Scholar. Mesin pencari Google bisa lho kalian manfaatkan untuk mencari jurnal berdasarkan riset yang sedang kalian lakukan. Misalnya kalian sedang riset tentang tanaman tembakau, tinggal ketik aja disana. Maka akan muncul banyak jurnal, kalian tinggal pilih jurnla mana yang paling sesuai dengan riset kalian. Disana juga bisa dipilih jurnal tahun berapa yang akan kalian gunakan untuk referensi, jurnalnya pun ada lho yang tahun ini 2021.

Biasanya untuk pengutipan jurnal yang dipakai adalah 5 tahun ke belakang, namun biar lebih bagus kalian bisa pilih jurnal dari tahun 2020. Agar jurnal peneltian untuk petikannya lebih up to date.

Kesimpulannya, membuat jurnal untuk skripsi harus Saya akui susah. Bukan hanya harus paham tentang risetnya, tapi juga dalam penulisan jurnalnya. Ada yang namanya ambang batas plagiarisme menggunakan Turnitin, ini yang bikin Saya juga pusing gimana caranya membuat tulisan yang panjang lebar. Jalan salah satunya adalah dengan cara mengubah kata perkata dengan kata sinonimnya. Ini tentu menyulitkan buat yang tidak terbiasa menulis.

Tapi tak ada gunanya juga mengeluh terlalu lama. Kerjakan saja sebisanya masalah corat coret dari dosen pembimbing itu sudah biasa. Dan hadapi sidang skripsi dengan senyuman.

Leave a Reply