Tips Menghias Meja Kerja Dengan Tanaman Agar Terlihat Lebih Segar

278 1

Terlalu banyak dokumen yang berserakan dan penuh sesak akan membuat suasana kerja menjadi kurang menyenangkan. Bukan ide yang akan muncul melainkan rasa lelah dan kantuk. Ada sebuah penelitian mengatakan jika menempatkan tanaman hias meja kantor akan mendongkrak produktivitas sampai 15%. Kali ini mayanesia bakalan ngasih tips ke kamu untuk menghias meja kerja dengan tanaman agar terlihat lebih segar.

Meja kerja yang kamu gunakan setiap hari di kantor bukan hanya tempat untuk meletakkan komputer, printer,scanner, kertas, pulpen, gelas minum maupun tas  saja. Tetapi juga tempat yang membantu kamu menciptakan ide-ide baru dan kreatif. Oleh karena itu, menjaga kerapian pada meja sangatlah penting. Bunga hias cantik di meja kantor akan membuat kamu lebih bahagia ketika memandangnya. Tumbuhan hias hidup seperti apa yang harusnya kamu tempatkan?

Banyak sekali tanaman mungil dalam pot yang bisa diaplikasikan di atas meja kerja. Hal utama yang harus dilakukan adalah mengetahui selera tanaman hias meja kantor yang kamu gemari. Kesukaan tiap orang akan hiasan tumbuhan sudah pasti berbeda satu sama lain. Beberapa menyukai yang tidak berbunga alias hanya berdaun hijau. Sebagian lainnya memilih hiasan bunga hidup yang beraneka ragam warnanya. Kamu termasuk tipe yang mana? Pilihlah bunga hidup hiasan yang tepat dari penjelasan berikut.

Kaktus

Jika kamu adalah pemula dalam hal perawatan tanaman hias, kamu bisa memilih kaktus. Tanaman ini hidup dengan baik dengan pencahayaan alami dan hanya perlu disiram seminggu sekali pada musim kemarau dan tiga minggu sekali pada musim hujan.

Tillandsia (Air Plant)

Tanaman yang menyerupai laba-laba ini tidak membutuhkan tanah atau media tanam untuk hidup. Untuk menyiramnya, kamu hanya perlu merendam tanaman ini selama dua hingga tiga jam setiap 10 hari.

Sirih gading (Pothos)

Lazim ditemui di rumah-rumah sebagai tanaman hias, sirih gading sangat mudah dirawat. Sirih gading mampu hidup di ruangan yang sangat gelap maupun terang. Bahkan, sirih gading tetap hidup jika kamu lupa menyiramnya dalam waktu lama. Namun, perhatikan jika daunnya menguning, maka artinya tanaman ini terlalu banyak disiram. Sementara, jika daunnya tampak layu atau terkulai, maka tandanya harus disiram.

Spider Plant

Tanaman ini sebaiknya disiram ketika kondisinya mengering. Spider plant juga menyukai cahaya tidak langsung, jadi akan tumbuh bahkan jika ruangan cenderung gelap dan tidak berjendela.

Heart Philodendron

Tanaman ini memiliki bentuk daun yang sama seperti daun sirih, berbentuk hati dengan pertumbuhan yang merambat. Tanaman ini bikin kamu nggak mudah jenuh dan juga berfungsi sebagai obat pengusir stres. Kamu bisa menanamnya hanya dengan mencelupkan batangnya di vas kaca berisi air.

Bunga Garbera Daisy

Kecantikan bunga daisy yang berwarna-warni cocok buat kamu yang nggak betah di kantor berlama-lama. Perawatannya mudah, cukup potong bagian batangnya lalu celupkan ke dalam vas berisi air. Namun, salah satu tanaman hias bunga ini perlu mendapat sinar matahari langsung secara berkala. Jadi, pintar-pintar merawatnya.

Anggrek 

Bunga Anggrek ini biasa hidup pada tempat-tempat yang memiliki ketersediaan air yang rendah. Sehingga nggak perlu khawatir untuk memeliharanya di dalam ruangan, terlebih di meja kantormu. Menanamnya bisa dilakukan dengan berbagai media, namun tetap harus diperhatikan pemeliharaannya supaya tetap segar dan nggak layu.

Bambu Mini

Tanaman hias batang berupa bambu hias yang berasal dari Cina dan Jepang ini memiliki tekstur yang lembut dan lurus. cara penanamannya mudah, bambu mini ini dapat bertahan dengan hanya dicelupkan di dalam air, asal kamu sering ganti airnya saja biar nggak kotor.

Nah, itu dia tadi beberapa tanaman hias untuk meja agar meja kamu terlihat segar dan menarik. Selain itu meletakkan tanaman hias di meja tidak hanya dapat mengurangi stres, tanaman di meja kerja juga dapat meningkatkan porduktivitas kamu saat bekerja.

Aktivitas bekerja yang selalu intens setiap hari sering kali menimbulkan rasa gundah atau galau. Perasaan badmood ini timbul karena berbagai alasan seperti tekanan kerja, hubungan sesama rekan kerja yang tidak terjalin baik, ataupun tugas yang tidak kunjung selesai karena susah memunculkan ide. Itulah beberapa alasan Anda perlu menambahkan tanaman hias meja kantor sebagai upaya pencegahan. Dari beberapa penjelasan di atas, Anda dapat menjadikannya sebagai referensi agar tidak salah membeli tumbuhan hias.

1 comment

  1. thank you for your appreciate

Leave a Reply