Tips Mengembalikan Foto Yang Terhapus Di Android

102 0

Foto dapat dikatakan sebagai memori penyimpanan peristiwa dalam bentuk media visual. Banyak orang menggunakan fasilitas kamera di dalam ponsel mereka hanya untuk sekedar mengabadikan momen atau tujuan tertentu, seperti urusan pekerjaan atau bukti penguat otentifikasi data.

Saat ini berkas penyimpanan untuk file foto sudah sangat praktis, jika dulu orang mengandalkan album buku sebagai rekam jejak histori peristiwa via visual, namun kini sudah sangat simpel tinggal save kedalam memori eksternal bahkan langsung di dalam internal ponsel pun bisa.

Namun ada satu kendala yang sering jadi pertimbangan pengguna ketika menyimpan file tersebut ke dalam memori. Yang pertama akan ada masanya dimana storage kapasitas ini penuh, dan solusi paling bijak adalah mengurangi file dengan cara menghapus.

Terkadang menghapus foto itu suka ada satu dua file yang sekiranya gak ingin hapus jadi ikut terseleksi. Jika sudah seperti ini, pasti muncul rasa dibenakmu buat ingin balikin foto tersebut. Tenang saja, untuk menjawab permintaan itu, berikut akan kami sediakan cara mengembalikan foto yang terhapus di Android.

Penyimpanan File Foto Di HP

Mostly ponsel pintar keluaran anyar sudah dibekali dengan fitur kamera. Seiring persaingan pasar yang kuat, menuntut para produsen HP untuk mengeluarkan produk terbaik diantara yang lainnya. Jadi jangan heran, resolusi dan fitur di dalam kamera makin membaik, bahkan setara dengan kualitas kamera proper seperti DSLR, mirrorless dan sebagainya.

Sehingga kegiatan foto jadi lebih mudah dan simpel, cukup tinggal buka aplikasi kamera yang ada di dalam HP kemudian arahkan ke obyek utama, dan foto sudah dapat tersimpan otomatis di dalam memori ponsel.

Pun jika ingin melihat hasilnya, tinggal buka menu Galeri maka disana akan tertera semua foto yang pernah anda potret.

Kendalanya adalah tidak semua memori HP itu dapat menampung semua file foto yang ada, bila sudah penuh mau tidak mau kita hapus satu persatu yang sekiranya sudah tidak penting. Tapi selalu pasti ada saja kebiasaan kurang teliti, kadang satu dua foto yang terseleksi ikut terhapus.

Munculah pertanyaan apakah bisa kita mengembalikan foto yang terhapus di Android? Secara sistem dalam OS ini tidak seperti PC yang tinggal recovery lewat layanan Recycle Bin dengan mudah. Dan jawabannya adalah bisa.

Karena tidak hanya kesalahan dari kita dalam menghapus foto, tetapi sistem suka muncul tanda-tanda error yang seketika menghapus file foto secara sendirinya. Ini bisa diakibatkan dari bug, virus, atau file fotonya crash.

Nah, bagi yang sudah penasaran cara mengembalikan foto yang terhapus di Android, silahkan simak segmen penjelasan dibawah ini.

Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus Di Android

Untuk melakukannya bisa dengan beberapa metode, baik dengan aplikasi atau tanpa aplikasi. Satu lagi, cara berikut dapat digunakan mengembalikan foto yang tersimpan di memori internal maupun eksternal.

Berikut ulasan lengkapnya :

1.       DiskDigger

Dimulai dari metode mengembalikan foto yang terhapus di Android via aplikasi. Disini kita berikan rekomendasi software bernama DiskDigger, karena reputasi aplikasi DiskDigger itu cukup baik di kalangan pengguna android.

  1. Silahkan download terlebih dahulu aplikasi DiskDigger di Playstore. https://play.google.com/store/apps/details?id=com.defianttech.diskdigger
  2. Bila sudah jalankan aplikasinya.
  3. Pengguna awal akan disuguhkan beberapa notifikasi, jika muncul izin akses tekan tombol Izinkan, dan jika muncul upgrade fitur DiskDigger Pro, lewati saja dengan pencet No, Thanks.
Sumber : Doc Penulis
  • Di laman awal, akan muncul tombol Start Basic Photo Scan, silahkan ketuk.
Sumber : Doc Penulis
  • Setelah proses scan selesai, akan muncul beberapa foto yang terhapus sebelumnya. Seleksi yang ingin kamu kembalikan.
  • Lalu ketuk Recovery.
Sumber : Doc Penulis
  • Nanti anda akan diminta memilih tempat penyimpanan file recovery, pilih saja simpan dalam memori Device.
Sumber : Doc Penulis
  • Terakhir tinggal tentukan folder dan ketuk Pilih.

2.       Tanpa Aplikasi

Tidak semua ponsel sudah memiliki fitur Sampah di dalam menu Galeri. Tools ini sebenarnya sama seperti Recycle Bin namun versi Android. Jadi sebelum tempo waktu kurang lebih 1 bulan, semua file foto tersebut, masih tersedia untuk memberikan akses pengguna melakukan recovery.

  1. Masuk ke dalam aplikasi Galeri HP.
  2. Ketuk icon titik tiga untuk membuka menu tambahan.
Sumber : Doc Penulis
  • Pilih tombol Sampah.
Sumber : Doc Penulis
  • Disini file foto atau video yang sudah dihapus akan muncul, silahkan seleksi dengan cara ketuk tahan filenya.
  • Terakhir klik Pulihkan.
Sumber : Doc Penulis

Kesimpulan

Aplikasi mengembalikan foto yang terhapus di Android itu sebenarnya masih banyak, anda bisa cari lewat menu pencarian Playstore, dan pilih yang lain sesuai fitur kebutuhan masing-masing pengguna. Selamat mencoba. 

Leave a Reply