Tips Memilih Komponen Untuk Rakit PC

21 0

Merakit PC atau (Personal Computer) merupakan sebuah hobi yang belakangan ini ngetrend karena mahalnya sebuah console PS5 hingga muncul lah jargon “Mending Rakit PC” jadi populer di sosial media. Banyak youtuber yang tadinya hanya mengulas handphone atau sekedar main game di consoel jadi ikut-ikutan merakit pc yang harganya mencapai puluhan sampai ratusan juta rupiah.

Dari pengalaman saya selama kurang lebih dua tahun memperbaiki dan merakit komponen komputer, banyak orang-orang yang hanya mengikuti trend. Mereka banyak yang hanya melihat video di youtube dan langsung beli komponen komputer tanpa meriset lebih dalam lagi, akhirnya ketika sudah selesai di rakit malah komputernya tidak bisa nyala dan beberapa malah jadi rusak komponennya.

Sebetulnya video merakit pc yang banyak ada di youtube itu tidak memberikan hal-hal kecil dan sangat penting untuk pemula. Jadi di artikel ini hal kecil itu yang akan saya bahas.

1.Pastikan Socket Motherboard dan Processor Sama

Saat Anda membeli motherboard pastikan juga Anda juga membeli processor yang socketnya sama. Misal Anda membeli motherboard dengan socket 1200 maka Anda harus membeli processor yang socketnya 1200 juga, yakni Intel generasi 10 dan generasi 11 yang sama-sama menggunakan socket tersebut. Jangan kemudian Anda beli processor yang generasi 9 kebawah karena socket yang dipakainya 1151.

2.Gunakan Pasta Thermal Secukupnya

Setelah memasang processor pada motherboard dan menguncinya berikan pasta thermal secukupnya saja jangan berlebihan. Saran saya oleskan pasta dengan huruf “X” pada processor agar bisa menyerap panas dengan merata. Ada beberapa watercooler yang sudah ada pasta thermalnya, untuk yang ini Anda cukup memasangnya saja jangan ditambahin pasta thermal lagi.

3.Pilih Motherboard yang Bisa Menghandle RAM

Ini yang saya jarang banget dengar dari para perakit pc di youtube, bahwa sebuah motherboard itu beda-beda kemampuannya dalam menghandle speed dan banyaknya ram. Misal Anda membeli motherboard yang tertulis disana si motherboard ini cuma bisa handle sampai 3200Mhz tapi Anda membeli ram yang speednya 4000Mhz. Akibatnya adalah si motherboard akan kuwalahan sampai akhirnya blue screen. Masih syukur bila hanya penurunan kecepatan saja.

4.Sesuaikan Ukuran VGA Dengan Casing

Untuk ini yang Anda beli sebaiknya VGA nya dulu dan kemudian diukur casing apa yang pas untuk VGA nya. Jangan sampai sudah membeli casing yang mahal ternyata VGA nya tidak masuk karena kekecilan casingnya.

5.Gunakan Merek Cooler yang Ternama Saja

Sebuah nama dalam komponen pc bisa menentukan seberapa baik kualitasnya terutama untuk cooler. Ingat cooler ini fungsinya adalah untuk mendinginkan processor, kalau Anda memilih membeli cooler dengan merek yang tidak terkenal dan kualitasnya pun tidak diketahui bisa berakibat fatal pada processor Anda.

6.Jangan Pelit Pilih Power Supply

Power supply adalah nyawa bagi komponen-komponen pc, jadi saat Anda membeli komponen yang lain Anda lihat konsumsi dayanya kemudian Anda total kan dan ditambah lagi sedikit agar power supply tidak terlalu berat kerjanya.Contohnya komponen yang Anda beli setelah di total daya nya mencapai 500 wat, maka sebaiknya pilih lah psu yang 550 wat atau 600 wat sekalian.

7.Pilih Casing yang Ada Lubang di Depannya

Yang terakhir adalah pemilihan casing yang tepat agar panas bisa keluar tidak terjebak didalam. Casing yang bagus adalah yang depannya berlubang, karena ketika ada udara yang masuk dihisap oleh fan casing kedalam dan keluar lalu dikeluarkan keatas atau kebelakang casing. Istilahnya air flow nya bagus.

Terakhir sekali adalah baca buku petunjuk setiap komponennya, setiap komponen pasti dibekali buku petunjuk cara pemasangannya. Merakit pc itu merupakan seni dan seni itu butuh waktu yang banyak agar pc yang kita rakit bisa bekerja maksimal sesuai keinginan kita.

Terakhir sekali adalah baca buku petunjuk setiap komponennya, setiap komponen pasti dibekali buku petunjuk cara pemasangannya. Merakit pc itu merupakan seni dan seni itu butuh waktu yang banyak agar pc yang kita rakit bisa bekerja maksimal sesuai keinginan kita. Terakhir sekali adalah baca buku petunjuk setiap komponennya, komponennya,

Leave a Reply