Tips Memilih Hunian

8 1

Memiliki hunian di Indonesia seperti sudah menjadi kewajiban, namun bagaimana cara untuk memilih hunian yang tepat ? Untuk menjawab kegelisahan tersebut kami akan membuatkan beberapa tips sederhana, cara memilih hunian yang tepat untuk kebutuhan anda.

Cermati Kebutuhan Hunian

Dalam memilih hunian harus sesuai dengan kebutuhan kita akan hunian jangka pendek hingga panjang. Karena kita ketahui bersama bahwa nilai hunian yang tidak murah dan akan menjadi tempat tinggal kita untuk jangka waktu yang lama.

Maka sebaiknya kita membuat prioritas daftar kebutuhan yang kita butuhkan, karena jangan sampai hunian yang kita beli tidak memberikan dampak positif terhadap diri kita dan keluarga karena tidak terpenuhinya kebutuhan kita.

Karena hunian yang baik dapat memenuhi kebutuhan kita, baik secara financial maupun kebutuhan dasar kita lainnya (Rohani, Pendidikan, Kesehatan etc.)  Hal ini penting untuk dapat menjalani kehidupan yang stabil dan seimbang.

Tentukan Budget

Kita harus dapat menentukan budget yang sesuai antara anggaran untuk hunian dan anggaran kebutuhan lain kita. Jangan sampai anggaran untuk pembelian hunian tempat tinggal kita akan mengganggu terpenuhinya kebutuhan kita dalam jangka panjang.

Karena kita mengetahui membeli rumah bukanlah hal yang mudah dan murah. Selain biaya pembelian rumah masih ada biaya lainnya yang harus dipersiapkan seperti biaya notaris, hingga biaya balik nama.

Lakukan Penyesuaian atau Compromi

Jika kita sudah menentukan kebutuhan dan budget, namun kita tidak menemukan hunian yang cocok dengan budget kita. Ada baiknya kita melakukan penyesuaian dengan sedikit melakukan “compromi” dengan diri kita sendiri.

Misalnya jika budget yang anda miliki cocok dengan hunian perumahan di kawasan kota mandiri di sekitaran Jakarta, namun memiliki jarak yang agak jauh ke tempat kerja anda.

Maka anda harus siap menerima resiko secara psychologist maupun budget untuk mengeluarkan biaya transport yang lebih tinggi.

Atau anda dapat membeli hunian (namun bukan di perumahan) yang memiliki harga yang cocok tetapi masih dalam wilayah Jakarta.

Pastikan Kelengkapan Surat Menyurat

Karena hunian bukanlah barang yang sangat mudah dipindah tangankan, maka akan ada banyak ketentuan surat menyurat yang akan mengiringi perpindahan hak atas hunian.

Pastikan selalu kelengkapan Surat dan Perizinan lain yang diperlukan, dan pastikan tidak ada masalah atau konflik yang menyertai rumah tersebut.

Lakukan Survei Hunian

Melakukan survey rumah terlebih dahulu menjadi penting untuk dapat memastikan kondisi, lokasi dan kondisi lingkungan hunian dalam kondisi yang sesuai dengan janji yang diberikan.

Melakukan survey tentang kondisi rumah juga dapat memberikan kepada kita kesan atau feel tentang hunian, sebelum nantinya kita dapat menempatinya untuk jangka waktu yang panjang.

Pada saat melakukan survey hunian, ada beberapa point penting yang dapat menjadi masukan untuk anda seperti apakah kondisi hunian sesuai dengan janji (lokasi, lingkungan, akses, kelistrikan, air, hingga kondisi hunian).

Berpikir Jernih dan Tentukan Partner

Berikan diri dan keluarga anda waktu untuk berpikir jernih dan tidak terburu buru dalam menentukan keputusan untuk membeli hunian dan pilihlah partner yang tepat untuk membantu anda memilih hunian terbaik dan sesuai dengan kebutuhan anda.

Untuk hal itu anda dapat memilih kami untuk menjadi partner anda memilih hunian yang tepat untuk anda, karena kami SKO. Indonesia yakin bahwa kualitas kehidupan terbaik dimulai dari hunian yang baik pula

1 comment

  1. Nice tips dan info

Leave a Reply