Tips Berwisata Hemat di Yogyakarta

455 1

Travel, your money will back but your time didnt — RMND

Berwisata adalah salah satu tips yang ampuh untuk melepaskan pikiran sejenak dari tuntutan pekerjaan, apalagi di masa pandemi kita sering menghabiskan banyak waktu hanya di rumah saja. 

Berwisata ke tempat baru memungkinkan kita mengenal lebih jauh masyarakat hingga social culture yang ada. Artikel ini tidak dimaksudkan untuk mendorong anda berwisata hari ini juga dan tolong untuk tetap menjaga protokol kesehatan.

Namun, jangan sampai anda berwisata tanpa pertimbangkan dampak financial anda kedepan. Jangan sampai pengeluaran anda dapat dimasukkan dalam kategori besar pasak daripada tiang, maka kami menyiapkan tips hemat berwisata di Yogyakarta. 

Transportasi 

Ada banyak media transportasi yang dapat mengantarkan anda ke Yogyakarta, namun kami merekomendasikan anda menggunakan jasa transportasi kereta api. 

Karena selain hemat, stasiun tujuan kereta api berada di pusat kota Jogja dan akan menghemat pengeluaran transportasi anda selama di Jogja. 

Dilansir tiket.com harga tiket kereta api tujuan Jakarta (Pasar Senen) — Jogja berkisar di rentang harga Rp. 74.000 hingga Rp. 170.000. Dengan rentang harga sehemat itu anda sudah bisa sampai ke Jogja. 

Penginapan 

Walaupun penginapan akan jarang sekali anda tinggali selama berwisata di Jogja, namun memilih penginapan yang aman, dan terjangkau menjadi salah satu hal yang harus dipertimbangkan. 

Sesuai dengan topik kita untuk berwisata hemat di Jogja maka saya akan merekomendasikan dorm sebagai tempat anda beristirahat sejenak, dilansir reddoorz.com biaya penginapan di Jogja dimulai dari rentang harga Rp 35.000 hingga Rp 200.000an per malam.

Malioboro

Anda dapat berwisata kuliner hingga fashion di kawasan Malioboro, ada satu trik yang sudah sangat umum jika anda ingin hemat berbelanja di Jogjakarta.

Gunakanlah bahasa jawa dalam proses transaksi disana, dan ada satu trik yang harus anda ingat jika ingin berbelanja di mana saja (tempat wisata).

Pilihlah pedagang yang menuliskan harga barang dagangannya, karena dengan begitu kita akan terhindar dari oknum oknum yang mengenakan harga mahal untuk para turis. 

Berkeliling Jogja 

Trans Jogja sudah hadir di Yogyakarta sejak tahun 2008, atau jika dibandingkan Transjakarta yang hadir pada tahun 2004. Trans Jogja hampir dikatakan memiliki fasilitas yang memadai. 

Dengan Trans Jogja anda dapat berkeliling kota Jogja hanya dengan biaya Rp. 3.600 sekali jalan. Bahkan Trans Jogja dapat mengantarkan anda hingga Kawasan Candi Prambanan di dekat Gunung Merapi. 

Candi Prambanan 

Mungkin jarang anda ketahui bahwa di kawasan Candi Prambanan anda dapat menemukan candi candi lain disekitarnya yaitu Candi Lumbung, Candi Bubrah, dan Candi Sewu.

Untuk tiket masuk ke kawasan Candi Prambanan dilansir travelspromo.com berkisar diantara harga Rp. 25.000 (anak anak) hingga Rp. 50.000 (10 tahun keatas).

Gua Pindul 

Gua Pindul adalah gua yang cukup populer menjadi destinasi wisata di Jogjakarta. Namun lokasinya tidak berada kawasan Kota Jogja. 

Gua Pindul berlokasi di Kabupaten Gunung Kidul, untuk mencapainya anda dapat naik bus jurusan Jogja – Wonosari. 

Selanjutnya anda dapat menggunakan jasa ojek pangkalan yang ditawarkan oleh warga sekitar. Karena moda transportasi online belum menjangkau daerah sana, jika ada pasti sangat jarang sekali.

Dilansir goapindul.net untuk dapat masuk ke goa tersebut anda harus mengeluarkan dana senilai Rp 40.000 / orang 

Parang Tritis 

Parangtritis sudah lama terkenal sebagai tempat wisata yang sangat menarik dan indah. Berlokasi di selatan Jogja anda dapat menikmati pesona sunset yang sangat memukau. 

Untuk dapat mencapai lokasi tersebut, dilansir yogyes.com anda dapat menggunakan jasa transportasi darat (bus) jurusan Terminal Giwangan — Terminal Parangtritis dengan harga tiket Rp. 20.000 (sudah termasuk tiket masuk Parangtritis).

Berikut adalah beberapa tips berwisata hemat di Jogja, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu.

Jangan sampai informasi ini berhenti di kamu, dan kamu dapat dengan mudah memberikan informasi ini dengan orang lain dengan klik tombol dibawah ini !

Rio Aditya Ermindo

Rio Aditya Ermindo

Follow my instagram @rioadityae

1 comment

  1. pengen banget ke jogja lagi tapi corona malah nambah terus

Leave a Reply