Tips Aman Bertransaksi Online 

77 0

Transaksi online sudah menjadi hal yang umum dilakukan masyarakat indonesia terutama di masa pandemi dan terbatasnya ruang gerak. Namun, masih ada beberapa oknum yang mencoba mengakali kondisi untuk mencari keuntungannya sendiri. 

Hal ini berdasarkan pengalaman pribadi dan menurut pengalaman penulis walaupun tidak memiliki background IT — RMND

Dunia online dunia indah bagai koin bermata dua, baik dan buruknya tergantung dengan siapa teknologi digunakan. Beberapa waktu lalu penulis melakukan transaksi online untuk membeli satu perangkat elektronik. 

Namun, penjual meminta untuk dihubungi via Whatsapp dan penulis diarahkan untuk mengklik link yang ia berikan dengan extension platform website build gratisan. Melihat ada hal yang tidak baik maka penulis memutuskan untuk segera melapor ke platform jualan online. 

Perlu digaris bawahi tidak ada yang salah untuk kita membuka link yang diberikan orang lain, walaupun link tersebut belum begitu familiar bagi anda sebelumnya. Semisal : Mayanesia.com belum sepopuler kompas.com atau detik.com. 

Namun setidaknya seperti Mayanesia.com selalu berkomitmen memberikan informasi yang dapat dipertanggung jawabkan dan dapat dipercaya. Namun penulis akan berikan sedikit informasi sebagai masukan agar dapat terhindar dari resiko kejahatan cyber, antara lain :

Domain

Domain adalah alamat utama website dapat diakses oleh masyarakat umum tanpa harus mengingat alamat resmi website tersebut dalam bentuk ip addres (ex 1.1.1.1). Namun, penipu biasanya menggunakan domain gratisan yang  dia dapat dengan mudah ( .cf .ga .tk .ml ). 

Hal ini dapat memudahkan mereka untuk segera mengganti nama website dengan mudah dan biaya yang ringan. Namun, disisi lain domain gratisan tidak serta merta digunakan oleh para penipu.

Seorang yang baru ingin menjadi blogger pun sering menggunakannya sebagai media trial and error. Sebelum mereka akhirnya menggunakan domain yang lebih “serius” seperti .com .id .my.id dan .co.id. 

Nama Domain 

Nama domain yang digunakan oleh para penipu seringkali adalah nama yang seakan akan dapat diasosiasikan sebagai link asli dari website yang ingin anda akses. Mungkin domain akan dibuat menjadi maysnesia.com dengan target audience mayanesia yang sedang ingin mengakses artikel terbaru dari mayanesia.com.

Tidak berhenti disitu mungkin para penipu akan membuat domain seakan akan adalah bagian dari website target. Semisal : Mayanesia.entahnamanya.com maka sebenarnya website ini adalah bagian dari entahnamanya.com dan bukan mayanesia.com.

Nada Penelepon 

Sebagai orang yang terbiasa menghubungi customer service resmi maka saya dapat dengan mudah membedakan dengan baik mana cust service resmi dan bukan. Karena biasanya para penipu kerap kali meminta untuk dapat dihubungi via telp (suara). 

Karena menurut hemat saya jika menggunakan chat, setiap gerak gerik dan trik mereka akan mudah kita jadikan barang bukti dengan cara screenshot. Namun, anda dapat mengakalinya dengan melakukan screen recording para saat mereka lakukan komunikasi dengan anda. 

Komunikasi 

Hindari komunikasi transaksi diluar platform karena akan merugikan buyers secara hukum karena bersedia berkomunikasi di luar platform. Namun, terkadang komunikasi diluar platform masih dibutuhkan untuk keperluan detail transaksi. 

Seperti jika anda melakukan pesanan print dan custom design mungkin anda akan diminta untuk mengirimkan sample via email dan media lainnya. Maka bijaklah memilah dan memilih seller dalam berbelanja online.  

Solusi 

Hanya lakukan transaksi dengan media yang anda ketahui dan percaya betul dengan platform tersebut dan jika anda ingin transfer langsung ke penjual pastikan anda sudah melakukan validasi kredibilitas seller. 

Update 

Penulis sudah melakukan konfirmasi dan ingin segera meng cancel order tersebut namun pihak platform jual beli online belum mengkonfirmasi cancel order penulis. Semoga apa yang terjadi pada penulis cukup berhenti kepada penulis dan tidak terjadi lagi dikemudian hari. 

Rio Aditya Ermindo

Rio Aditya Ermindo

Follow my instagram @rioadityae

Leave a Reply