Teknologi Telemedicine SehatQ

171 0

Perkembangan teknologi tidak mungkin kita setop. Jadi digital ekonomi tidak mungkin untuk dapat dihentikan — Jusuf Kalla, 2017 ( Arah Bisnis dan Politik 2018, Bisnis Indonesia )

Perkembangan teknologi tidak dapat dihentikan dengan cara apapun karena sudah menjadi kodrat manusia untuk selalu berinovasi menjadi lebih baik dalam segala bidang. Namun jangan sampai kita justru tertinggal dari perkembangan teknologi. 

Perkembangan teknologi utamanya adalah tools untuk dapat mempermudah kehidupan manusia menjadi lebih simple dan praktis. Maka dengan banyaknya startup di Indonesia, hal ini dapat kita manfaatkan untuk dapat semakin mempermudah hidup kita.

Salah satu fitur yang sekarang sedang mendapat animo masyarakat yang tinggi ditengah masa pandemi adalah layanan telemedicine atau layanan kesehatan dengan memanfaatkan peranan teknologi komunikasi. 

Layanan telemedicine memungkinkan user atau pengguna untuk dapat mengakses layanan kesehatan tanpa harus meluangkan waktu khusus ke tempat fasilitas kesehatan untuk melakukan konsultasi dengan dokter, karena dapat diakses kapanpun dan dimanapun.

Salah satu penyedia layanan telemedicine di tanah air adalah Aplikasi SehatQ. SehatQ adalah salah satu aplikasi startup yang menyediakan layanan telemedicine yang holistik atau saling terintegrasi satu sama lain.

Di dalam aplikasi Sehat terdapat beberapa fitur utama yaitu layanan chat dokter, toko obat, list rumah sakit terdekat hingga artikel kesehatan yang akan diupdate setiap harinya. 

Chat Dokter

Sebagai aplikasi telemedicine fitur chat dokter menjadi salah satu fitur andalan dan utama yang dimiliki oleh Aplikasi SehatQ. Fitur chat dokter yang dimiliki oleh Aplikasi SehatQ sangat simple dan mudah digunakan untuk pengguna awam sekalipun. 

Aplikasi chat dokter yang dimiliki Aplikasi SehatQ memungkinkan para pengguna untuk dapat menentukan sendiri dokter yang akan menjadi partner kesehatannya. Hal ini dimungkinkan karena pengguna dapat melihat biodata singkat dokter, pada saat sedang memilih dokter.

Pengamatan kami menggunakan Aplikasi SehatQ memiliki layanan chat dengan dokter secara gratis untuk 30 menit, namun untuk layanan ini pengguna tidak dapat memilih dokter secara langsung.

Toko Obat 

SehatQ sangat mengerti kebutuhan penggunanya, dengan menyediakan layanan toko obat terintegrasi di dalam Aplikasi SehatQ. Sehingga pengguna tidak perlu repot mencari penyedia obat yang terpercaya dan terjamin.

Karena toko obat yang masuk dalam list Aplikasi Sehat pasti sudah melewati proses seleksi yang ketat serta memiliki kualitas obat yang terjamin. Untuk melakukan pemesanan obat melalui Aplikasi SehatQ : 

  1. Pastikan anda sedang dalam kondisi login Aplikasi SehatQ.
  2. Temukan obat yang anda cari di fitur toko obat di pilihan utama di dalam Aplikasi SehatQ.  
  3. Lakukan checkout obat yang anda butuhkan dengan memilih kurir dan metode pembayaran yang diinginkan.
  4. Anda akan mendapatkan verifikasi pesanan anda melalui telp, pastikan nomor yang anda daftarkan di Sehat masih dalam kondisi aktif.
  5. Anda tinggal menunggu pesanan anda sampai ke alamat yang anda masukkan sebelumnya tanpa harus keluar rumah.

List Rumah Sakit

Jika diperlukan untuk penanganan lebih lanjut yang intensif untuk keluhan kesehatan yang pengguna miliki dan harus ditangani oleh dokter secara langsung. Pengguna dapat menggunakan fitur list rumah sakit yang ada di Aplikasi SehatQ. 

Fitur ini akan membantu para pengguna untuk dapat segera menemukan lokasi rumah sakit dan fasilitas kesehatan. Yang lokasinya paling dekat dengan lokasi yang dimiliki pengguna saat ini (realtime).

Artikel Kesehatan 

Selain mengobati penyakit, ada faktor penting yang harus kita perhatikan untuk menjaga kondisi kesehatan dalam kondisi yang prima. Yaitu dengan rajin berolahraga dan selalu update informasi terbaru mengenai tips dan trik kesehatan. 

Fitur mengenai informasi kesehatan sudah tersedia secara terintegrasi di dalam Aplikasi SehatQ, sehingga akan mempermudah pengguna untuk mendapat informasi yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan tanpa berpaling ke aplikasi lain.

Urgensi

Menjaga kesehatan agar tetap dalam kondisi prima adalah kebutuhan dasar bagi setiap manusia dimanapun ia berada, namun terkadang kondisi buruk bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. 

Kehadiran layanan telemedicine, tidak akan menggantikan layanan kesehatan konvensional karena pada akhirnya penanganan kesehatan serius hanya dapat dilakukan oleh dokter secara langsung kepada pasien. 

Namun layanan telemedicine Sehat dapat menjadi salah satu pilihan pertolongan pertama kepada orang yang sedang mengalami masalah kesehatan serius secara tiba tiba. 

Jika kerabat atau orang terdekat anda sedang mengalami masalah kesehatan serius, akibat dari penyakit dalam yang ia miliki. Sebagai kerabat tentu akan mencoba melakukan yang terbaik salah satunya adalah dengan cara tanya dokter penyakit dalam yang ada di Aplikasi SehatQ. 

Hal ini akan sangat membantu sekali untuk memberikan pertolongan pertama terbaik, dengan langsung berkonsultasi dengan pihak yang kompetensi di bidangnya. Semoga layanan telemedicine di Indonesia semakin maju dan membawa manfaat yang baik bagi para penggunanya. 

Rio Aditya Ermindo

Rio Aditya Ermindo

Follow my instagram @rioadityae

Leave a Reply