Sukuk Sebagai Pilihan Investasi Syariah

11 0

Sukuk adalah instrument investasi yang sesuai dengan kaidah syariat Islam, ketahui lebih lanjut tentang sukuk. Agar anda dapat berinvestasi dengan tenang karena sesuai dengan ajaran Islam.

Indonesia adalah negara dengan penduduk muslim terbesar di Dunia, peluang yang kita miliki dapat kita gunakan untuk kemajuan kita bersama.

Sukuk hadir untuk dapat menjawab permasalahan tersebut, sukuk sebagai media investasi dapat menjadi alternative baru investor untuk menginvestasikan dananya sesuai dengan kaidah agama Islam.

Apa itu sukuk?

Sukuk adalah sertifikat atau bukti kepemilikan atas asset tertentu yang mendasari penerbitan sukuk (underlying asset).

Apa itu underlying asset?

Aset yang dijadikan sebagai object atau dasar transaksi dalam kaitannya dengan penerbitan sukuk. Aset yang dijadikan underlying dapat berupa barang berwujud seperti tanah, bangunan, dan berbagai jenis proyek pembangunan.

Aset yang dijadikan jaminan dapat juga berbentuk asset yang tidak berwujud seperti jasa, hak manfaat atas bangunan, dan peralatan.

Sumber Imbal Hasil Sukuk?

Pendapatan Sukuk yang diterbitkan oleh Negara Indonesia bukan dari interest atau bunga, tetapi berasal dari biaya sewa asset yang menjadi underlyng sukuk.

Dasar Hukum Sukuk Negara di Indonesia?

Berdasar Info Resmi Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Resiko Kementrian Keuangan Tahun 2020 :

SBSN seri SPN-S akan diterbitkan menggunakan akad Ijarah Sale and Lease Back dengan mendasarkan pada fatwa Dewan Syariah Nasional — Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) nomor 72/DSN-MUI/VI/2008.

Sedangkan SBSN seri PBS menggunakan akad Ijarah Asset to be Leased dengan mendasarkan pada fatwa DSN-MUI nomor 76/DSN-MUI/VI/2010.

Apakah Perbedaan Sukuk dengan Obligasi?

Sukuk dan Obligasi memiliki persamaan dimata investor sebagai media investasi yang aman dan memberikan imbal hasil secara teratur tiap bulannya, namun ada perbedaan mendasar diantara keduanya, yaitu :

Perbedaan mendasar sukuk dibanding surat hutang konvensional adalah dana harus dipergunakan ke sektor yang tidak melanggar syariat agama Islam serta imbal hasil yang di dapat bukan dari bunga namun dari biaya sewa asset kembali.

Apa saja jenis sukuk?

Sukuk Korporasi adalah sukuk yang diterbitkan oleh perusahaan secara mandiri.

Sukuk Negara adalah sukuk yang diterbitkan oleh pemerintah. Sukuk Negara dapat dijual kepada masyarakat  secara ritel kepada masyarakat dalam bentuk sukuk ritel dan tabungan.

Perbedaan Sukuk Ritel dan Tabungan?

Keduanya sama sama merupakan Surat Berharga Syariah Negara yang ditujukan untuk masyarakat umum (ritel), ada beberapa perbedaan di antara keduanya, berikut perbandingan dari keduanya :

Perbedaan yang mendasar dari kedua instrument adalah tradebility dan minimum pemesanan, selain itu keduanya dikenakan tarif 15% potongan pajak.

Demikian artikel tentang Sukuk sebagai pilihan investasi Syariah yang sering ditanyakan oleh calon investor pasar modal syariah, semoga artikel ini dapat memberi informasi tambahan yang berguna bagi calon investor pasar modal syariah dan pemerhati pasar modal syariah di Indonesia.

Leave a Reply