Solusi Laptop Tidak Bisa Dimatikan

21 0

Pemakaian normal penggunaan device seperti contohnya laptop, sehabis mereka mengoperasikannya yang jelas perangkat akan di rest dengan cara dimatikan. Lewat cara simpel seperti ini, termasuk kedalam tindakan kita dalam merawat perangkat komputer agar lifetime-nya jauh lebih lama.

Tetapi bagaimana jika ada pengguna yang mengalami masalah laptop tidak bisa dimatikan? bukankah hal tersebut termasuk indikasi kerusakan sistem dan internal di dalam komponennya.

Perlu diketahui bahwa laptop tidak bisa dimatikan itu dapat kita duga bahwa perangkat sedang tidak dalam kondisi baik. Buat kalian yang sedang bingung mencari jalan keluar, kita tim Mayanesia telah menyediakan solusi laptop tidak bisa dimatikan dengan metode paling mudah.

Beberapa poin yang akan kita rangkum dibawah ini sangat efektif diterapkan di perangkat OS lain baik seperti Windows 7, 8 dan Windows 10.

Solusi Laptop Tidak Bisa Dimatikan

Menginginkan laptop dengan performa yang stabil dan normal terus adalah impian bagi setiap orang. Tidak sedikit yang khawatir jika terjadi sesuatu di perangkat laptopnya, mereka langsung berasumsi jika biaya pembetulannya akan mahal, karena part hardware di laptop itu nilainya tinggi-tinggi.

Faktanya tidak semua kerusakan seperti itu. Laptop tidak bisa dimatikan memang satu gejala sistem mengalami problem, tetapi kerusakan seperti ini bisa diatasi dengan sangat mudah.

Berikut solusi laptop tidak bisa dimatikan :

Cara 1 : Mengatur Ulang Registry

Penyebab kenapa laptop tidak bisa mati itu karena ada bagian dari Registry yang rusak. Jika hal ini tidak segera diperbaiki, dikhawatirkan akan merambat ke sistem registry lainnya.

  1. Cara pertama ini membutuhkan yang namanya aplikasi CCleaner, silahkan download dan install untuk memudahkan perbaikan. https://www.ccleaner.com/ccleaner
  2. Setelah terpasang silahkan buka aplikasi tersebut.
  3. Tap kota menu berjudul Registry.
  4. Kemudian anda bisa tap tombol Scan for Issues.
  • Tunggu sampai proses scan selesai.
  • Bila sudah pencet Fix Selected Issues.
  • Kalau muncul pesan konfirmasi muncul, tekan tombol Yes.

Cara 2 : Atur Fitur Fast Startup

Windows telah menyediakan satu fitur bernama Fast Startup. Pada pengaturan default fitur bernama Fast Startup sudah aktif dengan sendirinya, dan untuk poin kedua ini kita akan mematikan fitur tersebut dengan harapan device bisa dimatikan kembali.

  1. Tap icon Start.
  2. Masukkan keyword Control Panel untuk membuka program tersebut.
  • Setelah terbuka anda bisa ubah mode view menjadi Large icons.
  • Pilih tombol menu bernama Power Options.
  • Pada sisi kiri menu tab, tersedia tulisan tombol Choose what the power buttons do.
  • Matikan centang Turn on fast startup.
  • Terakhir tinggal pencet Save Changes.

Cara 3 : Pengaturan Regedit

Solusi laptop tidak bisa dimatikan berikutnya bisa lewat jendela program Regedit. Untuk memunculkan pengaturan ini anda bisa tap shortcut tombol Windows + R, lalu masukkan perintah Regedit. Seterusnya ikuti langkah berikut.

  1. Ketuk shortcut Win + R.
  2. Setelah keluar jendela Run, masukkan perintah Regedit dan OK.
  • Silahkan buka direktori Computer\HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Winlogon.
  • Cari file bernama Powerdownaftershutdown, kemudian double klik file program tersebut.
  • Ubah Value Data menjadi 1.
  • Terakhir tekan tombol OK.

Cara 4 : Mematikan Paksa

Jika beberapa solusi diatas tidak dapat membantu, anda bisa lakukan satu cara lagi yaitu dengan mematikan laptop secara paksa.

Sebenarnya cara seperti ini tidak disarankan untuk dilakukan secara berkala, tetapi jika kondisinya darurat seperti laptop mendadak tidak bisa dimatikan, tidak ada salahnya jadi pilihan alternatif terakhir.

Karena dengan mematikan device secara paksa, bisa membuat perangkat keras didalam laptop stress dan menyebabkan desgrasi karena pemakaian. Misalnya seperti hardisk, piringan di dalam komponen tersebut akan mati seketika tanpa ada brief perintah shutdown sebagai bentuk ancang-ancang part cooling down.

Mematikan paksa bisa dengan cara menekan tombol power selama 5 detik dan dengan mencabut baterai.

Kesimpulan

Kurang lebih seperti itulah solusi laptop tidak bisa dimatikan, silahkan gunakan salah satu yang paling efektif dan worth untuk mengembalikan kondisi kembali seperti semula. Selamat mencoba!

Leave a Reply