Software yang Wajib Diinstall Untuk Menunjang WFH Setelah Install Ulang

166 0

Baru saja menginstal ulang komputer anda ? Atau baru saja membeli komputer dan bingung aplikasi apa saja yang harus di install untuk memenuhi kebutuhan WFH anda ? Jika jawabannya ya, maka berikut ini SKO. Indonesia merangkum beberapa aplikasi yang anda butuhkan.

Dengan melakukan install ulang windows, kamu akan kehilangan semua data di drive C termasuk data aplikasi dan system operasi yang kamu miliki. Maka sebelum melakukan install ulang (aka INUL) sebaiknya kamu sudah membackup data penting kamu ke memori eksternal atau ke drive D perangkat kamu. Jika sudah melakukan install ulang perangkat, berikut daftar aplikasi yang kamu butuhkan sebagai penunjang mobilitas kamu selama menjalani WFH, sebagian besar aplikasinya tidak berbayar.  

Browser.

Hal pertama yang harus kamu install adalah browser yang berguna sebagai alat untuk kamu mengakses aplikasi lain yang kamu butuhkan. Untuk sebagai pertimbangan kamu dapat menggunakan browser yang sudah banyak dipakai, selain terbukti kualitasnya kamu juga terhindar dari menggunakan aplikasi yang berpotensi memiliki virus.

Berikut link download resmi beberapa browser :

Microsoft Edge Google Chrome Mozilla FirefoxOpera

Kompressor.

Pentingnya kamu harus menginstal aplikasi kompresor berfungsi sebagai alat bantu kamu mengkompresi file atau membuka file yang dikompresi. Dengan bantuan aplikasi kompresi kamu dapat membuat aplikasi dengan format ZIP, Tar, ataupun Rar. Sebagai pertimbangan kamu dapat menggunakan aplikasi yang sudah banyak usernya, dan mendownload di website resmi sebagai langkah antisipasi terkena malware.

Berikut link download resmi beberapa aplikasi Kompresor :

7zipWinrarWinzip BandiZip

Office

Aplikasi Office menjadi kebutuhan dasar untuk perangkat baik personal dan kantor maka kehadiannya sangat diperlukan, berikut adalah beberapa office suite yang harus anda install.

Berikut link download resmi beberapa aplikasi Chat on PC :

Microsoft OfficeOpen OfficeLibreOffice WPS Office

PDF Reader

Jika kamu sering membaca dan membeli buku elektronikm maka kamu tidak asing dengan file berbentuk ebook, kamu pasti sangat familiar dengan file berformat .pdf. Maka kamu perlu untuk memiliki aplikasi PDF Reader.

Berikut link download resmi beberapa aplikasi PDF Reader :

Acrobat Reader DC Foxit Reader Nitro PDF Sumatra PDF

Aplikasi Chatting on PC

Untuk dapat menunjang kebutuhan kamu dalam bekerja sehari hari, kamu harus memiliki aplikasi chat di pc kamu. Hal ini penting, untuk menghindari focus kamu terdistraksi dalam mengerjakan tugas saat harus membalas pesan chat kantor ataupun teman.

Berikut link download resmi beberapa aplikasi Chatting for PC :

MessenggerTelegramDiscordWhatsapp

Aplikasi Meeting on PC

Kebutuhan aplikasi meeting di komputer, belakangan ini menjadi hal yang lumrah mengingat banyak kegiatan meeting dan seminar yang menggunkan platform digital. Beberapa aplikasi meeting yang banyak digunakan dan terdapat versi PC nya : Zoom Meeting, dan Webex,

Berikut link download resmi beberapa aplikasi Meeting for PC :

WebexZoom Meeting

Video Player

Seperti halnya Office Suite, tidak lengkap rasanya jika komputer tidak memiliki video player. Sebenarnya Windows sudah memiliki video player yaitu Windows Media Player. Tetapi bila kamu tidak suka dengan Windows Media Player, kamu bisa mencoba media player third party.

Berikut link download resmi beberapa aplikasi Media Player for PC :

VLC Media Player Gom PlayerPotPlayer5Kplayer

Kesimpulan

Itulah aplikasi-aplikasi yang dapat menjadi pertimbangan kamu untuk diinstal sesuai kebutuhan. Gunakan software asli dan hindari barang bajakan jika memungkinkan gunakan freeware.

Namun harus diingat banyak freeware yang menawakan aplikasi tambahan dalam proses menginstalnya. Anda harus cermat dalam menginstal software untuk menghindari kerugian dimasa mendatang.

Rio Aditya Ermindo

Rio Aditya Ermindo

Follow my instagram @rioadityae

Leave a Reply