Rutinitas untuk Menjaga Kesehatan Keuangan

9 0

Hari Jumat adalah hari yang istimewa. Bagaimana tidak pada hari jumat adalah hari yang suci bagi umat muslim untuk melaksanakan ibadah sholat jumat, dimana pada sholat jumat kita dapat mendengar ustad berceramah. Sebagian dari kita juga mulai merencanakan “family time” pada akhir pekan. 

Hari jumat, adalah waktu yang penting untuk meluangkan waktu sejenak untuk mengaudit diri kita sendiri tentang kondisi kesehatan. Mulai dari kesehatan fisik, hingga psikis. Namun banyak dari kita tidak menyadari, pentingnya menjaga kesehatan keuangan.

Pada hari jumat kita juga memiliki waktu luang lebih panjang sebelum esok hari “disibukkan” kembali dengan kegiatan khusus keluarga. Karena kita yakin semua harus seimbang antara diri sendiri, keluarga dan pekerjaan.

Semua dimulai dari diri kita sendiri, dimana dalam tahap terendah hidup kita. Kita akan bertanggung jawab atas diri kita sendiri, barulah kita dapat bertanggung jawab kepada orang lain.

Tujuan menjaga kesehatan financial berpusat pada 5 hal utama : meningkatan kemampuan membayar hutang, mempersiapkan dana untuk pengeluaran tidak terduga, mencapai kebebasan financial, mencapai tujuan financial, serta menjaga kondisi kesehatan keuangan kita tetap dalam kondisi prima.

Sebaiknya kita tidak melakukannya dalam waktu semalam, dan memerlukan kegiatan yang teratur dan berkesinambungan. Misalnya kita tidak bisa berolahraga non stop pada akhir pekan, tanpa menjaga pola hidup sehat selama seminggu. 

Dalam hal ini, selama kurun waktu seminggu kita tetap harus menjaga pola hidup sehat, sama halnya, dengan kesehatan keuangan. Kita akan sulit untuk menjaga kesehatan keuangan kita, jika hanya kita focuskan diakhir bulan.

Kita dapat melakukan kegiatan rutin dalam seminggu, yang kelak akan berdampak positif dalam kesehatan keuangan. Dengan melakukan “rutinitas” harian, maka menjaga kesehatan keuangan kita bukanlah hal yang sulit untuk digapai.

Berikut kegiatan harian, yang dapat membantu menjaga kesehatan keuangan. Pertama budgeting yang telah kita buat dibagi dengan jumlah minggu/hari. Untuk spesifiknya anda yang lebih mengetahui.
Pada hari Senin, kita dapat memulainya dengan mencatat semua pengeluaran yang kita lakukan dalam jangka waktu seminggu kebelakang. Catatlah semua kegiatan yang bersinggungan dengan keuangan. Baik itu berupa pengeluaran, ataupun berupa pemasukan. 

Apabila anda adalah seorang karyawan, maka catatlah take home pay. Jika anda memiliki pemasukan tambahan yang masuk pada minggu kemarin jangan lupa dicatat. Untuk wiraswata dan pedagang dapat menyesuaikan.

Pengeluaran yang harus tercatat, seperti angsuran wajib, belanja mingguan, hingga biaya parkir yang sering kita anggap sepele. Semakin baik kita mencatat maka semakin baik pula hasil yang kita dapat.

Pada hari Selasa, lakukanlah penyesuaian dengan budget yang pernah kita buat sebelumnya. Cek ulang dan buat prioritas pengeluaran anda, apabila bisa dikurangi. Lakukanlah pengurangan pengeluaran yang tidak diperlukan.

Pengeluaran seperti bensin, hangout, nonton bioskop, streaming, hingga member gym, mengingat adanya corona. Mungkin dapat menjadi salah satu options untuk dapat dikurangi. Akan tetapi yang lebih mengetahui adalah diri anda sendiri. 

Lakukanlah dengan cermat, jangan terima masukan orang lain mentah mentah. Budgeting anda, keputusan anda.

Pada hari Rabu, cek hutang yang anda miliki. Bayar sesuai budgeting yang telah anda buat. Karena setiap orang memiliki prioritas masing masing. Jangan sampai anda memprioritaskan membayar hutang, akan tetapi kondisi keuangan keluarga anda terganggu.

Hutang yang berlarut larut akan membuat anda terjebak. Akan tetapi jangan sampai dengan anda membayar hutang justru kondisi keuangan anda menjadi tidak baik. Akhirnya justru anda akan berhutang lagi.

Pada hari Kamis, sisihkan pos dana darurat yang telah anda buat sebelumnya. Secara sederhana kenapa dana darurat mingguan, dipisahkan pada hari kamis. Bukan diawal atau diakhir minggu.

Karena pada hari kamis waktu padat anda kegiatan sudah terlewati, dan menjaga mental anda bahwa anda memiliki dana untuk menjalani minggu anda dengan tenang. Walaupun pada hari kamis anda akan pisahkan dana tersebut ke dalam pos dana darurat.

Pertimbangan lain, untuk tidak disimpan di hari minggu. Karena kita menghindari dana darurat anda gunakan dalam acara “family time”. Karena akan menjadi pertimbangan berat untuk anda memprioritaskan antara keluarga atau dana darurat.

Image : unsplash.com @ctynattyhere

For some good reasons, its a friday. Thats the good day for do everything. Included your retirement plan — RMND

Pada hari Jum’at, sisihkan tabungan untuk cadangan hari tua anda. Karena dengan menabung sejak dini, dan rutin tiap minggu. Anda akan menumbuhkan habits untuk mempersiapkan hari tua dan jangan lupa untuk berinvestasi akhirat.

Selain melalakukan financial check. Anda juga dapat merencanakan sesuatu yang baik di hari jumat. Semoga hari Jumat anda dan kita semua, mendapat berkah. Tapi harus kita sadari manusia hanya bisa berencana namun Allah lah yang menentukan segalanya.

Pada hari Sabtu dan Minggu, luangkan waktu anda bersama keluarga. Kita sadari walau agak naif, tidak semua tentang uang. Kesehatan dan keluarga tidak kalah penting.

Sambil menikmati waktu bersama keluarga, lakukanlah penilaian ulang terhadap tujuan financial anda. Tanyakan kepada diri anda sendiri apa yang dapat dikurangi dan apa yang dapat ditambah, untuk mencapai tujuan financial anda.

Catatan tambahan : 

Pada saat anda berpikir bahwa, dengan berfoya foya dapat memberikan kesenangan. Jika anda bijak dalam mengatur keuangan, dan yakin terhadap tujuan jangka panjang keuangan yang ingin dicapai berkomitmentlah untuk mencapainya. Dimasa depan akan ada orang yang berterimakasih kepada anda. Yaitu diri anda sendiri dan orang disekitar anda — RMND

Leave a Reply