Review Pengalaman Menggunakan Aplikasi Blu by BCA Digital 

243 0

Untuk syarat pembukaan rekening relatif sama dengan product perbankan lainnya yaitu kartu identitas dan mengisi data diri dengan benar —- RMND 

Bank Digital banyak bermunculan di Indonesia bagai lumut di musim hujan, mulai dari Jenius sebagai pionir hingga Blu by BCA Digital yang masih berafiliasi dengan salah satu group perbankan terbesar di Indonesia (BCA). 

Pada kesempatan kali ini saya tidak akan membahas mengenai mekanisme pembukaan rekening digital tersebut karena secara garis besar pembaca pasti sudah memahami cara membuka rekening digital. 

Pada saat ini saya ingin memberikan gambaran dari sisi pengguna kepada calon nasabah “Blu” bahkan pihak developer Blu by BCA Digital user experience di sisi nasabah. 

Pembukaan Rekening 

Pembukaan rekening relatif cepat dan tanpa banyak memakan waktu, tentu saja hal ini bisa terjadi jika faktor penunjang lain memiliki kualitas yang sama baiknya. 

Faktor penunjang lain yang saya maksud adalah kondisi device hingga jaringan internet calon nasabah. Maka anda harus memastikan dengan benar kondisi anda sebelum membuka rekening Blu by BCA Digital. 

Fitur Transaksi 

Fitur transaksi yang ada di Blu by BCA Digital cukup komplit, anda dapat menemukan fitur dasar yang ada pada setiap produk perbankan seperti transfer, bayar, beli, top up e money, kris pay, hingga layanan tarik tunai menggunakan jaringan ATM BCA. 

Namun rek Blu by BCA Digital tidak menyertakan fitur ATM untuk saat ini, dan semua serba digital di dalam aplikasi. 

Biaya 

Blu by BCA Digital menurut saya masih masa bulan madu dengan para pengguna dengan memberikan free transfer dan bebas biaya admin tanpa syarat apapun. 

Namun tidak lepas kemungkinan tabungan milik jaringan group BCA ini tidak akan membebani nasabah dengan biaya admin bulanan. 

Mengingat saya memiliki rekening di BCA Syariah tanpa admin namun dapat menggunakan fasilitas jaringan ATM BCA secara bebas. 

Fitur Tabungan 

Blue Saving 

Pada Blu saving anda dapat membuka hingga 10 rekening yang berbeda beda dalam satu aplikasi. Fitur ini berguna untuk dapat membantu anda membagi pengeluaran dalam beberapa post dan goal financial yang ingin anda capai. 

Pada fitur tabungan Blu Saving anda akan mendapat bunga atau interest sebesar 3%. Untuk nilai interest sendiri masih dalam rate yang diberikan oleh LPS sehingga hal ini akan menjamin tabungan anda jika hal yang tidak direncanakan terjadi pada Blu by BCA Digital. 

Blue Gether 

Blue Gether adalah salah satu fitur inovatif yang ada pada aplikasi Blu by BCA Digital. Karena memungkinkan kita mengatur keuangan bersama sama cocok dijadikan rekening bendahara kelas atau kegiatan arisan. 

Namun fitur ini masih terbatas dan hanya dapat mengundang partisipan hingga 25 orang. Sama dengan fitur sebelumnya pada tabungan Blue Gether juga memberikan bunga senilai 3% per tahun. 

Blue Deposit 

Nasabah Blu by BCA Digital juga dapat membuka rekening deposito dengan nilai minimal Rp 1 Juta. Bunga yang diberikan pada fitur Blu Deposit adalah 4% per tahun. 

Tracker 

Tidak perlu bingung lagi saldo rekening anda digunakan untuk apa saja, karena semua sudah tercatat pada fitur tracker yang dimiliki oleh aplikasi Blu by BCA Digital. 

Topup Saldo 

Saya sudah mencari di fitur transfer salah satu bank namun belum menemukan pilihan untuk BCA Digital atau Bank Royal. 

Hingga saat ini saya belum melakukan penempatan dana ke Blu by BCA Digital karena beberapa alasan, jika kedepan saya berhasil melakukan pengisian saldo rekening di Blu by BCA Digital maka akan saya update kembali. 

Pendapat Pribadi. 

Fitur yang ditawarkan oleh Blu by BCA Digital sudah sangat bagus dan Inovatif dibanding rekening yang ditawarkan perbankan digital lainnya. 

Namun, menurut saya dengan absennya keberadaan ATM pada rekening Blu by BCA Digital.  Menimbulkan sedikit rasa ada yang hilang pada rekening tersebut. 

Saya sendiri memiliki rekening BCA Syariah dengan jenis tabungan wadiah dan tanpa administrasi. Namun tetap dapat menggunakan semua fasilitas ekosistem milik BCA dan masih diberikan kartu ATM sebagai penunjang.

Tidak ada gading yang tak retak, maka tak ada manusia yang sempurna betul. Tapi setidaknya kita tetap menjadi yang terbaik bagi diri kita sendiri itu sudah sangat baik —-  RMND 

Rio Aditya Ermindo

Rio Aditya Ermindo

Follow my instagram @rioadityae

Leave a Reply