Review Pengalaman Menggunakan Aplikasi Bank Jago 

216 0

Untuk syarat pembukaan rekening relatif sama dengan product perbankan lainnya yaitu kartu identitas dan mengisi data diri dengan benar —- RMND 

Bank Digital banyak bermunculan di Indonesia bagai lumut di musim hujan, mulai dari Jenius sebagai pionir hingga Bank Jago yang didirikan oleh pihak yang berperan penting dalam proses berdirinya Jenius Jerry Ng. 

Siapa lagi yang tidak kenal Jerry Ng, Jerry Ng adalah seorang bankir berpengalaman yang innovator dan berpengalaman membangun digital banking. Namun tidak berhenti disitu Jerry Ng juga memboyong beberapa dirut dari BTPN yang pernah menjadi tim nya pada saat mendirikan Jenius. 

Bank Jago adalah perpaduan yang apik antara peluang, momentum serta keahlian. Karena didirikan oleh orang yang berpengalaman, disaat momentum NeoBank sangat baik di Indonesia serta memiliki nama yang catchy untuk sebuah bank di Indonesia. 

Perjalanan bank jago menjadi neobank cukup mendapat animo yang besar dari masyarakat, terlihat dari pergerakan saham yang sangat baik dan mitra strategis yang sudah bergabung dengan bank jago.

Tercatat selain Jerry Ong, ada beberapa investor yang turut menjadi pemegang saham yang signifikan di bank tersebut. Investor Bank Jago antara lain PT Metamorfosis Ekosistem Indonesia, Wealth Track Technology, PT Dompet Karya Anak Bangsa (Go-Pay) dan Ribbit Capital .

Pada kesempatan kali ini saya tidak akan membahas mengenai mekanisme pembukaan rekening digital dari bank jago karena secara garis besar pembaca pasti sudah memahami cara membuka rekening digital. 

Pada saat ini saya ingin memberikan gambaran dari sisi pengguna kepada calon nasabah bank jago bahkan pihak developer bank jago dari sisi experience pengguna umum. 

Pembukaan Rekening 

Pembukaan rekening relatif cepat dan tanpa banyak memakan waktu, nasabah juga dapat menentukan sendiri waktu untuk kyc dengan pihak bank secara online. Namun tentu saja hal ini bisa terjadi jika faktor penunjang lain memiliki kualitas yang sama baiknya. 

Sebagai catatan pastikan kondisi internet dan lingkungan anda dalam keadaan terbaik pada saat melakukan proses KYC. Mengingat semua dilakukan secara digital dan data harus sesuai dengan database yang ada di Kemendagri.

Fitur Transaksi 

Fitur transaksi yang ada di Bank Jago cukup komplit, anda dapat menemukan fitur dasar yang ada pada setiap produk perbankan seperti transfer, bayar, beli, hingga top up e money. Namun saya belum menemukan fitur QRIS Pay di Bank Jago.

Bank Jago sudah dapat diintegrasikan dengan salah satu platform investasi bibit, sehingga pengguna tidak perlu repot lagi melakukan monitoring pergerakan investasi. 

Karena nilai investasi dan pergerakannya dapat dilihat langsung dari aplikasi Bank Jago. Untuk transaksi redeem penjualan unit saya belum dapat menginformasikan lebih lanjut karena belum melakukan transaksi tersebut. 

Hal ini didasari dari tenggang waktu penerimaan unit sekitar h+2 dari masa pembelian dan h+2 untuk pencairan penjualan unit investasi reksadana. 

Untuk kalian yang ingin menjadi investor reksadana di aplikasi bibit dapat menggunakan kode referral ( masrioaditya ) untuk mendapat tambahan cashback Rp 25.000. 

Biaya 

Bank Jago Blu menurut saya masih menjalai masa masa bulan madu dengan para penggunanya dengan memberikan free transfer dan bebas biaya admin tanpa syarat apapun. 

Namun tidak lepas kemungkinan tabungan hasil product NeoBank ini tidak akan membebani nasabah dengan biaya admin bulanan seperti digital bank lainnya (Jenius dan Digibank). 

Fitur Tabungan 

Tabungan 

Pada saat pertama kali ingin membuka rekening di Bank Jago para calon nasabah ditawarkan dengan 2 jenis tabungan, yaitu tabungan dengan buangan dan tanpa bunga (syariah). 

Karena saya membuka tabungan dengan jenis tanpa bunga maka secara valid saya tidak bisa menjelaskan kepada pembaca. Namun menurut informasi yang berhasil saya kumpulkan dari website resmi jago.com

Nasabah bank dengan fitur konvensional akan mendapat bunga 3.5%-4% p.a untuk kantong nabung. Sedangkan kantong bayar dan utama 0.5% p.a. 

Kantong 

Bank Jago menyediakan fitur kantong yang dapat membantu nasabah untuk menyisihkan dananya untuk goals keuangan mereka. Fitur kantong tersedia hingga 10 kantong yang berbeda. 

Payment Plan 

Sebagai nasabah kamu akan diberikan fitur payment plan yang akan memudahkan kamu membayar tagihan rutin bulanan nasabah. Dengan fitur ini nasabah akan dibantu agar secara terencana membaur tagihan rutin terlebih dahulu. 

Pendapat Pribadi

Fitur yang ditawarkan oleh Bank Jago menurut saya sangat bagus dan Inovatif karena menggabungkan fitur NeoBank dengan investasi menjadi lebih simple dan ringkas. Ditambah fitur debit visa yang dapat digunakan untuk transakasi online, hal ini akan sangat berguna sekali bagi saya yang suka belanja di ecommerce luar negeri.

Topup Saldo 

Saya sudah mencari di fitur transfer salah satu bank dan Eureka! saya sudah dapat menemukan Bank Jago dalam list. 

Hingga saat ini saya sudah menempatkan sejumlah dana dan membeli reksadana di bibit melalui Bank Jago. Pengalaman yang cukup mengesankan dan belum pernah terjadi. 

Kedepan jika reksadana sudah masuk saya akan update kembali proses pencairan dana ke rekening bibit. 

Tidak ada gading yang tak retak, maka tak ada manusia yang sempurna betul. Tapi setidaknya kita tetap menjadi yang terbaik bagi diri kita sendiri itu sudah sangat baik —-  RMND 

Disclosure : Sebagai referral dan timbal balik dari menginformasikan produk Bibit ke pembaca secara aktual.

Dengan menggunakan kode referral (masrioaditya) pembaca dan Mayanesia.com akan mendapat cashback Rp 25.000 tanpa menambah biaya apapun bagi pembaca.

Rio Aditya Ermindo

Rio Aditya Ermindo

Follow my instagram @rioadityae

Leave a Reply