Permasalahan Pinjaman Online Yang Kerap Kali Terjadi

64 0

Seiring berkembang nya teknologi, banyak sekali teknologi yang membantu manusia untuk mencapai tujuan atau keinginan yang ingin dicapai. Mulai dari membantu manusia mempermudah pekerjaan sehari-hari contoh dalam hal finansial.

Teknologi finansial yang dimaksud di sini bisa berupa investasi, trading, banking, bahkan yang sekarang lagi trend nya tinggi adalah pinjaman online, yang biasa juga disingkat pinjol. Ya, pinjaman meminjam dalam hal finansial sudah meningkat pesat.

Pinjaman online saat ini sudah banyak sekali yang terdaftar secara legal di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) yang akan mengatur semua batas denda dan bunga untuk setiap produk pinjaman online dari perusahaan pinjaman online itu sendiri.

Produk pinjaman online sekarang banyak sekali menawarkan tenor yang panjang dan bunga yang rendah, terkadang banyak yang tergiur dan cepat mengambil keputusan untuk menggunakkan jasa pinjaman online tersebut.

Perlu diingat pola pikir yang selalu dan harus kita tanam saat ingin menggunakkan jasa pinjol, yaitu kita tau harus membayar pakai apa untuk membayar pinjaman tersebut.

Banyak pengalaman dari teman-teman saya yang meminjam tanpa berfikir panjang atau bisa dibilang terlalu cepat ambil keputusan, entah dalam terdesak kebutuhan atau bagaimana.

Inti nya meminjam uang dari pinjol tetapi tidak punya pegangan atau jaminan yang di punya bila tidak bisa membayar pinjol tersebut, sehingga bisa pinjol nya terlilit begitu saja atau bisa di bilang denda nya akan terus berjalan sehingga, membuat hutang menjadi besar.

Lebih parah nya lagi ada teman saya yang bahkan berpikiran untuk menutupi hutang tersebut dengan meminjam lagi ke salah satu perusahaan pinjol lain dengan tenor yang lebih panjang dan bunga nya kecil.

Well, itu pola pikir yang sama sekali tidak masuk akal, karena itu sama saja membuat utang baru lagi, ibarat nya seperti menutup lubang, dengan menggali lubang lagi untuk menutup lubang sebelum nya.

Kesimpulan nya dari pembahasan ini adalah jika kita ingin meminjam uang di perusahaan pinjaman online, sebaik nya di pikir matang-matang untuk jangka panjang nya seperti apa, dan kita harus punya jaminan tersendiri bila hutang itu tidak terbayarkan, mau dibayarkan pakai apa untuk menutupi nya.

Saran dari saya dalam hal seperti ini sebaik nya mintalah bantuan dari orang terdekat yang sekiranya bisa membantu. Tapi inti nya saya paham, mungkin ada beberapa kerabat atau teman yang tidak bisa dimintai bantuan atau pertolongan dalam hal finansial.

Well saya pun sebagai penulis tidak bisa menyalahkan dari sisi peminjam pinjol ini karena keadaan terdesak sekali untuk kebutuhan yang sangat penting, sehingga berpikir untuk meminjam uang atau melakukan kredit ke penyedia layanan tersebut.

Sekali lagi perlu di ingat dan di garis bawahi bahwa ketika kita sudah melakukan pinjaman tersebut berarti kita sudah mengambil risiko dan tanggung jawab yang ada.

Ilham Rizaldi

Ilham Rizaldi

Follow my instagram @ilhamrzldii

Leave a Reply