Perjalanan Setahun Pandemi Corona di Indonesia

138 0

Secara resmi corona masuk ke Indonesia setelah terkonfimasinya ibu dan anak warga Depok tanggal 2 Mei 2020 maka sudah hampir setahun corona melanda Indonesia.

Tidak ada yang dapat membayangkan sebelumnya jika efek yang akan ditimbukan corona akan menyebar dalam waktu yang cukup panjang.

Pada masa awal terjadinya pandemi anak sekolah mulai diliburkan selama 2 minggu, namun hingga kini kegiatan belajar mengajar pun masih mengandalkan teknologi daring.

Jika kita mengurutkan kebelakang dalam jangka waktu setahun, perkembangan apa saja yang terjadi di Indonesia.

Sumber : Google News, 1 Maret 2021

Berikut beberapa perkembangan yang terjadi di Indonesia dalam jangka waktu setahun, yang sudah kami rangkum untuk anda :

First Case

Kasus pertama terkonfirmasi di Indonesia datang dari Depok, seorang ibu dan anaknya diketahui terjangkit virus corona. Setelah anaknya berinteraksi dengan warga negara asing dalam sebuah acara dansa (2/3/2020).

Rapid Test Awal

Pemerintah mulai melakukan rapid test kepada warga Indonesia, untuk melakukan tracing siapa saja yang sudah terjangkit virus corona. Jumlah rapid test per harinya bertambah dari waktu ke waktu sesuai dengan kapasitas lab yang bekerja sama dengan pihak terkait (1/4/2020)

PSBB

PSBB atau pembatasan social berskala besar menjadi pilihan pemerintah Indonesia untuk mengurangi penyebaran virus corona. PSBB pertama kali diberlakukan di Jakarta selama 14 hari mulai dari tanggal 10 April – 24 April 2020.

Vaksin

Indonesia menjadi yang terdepan dalam mendapatkan vaksin dibanding dengan negara lain di kawasan Asean bersama dengan Singapura. Singapura mendapatkan pasokan vaksin dari Pfizer dan Indonesia mendapatkan pasokan vaksin dari Sinovac (6/12/2020).

GeNose

Tim Riset dari Universitas Gadjah Mada mengenalkan pada public alat ciptaan mereka, yang diclaim dapat memiliki tingkat keakuratan hingga 75% dalam mendeteksi virus covid19 (27/12/2020).

1 Juta Kasus

Indonesia mencatatkan kasus terkonfirmasi covid19 secara akumuluasi  1 Juta kasus pada pertengahan akhir bulan January 2021 (26/1/2021).

Update Terakhir (Senin, 1 Maret 2021)

Indonesia

Total Kasus Terkonfirmasi             : 1.334.634

Total Kasus (14 hari terakhir)       : 117.166

Korban Jiwa Terkonfirmasi           : 36.166

Total Vaksin                                        : 2.598.535

Total Penerima Vaksin (Full)        : 982.370

Dengan beradaptasi dengan kebiasaan baru kita dapat bertahan dari setiap tantangan kehidupan. Selama pandemi berlangsung banyak sektor kehidupan kita yang mengalami perubahan, yang kita dapat lakukan adalah dengan mengikuti dan beradaptasi dengan perubahan. Stay Healthy Everyone !!!

Rio Aditya Ermindo

Rio Aditya Ermindo

Follow my instagram @rioadityae

Leave a Reply