Pengalaman Menggunakan Dompet Digital ShopeePay, OVO, Gopay, Dana, dan LinkAja

7 0

Pengalaman Menggunakan Dompet Digital ShopeePay, OVO, Gopay, Dana, dan LinkAja

Perkembangan dunia digital serta pembayarannya menggunakan dompet elektronik saat ini sudah menjadi suatu kebutuhan. Hal ini utamanya didorong oleh segi kepraktisan dan berbagai promo disc di beberapa platform yang ditawarkan oleh dompet digital elektronik.

Ada banyak sekali keuntungan menggunakan dompet elektronik, selain sisi kemudahan yang ditawarkan. Banyak dompet eletronik yang bekerja sama dengan marketplace dan untuk menawarkan kemudahan seperti potongan harga, hingga free ongkir jika membayar menggunakan platform tersebut.

Karena saat ini masih minimnya interkoneksi layanan pembayaran, antar platform dompet elektronik. Hal ini sedikit banyak mempengaruhi habits kita semua untuk menggunakan beberapa dompet elektronik yang sesuai dengan kebutuhan kita sehari hari.

Dompet elektronik yang pernah kami gunakan antara lain LinkAja, Dana, OVO, Shoopepay, dan Gopay. Hampir semua dompet elektronik yang pernah kami gunakan dapat melakukan pembayaran dengan me-scan kode QRIS, walaupun ada sedikit perbedaan nominal minimal yang bisa ditransfer.

Berikut pengalaman kami menggunakan beberapa dompet electronic, beserta kelebihan dan kekurangannya :

ShopeePay

ShopeePay sebagai dompet digital official dari marketplace Shopee. Hal ini membuat kami menggunakan ShoopePay sebagai dompet digital karena adanya promo gratis ongkir jika menggunakan Shopeepay sebagai alat bayar.

Selain bertransaksi di marketplace, kami juga pernaah menggunakannya pada saat melakukan pembayaran sewa hosting menggunakan QRIS, dan berhasil. Pengalaman ini membuktikan ShopeePay dapat digunakan diluar platform marketplace Shopepay menggunakan QRIS.

OVO

OVO sebagai dompet digital besutan konglomerasi Lippo Group dan sudah bekerjasama dengan Grab dan Tokopedia. Mendasari kami menggunakannya, menurut kami loading aplikasi pertama kali dibuka agak sedikit lebih lama dibanding aplikasi lainnya.

Selain bertransaksi di marketplace dan grab, kami juga pernah melakukan transfer menggunakan QRIS ke akun lain, dan berhasil. Dengan menggunakan OVO anda dapat mulai transfer melalui scan QRIS mulai dari Rp 1.000.

Gopay

Gopay sebagai dompet digital resmi gojek dan sebagai dompet digital untuk mengakses layanan ecosystem gojek lainnya. Membuat kami menggunakan Gopay sebagai salah satu dompet digital kami.

Selain bertransaksi di ecosystem gojek, kami juga pernah melakukan transfer menggunakan QRIS ke akun lain, dan berhasil. Dengan menggunakan Gopay kami dapat melakukan transfer melalui scan QRIS mulai dari Rp 100.

Dana

Dana sebagai dompet digital yang hadirnya agak tertinggal dibelakang dibandingkan dompet digital lain, dana menurut kami memberikan sesuatu yang berbeda. Aplikasi dana memungkinkan kita menggunakan dana sebagai metode pembayaran tanpa harus melakukan topup.

Hal ini dapat dilakukan dengan mengintegrasikan debit visa atau mastercard ke aplikasi dana, fitur yang menarik lainnya adalah kita dapat login ke aplikasi dana dengan face id. Sama seperti aplikasi lain, dana memungkinkan kita transfer ke akun lain dengan melakukan scan QRIS mulai dari Rp 1.000.

LinkAja

Dompet digital besutan BUMN, ini dahulunya adalah dompet digital milik telkomsel dengan nama Tcash. Setelah hadirnya LinkAja jika anda memiliki saldo di dompet digital milik BUMN seperti Emoney Mandiri, hingga Tcash Telkomsel maka akan ditransfer ke dompet digital LinkAja.

Pengalaman kami melakukan topup saldo LinkAja melalui BUMN tidak dikenakan biaya administrasi seperti dompet digital lain. Menurut kami LinkAja memiliki aplikasi yang responsive dan tidak membingungkan untuk orang awam.

Gunakan aplikasi dompet digital dengan bijak dan selalu jaga kesehatan keuangan anda. Karena disadari atau tidak menggunakan dompet digital jika tidak terkontrol dengan baik akan mendorong kita menjadi pribadi yang boros — RMND

Leave a Reply