Pengalaman Menggunakan Aplikasi Chatting Selain Whatsapp

17 0

Chatting atau berikirim pesan melalui pesan teks sudah menjadi kebutuhan kita dalam dunia yang semakin modern, seiring berjalannya waktu aplikasi Chatting hampir menggantikan tugas SMS dalam berkomunikasi dua arah dan berkembang menjadi media komunikasi audio visual.

Banyak sekali kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi chatting antara lain adalah menghemat penggunaan pulsa operator karena hanya menggunakan akses internet untuk saling berkomunikasi.

Namun dibalik segala kelebihan yang dimiliki aplikasi chatting, ada satu kekurangan mendasar menurut saya. Kekurangannya adalah tidak adanya keleluasaan menggunakan aplikasi tunggal untuk mengirim pesan ke platform chatting lain.

Tidak seperti sms yang memungkinkan penggunanya untuk bisa berkirim pesan antar operator selluler, aplikasi chatting tidak memungkinkan penggunanya untuk berkirim pesan antar platform chatting dan harus menggunakan aplikasi yang sama jika ingin berkomunikasi.

Setelah santer pemberitaan kebijakan privasi Whatsapp yang baru, banyak kalangan yang ingin mencari aplikasi chatting pengganti whatsapp. Berikut beberapa pengalaman kami menggunakan aplikasi chatting selain Whatsapp :

Discord

Discord sebagai aplikasi perpesanan yang uniq, dan agak kurang mainstream untuk digunakan oleh kalangan umum. Karena aplikasi ini sering digunakan oleh komunitas gamers karena user experiencenya yang menarik.

Tidak banyak informasi dan fitur yang kami dapatkan tentang Discord selain sebagai aplikasi chatting, karena selain terbatasnya pengguna. Aplikasi ini juga kurang banyak penggunanya secara jumlah.

Telegram

Telegram sebagai aplikasi perpesanan yang sangat “liar” jika dibandingkan dengan aplikasi perpesanan lain. Karena Telegram memungkinkan anggota group berbagi file yang besar seperti film, dan tidak membatasi jumlah anggota group.

Sampai saat ini pengalaman kami menjadi anggota salah satu group telegram startup di Indonesia, tercatat memiliki sekitar 180.000  anggota group.

Kelebihan lainnya yang dimiliki Telegram adalah kita dapat login lebih dari satu akun di aplikasi mobile maupun Desktop.

Signal

Signal adalah aplikasi perpesanan yang mulai muncul dan menjadi trend setelah mendapat notice “tweet” dari pendiri Tesla Elon Musk. Kami belum banyak mengeksplorasi aplikasi chatting Signal.

Namun dapat kami simpulkan aplikasi singnal bisa dibilang menggunakan kelebihan yang ada di aplikasi lain yang telah lama hadir.

Aplikasi ini mewajibkan memiliki no telp penerima pesan namun jika sudah di login di Desktop atau PC, aplikasi ini dapat tetap berjalan. Walaupun ponsel utama tidak terkoneksi internet.

Mengingat aplikasi chatting yang exist publish sampai saat ini, belum memungkinkan untuk bertukar pesan antar platform chatting. Kemungkinan besar anda akan menginstal lebih dari satu app untuk dapat berkomunikasi dengan teman atau kawan anda.

Menurut pendapat saya pribadi lebih prefer untuk menggunakan signal dan whatsapp untuk komunikasi yang formal dan telegram sebagai media komunikasi dengan komunitas.

Leave a Reply