NFT, Seni dan Gambling 

NFT dan Seni mungkin layak diklasifikasikan dalam satu kategori yang sama dan setara — RMND

NFT belakangan ramai diperbincangkan akibat dari salah satu kreator NFT yang mendapat cuan atau keuntungan yang tidak bisa dianggap sedikit. Sebenarnya bagaimana nasib NFT hingga mata uang digital lain dalam perspektif masyarakat umum ?

NFT sudah dapat kita klasifikasikan sebagai karya seni dalam ranah digital yang value dan nilainya mungkin tidak dapat dihitung secara linier, bisa dibayangkan mengapa lukisan wanita tahun 1500 an seperti Monalisa memiliki nilai yang fantastis ?

Jawaban sesungguhnya tidak dapat dijawab dengan pasti oleh masyarakat umum seperti kita namun bagi penikmat seni, lukisan Monalisa pasti memiliki nilai yang sangat berarti bagi komunitas seni. 

Bagaimana dengan NFT ?

NFT adalah Non Fungible Token yang biasanya dibuat oleh publik figur untuk dapat dikoleksi oleh para penggemarnya, dan biasanya ada privilege khusus yang diberikan kepada pemilik NFT yang diberikan oleh public figure pencipta NFT.

Secara umum, selama ada demand dan supply yang baik dalam kegiatan perekonomian baik digital maupun konvensional maka produk tersebut akan selalu memiliki value. Disisi lain bagi komunitas yang tidak tepat NFT tidak akan memiliki value sama sekali. 

Apa bedanya NFT dengan gambar biasa ? 

Yang menjadi pembeda adalah teknologi blockchain yang menjadi teknologi pendukung NFT, blockchain memungkinkan validasi secara digital mengenai kepemilikan suatu aset digital. 

Bagaimana dengan trend NFT saat ini ? 

Pada dasarnya dalam kehidupan ekonomi adalah adanya pertukaran value yang sama sama dilakukan oleh para pelaku ekonomi. Namun, banyaknya NFT yang tidak dibuat melalui penciptaan value yang jelas bagi pemilik NFT. Maka masa depan NFT di Indonesia masih belum dapat dipastikan. 

Rio Aditya Ermindo
Follow my instagram @rioadityae

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published.

More in Business