Mengenal Lebih Dekat Aturan 50/30/20

8 0

Tidak ada sesuatu yang baru di bawah sinar matahari, kita hanya mencari, mempelajari dan mereview ulang apa yang telah terjadi dan ditemukan sebelumnya — RMND

Melakukan kegiatan budgeting menjadi hal yang penting sekaligus mudah untuk dilakukan, seperti dalam aturan 50/30/20. Secara umum aturan ini membagi pos anggaran pengeluaran kita ke dalam 3 kategory utama, yaitu kebutuhan, keinginan, dan kebebasan atau tujuan financial.

Aturan Budgeting 50/30/20 dipopulerkan oleh Sen. Elizabeth Warren (Prof. Hukum di Harvard ) dan putrinya Amelia Warren Tyagi hasil karyanya diabadikan dalam buku  All Your Worth: The Ultimate Lifetime Money Plan diciptakan dengan tujuan utama agar kaum pekerja dapat mempersiapkan masa depan dan keadaan yang tak terduga.

Mari kita mengenal lebih dekat apa itu aturan 50/30/20 dalam budgeting, seperti yang kita ketahui sebelumnya pembagian dalam aturan 50/30/20 terbagi dalam 50% untuk kebutuhan utama, 30% untuk keinginan dan 20% untuk investasi.

BJ Habibie Quote @DM for Copyright

Banyak diantara kita enggan untuk melakukan budgeting, bukan karena merasa kesulitan dalam merencanakan. Namun banyak diantara kita yang merasa tertekan sebelum melakukan budgeting.

Karena kita akan merasa seperti hidup dalam batasan dan tidak leluasa dalam melakukan pengeluaran. Namun ada beberapa point penting yang harus dicatat adalah bahwa aturan persentase budgeting hanya sebagai acuan, dan dapat dirubah sesuai dengan kebutuhan anda.

Pont penting kebutuhan yang sesuai dengan pembagian pos anggaran keuangan yaitu, pos pengeluaran yang masuk dalam kategori kebutuhan adalah pengeluaran yang suka ataupun tidak harus dikeluarkan dan jika tidak dikeluarkan akan mengganggu aktifitas anda.

Sedangkan kebutuhan yang dapat dimasukan dalam kategori keinginan adalah kebutuhan yang anda harus keluarkan namun jika tidak anda  keluarkan tidak akan berdampak besar pada kehidupan anda.

Yang terakhir adalah tujuan kebutuhan financial anda, karena kita menyadari bersama bahwa kita memiliki tujuan yang harus kita capai. Namun butuh waktu dan upaya lebih untuk menggapainya.

Beberapa kategori yang dapat menjadi masukan post anggaran kebutuhan anda antara lain, biaya sewa, belanja bahan pokok, dan kebutuhan penunjang lain seperti pam, bensin dan biaya listrik.

Beberapa kategori yang dapat menjadi masukan post anggaran keinginan anda antara lain, hangout, nonton dan travelling. Terakhir kategori yang dapat menjadi masukan post tujuan financial jangka panjang anda adalah biaya umrah, haji dan beli rumah

Untuk memaksimalkan anda dalam menjalani aturan 50/30/20 anda perlu menggunakan aplikasi spend tracking sebagai alat bantu pencatat pengeluaran anda.

Alasan untuk menggunakan aturan budgeting 50/30/20 adalah anda dapat menghindari kebingungan anda ketika melakukan budgeting dengan cara menggunakan metode yang sudah banyak digunakan dan terbukti oleh orang banyak.

Walaupun diawal anda akan mengalami tekanan secara psychologis, namun anda harus mengingat motivasi jangka panjang yang anda ingin raih dan lakukan penyesuaian anggaran anda kedepan.

Disisi lain dengan tidak menggunakan perencanaan anggaran yang matang, maka focus anda pasti akan berkurang dan sisa pengeluaran bulanan anda akan ditaruh di tabungan, dan tabungan bukanlah pilihan terbaik untuk jangka panjang.

Pada akhirnya metode apapun yang kalian pilih dalam melakukan budgeting, semua itu hanyalah tools atau alat anda mentracking pengeluaran anda, dan memastikan anda berada dalam jalan yang ingin anda capai.

Leave a Reply