Konsep dan Manfaat Ekonomi Kreatif 

196 0

Ekonomi kreatif adalah sebuah konsep di era ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan pengetahuan dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi yang utama — Wikipedia.com

Pandemi yang sedang kita hadapi beberapa tahun belakangan, membatasi gerak dan kegiatan ekonomi masyarakat serta berdampak pada mandeknya perekonomian nasional. Kita ketahui bersama bahwa kegiatan ekonomi di masa modern sudah menjadi kegiatan antar negara dan bangsa. 

Maka, perbaikan ekonomi di satu negara dapat tersendat akibat dari mandeknya rantai perekonomian di negara lain. Baru baru ini industri otomotif mengalami kekurangan pasokan chip imbas dari banyak berhentinya pabrik chip di china akibat dari pandemi covid-19. 

Menurut para peneliti, krisis chip otomotif tidak akan berhenti dalam waktu dekat dan masih akan berlanjut hingga tahun 2022 (link). Maka akan muncul pertanyaan, bagaimana cara kita tetap menjalankan roda perekonomian dibalik segala keterbatasan akibat pandemi covid19. 

Industri Kreatif adalah salah satu jawaban yang paling cocok, karena pada industri kreatif lebih mengutamakan sumber daya manusia sebagai faktor produksi utama. Karena industri kreatif akan banyak menggunakan sumber daya manusia dan mengurangi tingkat pengangguran nasional. 

Ditaksir kontribusi industri kreatif di Indonesia pada tahun 2019 berkisar Rp. 1.000 trilliun dan menyerap tenaga kerja dengan jumlah yang cukup besar yaitu 18 juta orang (link). Jumlah yang cukup besar baik dari segi nominal hingga segi lapangan pekerjaan yang tersedia. 

Apa saja yang termasuk dalam kategori Industri Kreatif ? 

Industri kreatif adalah industri yang sangat fleksibel dan banyak dijalani oleh para generasi muda Indonesia. Beberapa sub sektors industri kreaftif yang patut anda perhatikan lebih lanjut antara lain : 

Pengembangan Permainan ( Games )

Sub sektor industri kreatif yang didorong masuk ke dalam sistem pendidikan guna mempersiapkan sumber daya manusia yang siap menjadi pelaku industri kreatif. Sektor ini akan diperkuat dengan kebijakan proteksi dari pemerintah untk membangun ekosistem yang sehat dan dapat berkontribusi dalam perekonomian nasional. 

Arsitektur 

Sub sektor ekonomi kreatif yang memiliki peran yang penting dalam menampilkan karakter budaya bangsa, serta berperan dalam pembangunan sebuah kota yang sesuai dengan karakter dan kebudayaan bangsa Indonesia.

Design Interior 

Design Interior menjadi salah satu sub sektor industri kreatif yang mendapatkan peningkatan apresiasi yang baik dari masyarakat. Kareena dewasa ini sudah banyak lapisan masyarakat yang memandang peran penting seorang ahli desainer interior.

Music 

Musik menjadi salah satu sub sektor industri kreatif yang cukup menjanjikan dalam dunia showbiz. Besarnya minat dan antusiasme para musisi muda untuk terjun ke dalam bidang ini menunjukkan bahwa musik punya potensi menjadi industri yang lebih besar.

Seni Rupa 

Product hasil karya seni rupa Indonesia sudah sangat diakui kualitasnya oleh masyarakat dunia, tercatat pengukir asal Jepara pernah diberikan kepercayaan untuk membuat replika dari Mimbar Shalahuddin di Masjid Al – Aqsa, Palestina (link).

Design Product 

Sejak adanya pandemi, banyak pekerja yang melakukan pekerjaannya di rumah. Dimana rumah memiliki keterbatasan ruang namun disisi lain harus tetap memunculkan rasa nyaman bekerja di rumah. Para pelaku industri kreatif sudah banyak yang berkreasi memadukan fungsi dan nilai aesthetic product. 

Fashion 

Sub sektor ini adalah bidang yang sangat dinamis karena berhubungan dengan trend yang sedang berlangsung di ranah global. Setiap tahun akan ada peningkatan baik dalam trend hingga kualitas product. 

Film, Animasi dan Video 

Dunia digital membuat semua dapat dinikmati melalui layar kaca, namun segala keindahan tersebut tidak dapat berjalan tanpa adanya dukungan dari industri kreatif yang mumpuni. Maka kedepan menurut kami industri ini akan memberikan talenta talenta terbaik bangsa. 

Desain Komunikasi Visual 

Para ahli di bidang DKV akan sangat dibutuhkan di Indonesia, mengingat disisi lain akan segera diberlakukan japanification banking system. Pada saat semua terjadi maka akan banyak orang yang akan membuka bisnis demi dapat memutarkan uang atau capital yang ia miliki. 

Aplikasi 

Dengan semakin maraknya penggunaan gadget oleh berbagai kalangan maka kebutuhan pengembangan aplikasi akan sangat diminati. Karena hampir semua orang memiliki gadget untuk menunjang kehidupannya. 

Sekian industri kreatif yang menurut penulis akan memiliki kesempatan untuk tumbuh dan berkembang dengan baik di Indonesia. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan penulis sendiri. 

Rio Aditya Ermindo

Rio Aditya Ermindo

Follow my instagram @rioadityae

Leave a Reply