Keunggulan Teknologi Seluler 5G Dibanding 4G

16 0

Manfaat dari teknologi seluler 5G tidak dapat diremehkan – terutama jika Anda mempertimbangkan betapa pentingnya teknologi 5G dalam kehidupan. 5G akan membuka jalan bagi “Revolusi Industri Keempat”. Teknologi 5G akan mengubah cara kita melakukan bisnis dan cara kita hidup, bekerja, dan bermain. Berikut adalah beberapa manfaat utama dan keunggulan teknologi 5G.

Kecepatan 5G dan latensi rendah

Salah satu keunggulan 5G yang paling banyak dibahas tentu saja adalah kecepatannya. Tetapi manfaat dari jaringan 5G cepat lebih dari sekadar mengunduh video dan game. Aplikasi dalam kegiatan komersial memiliki potensi yang sangat luas. Sebagai pertimbangkan, ditempat terpencil yang sedang menghadapi musibah bencana alam.

Dengan kecepatan dan latensi yang rendah dapat meningkatkan kemampuan untuk menginformasikan kondisi terkini di tempat kejadian, hal ini akan mendukung kecepatan mitigasi/penanggulangan bencana dengan lebih cepat.

Kecepatan yang tinggi dan latensi 5G yang rendah akan membantu mengubah hampir semua industry menjadi lebih baik, mulai dari manufaktur hingga perawatan kesehatan. Misalnya dengan kecepatan akses yang tinggi memiliki potensi automatisasi pemantauan proses produksi di pabrik hingga pelayanan public.

Termasuk dalam Layanan kesehatan, dengan pemanfaatan teknologi 5G memungkinkan layanan kesehatan untuk berkoordinasi secara realtime pelaporan pencitraan 3D, hingga diagnose pasien.

Kapasitas Jaringan 5G

Memberikan value added internal komunitas, dengan pemanfaatan jaringan 5G yang kuat akan memberikan value added kedalam komunitas. Sebagai contoh dengan pemanfaatan teknologi 5G akan memberikan akses internet yang optimal di pusat berkumpul komunitas baik festival konser hingga ajang hobby dan olahraga.

Karena dengan berkumpulnya banyak orang dalam satu tempat akan memberikan beban tersendiri kepada akses jaringan seluler, namun dengan peningkatan kualitas di jaringan 5G maka masalah tersebut dapat dihindari.

Trend Cloud atau Komputasi Awan

Dengan peningkatan kualitas jaringan komunikasi seluler 5G, akan memberikan sumber daya penting dalam perkembangan komputasi awan. Karena akan mempercepat akses pengguna dengan sumber data.

Dengan kecepatan transfer yang tinggi tidak hanya mempercepata akses pengguna ke sumber data. Fitur ini dapat digunakan untuk meningkatkan kompeksitas fitur yang dapat diakses oleh pengguna.

Internet of Things

Semua manfaat yang disebutkan di atas terkait erat dengan Internet of Things yang tumbuh (IOT). IOT akan meningkatkan kualitas hidup karena pengguna dapat mengakses data yang berkualitas, mengurangi beban kerja, dan cost. Pengguna juga dapat meningkatkan produktifitas kerja dengan bantuan IOT

Leave a Reply