Kemudahan Akses dan Bunga Tinggi Pinjaman Online 

64 0

Penulis pernah menjadi pihak debitur dan kreditur pinjaman online sehingga sedikit tahu mengenai pinjaman online yang marak belakangan ini — RMND 

Pihak penyedia aplikasi pinjaman online bertugas sebagai mediator antara pemilik modal dan orang yang memerlukan pinjaman untuk membiayai usahanya. Maka secara struktur dan moral penyedia jasa penyedia pinjaman online memiliki tanggungan terhadap pemilik dana yang dikelola.

Maraknya pinjaman online sejalan dengan banyak bermunculan aplikasi investasi berbasis crowdfunding dan peer to peer lending yang menjadi pilihan orang berinvestasi dengan return yang menarik dibanding dengan institusi financial reguler seperti bank dan sekuritas. 

Pada dasarnya apa yang dilakukan oleh penyedia jasa pinjaman online sama seperti yang dilakukan oleh pihak perbankan, namun salah satu faktor yang menjadi daya tariknya adalah kemudahan dalam pengajuan pinjaman.

Hal ini kemudian menjadi celah bagi nasabah yang tidak mawas diri terhadap syarat dan ketentuan yang dipersyaratkan pihak pinjaman online dengan nasabah. Banyak nasabah yang terjerat hutang hingga puluhan juta dan bahkan sudah tidak sanggup lagi membayar kewajibannya.

Berikut beberapa hal yang harus dipertimbangakan jika anda ingin meminjam uang dari penyedia pinjaman online :

  1. Lakukan searching mengenai track record dan legalitas perusahaan.. 
  2. Perhatikan biaya tambahan yang harus ditanggung nasabah beserta denda
  3. Perhitungkan kesanggupan anda membayar pinjaman.

Mungkin akan muncul di benak kita semua, bahwa tidak semua orang yang melakukan pinjaman ke pinjol memiliki kemampuan analisa secara terukur karena dalam kondisi terdesak dan membutuhkan dana secara cepat. 

Pexels.com

Terkadang penonton sepak bola merasa lebih ahli daripada pemain dan pelatih bola di lapangan, sejatinya yang menentukan pertandingan bola adalah mereka yang terlibat langsung dalam permainan — RMND 

Kembali ke persoalan pinjol, penulis tidak dapat secara sepihak mendirect orang lain untuk berpikir dan melakukan tindakan yang harus diambil olehnya. Namun setidaknya penulis dapat memberikan sedikit gambaran umum sebagai pertimbangan para pengguna dan calon pengguna layanan pinjol. 

Meminjam dana dengan pihak pinjaman online sama saja anda meminjam uang dengan jaminan nama baik anda sendiri, karena disadari atau tidak banyak penyedia jasa pinjaman online tidak membutuhkan barang jaminan dalam prosesnya. 

Disisi lain, penyedia layanan pinjaman online bertanggung jawab pada nasabah lain yang bertindak sebagai pemilik dana. Maka anda sebagai peminjam dana jangan sampai kaget, jika dalam tempo h-3 jatuh tempo pinjaman anda akan diberikan “awareness” untuk segera melunasi hutang jatuh tempo yang anda miliki. 

Sepanjang yang saya alami, jika kita terlambat atau bahkan menunggak pinjaman online maka akan ada telepon secara rutin untuk memperingatkan kita akan pinjaman yang kita ambil. Secara material anda tidak akan terganggu namun secara emosional anda mungkin akan terdistraksi dan akan berpengaruh pada produktivitas kerja anda.

Maka dengan mengetahui track record, dan legalitas usaha penyedia pinjaman online maka kita akan dapat melakukan perencanaan pelunasan pinjaman dengan baik. Karena penyedia pinjaman online yang teregistrasi dengan baik akan menjaga kredibilitasnya dengan memperlakukan nasabah sesuai peraturan yang berlaku demi keberlangsungan usaha mereka. 

Disisi lain dengan mengetahui rincian biaya, denda, hingga kemampuan kita untuk melunasi hutang yang kita miliki hal ini berfungsi sebagai mekanisme mawas diri agar tidak terjatuh dalam jerat hutang yang lebih dalam. 

Jika anda gagal merencanakan tujuan anda, maka anda sedang merencanakan kegagalan menuju tujuan anda — RMND

Hal ini penting, tidak hanya pada saat kita ingin dan sedang mengambil  pinjaman online namun juga berlaku pada saat ingin melakukan pinjaman “finansial” pada pihak lain seperti perbankan hingga sanak keluarga dan kerabat. 

Dengan segala kemudahan yang ditawarkan pinjaman online dapat menjadi jalan keluar bagi golongan masyarakat yang belum tersentuh layanan financial konvensional namun memiliki kemampuan membayar yang baik. 

Namun, jangan sampai kita terbuai dengan kemudahan yang ditawarkan tanpa memperhitungkan dengan baik biya hingga resiko yang akan kita terima jika telat melunasi hutang yang kita ambil.

Tidak ada pisau yang jahat dan tidak ada teknologi yang buruk. Semua tergantung pada siapa yang sedang mempergunakannya — RMND 

Rio Aditya Ermindo

Rio Aditya Ermindo

Follow my instagram @rioadityae

Leave a Reply