Keluar dari Jeratan Hutang

7 0

Tidak ada jalan yang mudah untuk sesuatu yang baik — RMND

Hutang seperti dua sisi mata uang, hutang dapat sangat berguna jika digunakan untuk investasi. 

Disisi lain anda perlu membayar hutang agar tidak menjadi beban keuangan dan meningkatkan nilai net worth anda. 

Lebih buruk lagi jika hutang anda miliki tidak digunakan untuk investasi, disisi lain anda memiliki hutang yang besar. Berarti anda sedang dalam kondisi terjebak dalam lilitan hutang. 

Hutang muncul pada saat anda memiliki pengeluaran yang lebih besar dari pendapatan, pada titik tertentu bunga yang di kenakan cukup membebani pengeluaran bulanan anda. 

Jika sudah terjadi, besar kemungkinan anda akan semakin menambah hutang dan anda hanya bisa membayar sebesar minimum payment bulanan. 

Terkadang membuat hutang baru untuk menutup semua hutang yang ada adalah keputusan yang sangat baik dan bijak. 

Karena hal itu memungkinkan anda membuat ringkas daftar hutang, dan mungkin anda akan dikenakan bunga yang lebih ringan. 

Tapi mungkin bukan pilihan yang bijak jika kita berhutang hanya untuk menutup biaya dan bukan untuk berinvestasi. 

Image : Unsplash.com @chriswebdog

Air dapat menjadi berkah atau bencana sesuai dengan takarannya — RMND

Hal pertama, yang harus disadari jika ingin Keluar dari jeratan hutang adalah hindari judgment negatif kepada diri sendiri dan sadari bahwa masa lalu tetap masa lalu.

Karena tanpa kesadaran dan tekad untuk berubah sulit rasanya untuk keluar dari jeratan hutang, walaupun anda sudah ganti pekerjaan dan memiliki pendapatan yang lebih baik. 

Selanjutnya, anda harus mengubah habits pengeluaran dan mulai aktif mencatat segala macam pengeluaran yang anda miliki. 

Mulai kurangi kartu kredit, karena kartu kredit membuat anda berpikir bahwa anda bisa membeli tanpa harus punya uang dulu. 

Hal ini membuat anda sangat impulsive terhadap tawaran yang ada, karena biasanya ada iming iming disk jika gunakan kartu credit dibanding cash. 

Hal ini tidak berarti kartu kredit menjadi sesuatu yang sangat menakutkan, anda bisa menyimpan kartu kredit anda dirumah dan memakainya jika diperlukan saja. 

Kurangi biaya dari hutang yang anda miliki, lakukanlah consolidasi hutang dan lakukan refinancing dengan biaya hutang yang lebih rendah. 

Dengan mengumpulkan semua hutang, anda juga akan memperkecil fokus anda terhadap hutang dan bisa lebih berfokus pada hal yang lebih produktif.  

Langkah terakhir yang dapat ditempuh adalah mencari sumber pendapatan tambahan, dan lebih memfokuskan diri ke hal yang lebih positif. 

Catatan:  

Analisa dan improvisasikan setiap masukan kita terima, karena tidak ada yang dapat lebih menolong kita selain diriNya dan diri kita sendiri. – RMND

Leave a Reply