Kehidupan PPKM Sulit, Lebih Sulit Perjuangan Debut Solo D.O. EXO Setelah 9 Tahun Penantian – Penasaran?

169 0

PPKM atau kepanjangan dari Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat sangat berdampak bagi kehidupan sehari-hari, banyak yang terkena PHK dari perusahannya, diperpanjangnya pembelajaran secara online bagi pelajar dan mahasiswa, dan juga ada perusahannya yang menerapkan WFH (Work From Home) bagi karyawannya.  

Masyarakat dianjurkan untuk melakukan semua kegiatan dari rumah, bahkan izin menaiki transportasi umum saja memiliki banyak persyaratan mulai dari surat vaksin sampai surat izin kerja dari perusahaan..

PPKM menimbulkan kondisi yang sulit bukan? Tapi ada yang lebih sulit daripada PPKM yaitu perjuangan seorang D.O. atau yang biasa dikenal dengan nama Doh Kyungsoo dalam mengeluarkan album solonya.

Doh Kyungsoo yang merupakan member boygroup EXO besutan agensi SM Entertainment ini mengeluarkan Album Solonya yang pertama kali dengan single utama berjudul ‘Rose’ pada tanggal 26 Juli 2021 di channel youtube SMTOWN. D.O. baru mengeluarkan album solonya setelah 9 tahun lamanya debut sebagai boygroup EXO.

Tentunya ini kabar yang baik bagi para dandanies dan juga EXO-L. Album Rose – D.O. sendiri pun terdiri dari Rose, I’m Gonna Love You (feat Wonstein), My Love, Dad, I’m Fine, Rose (English Ver.) Si Fuares Mia.

Namun sepertinya agensinya sendiri melakukan misstreatment kepada D.O. saat melakukan proses pembuatan Album tersebut. Bagaimana tidak? pengumuman akan launching nya teaser album tersebut hanya berbeda jarak beberapa hari dengan hari launching album solonya D.O.

Dong Kyungsoo EXO

Secara resmi. D.O. sendiri pun menyampaikan perasaan bahagianya baik di bubble maupun di vlivenya, Namun di lain sisi D.O. pun sedih dengan konsep album dan MV yang dikeluarkan oleh agensi SM Entertainment sangat tidak detail. Music Video album solo D.O. tidak terdapat konsep dance dan hanya menyajikan konsep sederhana yang dirancang oleh agensi SM Entertainment, hal itu sedikit membuat para solo stan D.O. marah kepada SM Entertainment karena perlakuan tidak adil terhadap D.O.

Padahal untuk album group yang lain pun sampai didesain dengan konsep yang sangat detail. Lebih parahnya lagi di jam-jam sebelum launching album tersebut tidak ada live promosi untuk menyambut debut solo pertama kalinya. Setelah music video muncul di youtube pun tidak ada promosi sama sekali yang dikeluarkan oleh agensi SM Entertainment bahkan kualitas album hardcopy yang sangat buruk hanya terlihat seperti majalah biasa.

Sedangkan album artis SM Entertainment yang lain sangat bagus sekali seperti buku dengan lembaran-lembaran yang tebal, itu sangat membuat para EXO-L dan dandanies sangat murka dan kecewa sampai membuat trending di twitter dengan HT #kyungsooempathy #kungsoo #DO_1stSOLO #DKdeservebetter sambil dengan mandirinya mempromosikan album solo pria yang sangat irit pose senyum tersebut.

Walaupun dengan tidak adanya promosi dari agensi SM Entertainment, tidak disangka-sangka Album Solo D.O. – Rose masuk ke jajaran Top 10 Albums Worldwide iTunes dengan menempati urutan pertama, dan juga D.O. masuk ke jajaran Top 10 Global Digital Artist.

Hal tersebut terjadi karena teman circle D.O. yang merupakan para penyanyi, director dan aktor yang pernah beradu akting dengan D.O. yang diantaranya ada Aespa Giselle, Kim Woo Bin, Jeonghan Seventeen, sam Fishcer, Kim kibang, Yoontruck, Cho Yoonkyung, Woinstein, WEKI MEKI Rina, Nicolas Liddle, Park Jaejung, Kim Minjin, dan Lee Kwangsoo

Mereka semua ikut membantu mempromosikan album solo D.O. di ig, twitter, dan bubble mereka, bahkan sampai composer atas lagu My Love yaitu Jae member Day6 pun ikut mempromosikan di akun sosial medianya.Selain itu juga suksesnya album tersebut tidak terjadi kalau bukan promosi mandiri yang dilakukan oleh para solo stan D.O. yaitu dandanies dan juga para EXO-L di semua media sosial yang mereka punya.

Dari semua aksi promosi yang dilakukan gencar-gencaran oleh teman D.O. dan juga para fans tidak membuka mata SM Entertainment untuk melakukan promosi dan mendukung artistnya sendiri bahkan sampai agensi lain yang membantu mempromosikan album solo D.O. yaitu akun IG JYP publishing dikarenakan Jae Day6 berasal dari agensi JYP.

Kesuksesan album solo D.O. pun bisa menaikan harga saham SM Entertainment, saat album solo D.O. – Rose launching naik menjadi 1,10% dengan angka kenaikan sampai 64,200 KRW. Hal itupun tidak menyadarkan agensi SM Entertainment untuk berhenti memberikan perlakuan yang tidak adil untuk beberapa artisnya tak terkecual D.O. itupun sendiri.

Apabila dipahamin dengan pemikiran yang terbuka dan benar-benar matang, sangat terlihat perlakuan tidak adil agensi SM Entertainment dan juga betapa sulitnya perjuangan Album Solo D.O. – Rose ini, sekarang kita sebagai fans hanya bisa mendukung D.O. dan jangan lupa ayo semangat streaming MV D.O. – Rose gaisss!!!

Dan juga jangan lupa dengerin selalu album D.O. di portal musik seperti di Naver Music, Spotify, dan berbagai portal musik lainnya!!! Ayo kita dukung terus teman kita D.O. untuk debut album solonya yang pertama!!!                   

Leave a Reply