Kegiatan Seru Yang Dapat Dilakukan Saat Musim Panas

228 0

Entah apakah sekarang sudah masuk musim panas atau belum, tapi disini Saya akan share kegiatan seru apa sih yang bisa dilakukan saat musim panas. Sebagai negara tropis Indonesia dianugerahi dengan sinar matahari yang melimpah, biasanya ini terjadi ketika musim kemarau . Panas di Indonesia ini menurut orang luar negeri dan orang Indonesia yang tinggal disana temperaturnya pas, tidak terlalu panas karena kelembaban yang tinggi. Hal ini tentu berbeda dengan negara yang terletak di gurun pasir seperti Arab Saudi misalnya, panas disana bisa mencapai 50 derajat di siang hari bolong dan bisa membuat bibir peca-pecah karena saking panasnya.

.

Kebanyakan orang  termasuk Saya sendiri kalau sudah lewat pukul 10 pagi sudah memilih berdiam didalam rumah. Menutup pintu dan jendela, menghidupkan kipas angin dan rebahan, terus main hp sampai berjam-jam. Tapi baru-baru ini Saya kepikiran ide, bagaimana caranya agar tetap produktif  melakukan berbagai macam aktifitas di cuaca sepanas ini. Berikut ini beberapa aktifitas yang Saya suka lakukan disaat musim panas.

Menjemur Kasur

Kegiatan pertama yang sering Saya lakukan ketika tiba musim panas adalah menjemur kasur. Kasur memang sebaiknya sesering mugkin dijemur agar tidak terasa keras saat digunakan tidur. Tingkat kelembutannya akan menurun dan tidak nyaman lagi digunakan sebagai alas tidur.

Namun kendalanya adalah panas sinar matahari yang tidak ada atau jaranglah ketika musim hujan. Nah, mumpung musim kemarau yang panas terik menjemur kasur menjadi kegiatan Saya saat libur bekerja.

Mencuci Jaket

Jaket adalah salah satu benda yang paling malas untuk Saya cuci. Selain bahan jaket biasanya tebal, proses pengeringannya juga sangat lama. Bisa memakan waktu antara 3-4 hari. Makanya,banyak jaket-jaket yang justru hanya sempat dicuci setahun sekali.

Nah, selagi cuaca sedang panas, maka momen ini dapat dimanfaatkan untuk mencuci jaket. Proses pengeringannya juga nggak akan lama, mungkin hanya berlangsung selama satu hari saja. Jadi, ayo mencuci jaket demi aktivitas produktif di cuaca panas.

Mencuci Selimut

Selimut adalah salah satu benda yang paling malas untuk dicuci. Sama halnya dengan jaket, bahannya sangat tebal ditambah juga lebar. Jadi, proses pengeringannya sangat lama.

Di laundry, ongkos untuk mencuci selimut biasanya 20-23ribu rupiah ditempat Saya dan banyak dari kita yang malas mencucinya. Nah, mumpung cuaca sedang panas-panasnya, ini adalah saat terbaik untuk mencuci selimut.Proses pengeringannya pasti tidak akan lama dan kita tidak perlu mengeluarkan biaya banyak untuk mencucinya.

Berjemur

Kegiatan yang satu ini sebaiknya dilakukan hanya pada pukul 7 sampai pukul 9 pagi saja, karena disaat jam itu dimana vitamin D dihasilkan.Dan pastikan hanya sekitar 30 menit sampai 1 jam saja, kalau kelamaan hanya akan merusak kulit dan bisa menyebabkan kanker.

Kegiatan ini cukup simple karena kita hanya perlu duduk didepan teras yang terkena sinar mentari pagi. Jangan lupa siapin kopi atau teh dan cemilan juga ya hehe…

Traveling

Jalan-jalan atau traveling menjadi kegiatan Saya selanjutnya ketika musim panas tiba.Tidak perlu khawatir bila tiba-tiba hujan datang dan banjir melanda. Traveling pun tidak usah jauh-jauh dan mengeluarkan biaya banyak, cukup naik motor atau sepeda keliling kota atau ke kota lain yang jaraknya cukup dekat.

Bersepeda

Beberapa waktu lalu saat corona baru aja masuk Indonesia kegiatan ini ngetrend banget, disosmed ada saja orang yang foto pakai sepeda. Entahlah tujuan mereka benar-benar olahraga atau cuma biar dianggap kekinian aja.

Kalau Saya memang sudah sejak kecil main sepeda, keliling desa dan sampai ke kota lain pun Saya pernah. Kegiatan ini memang sangat pas dilakukan pada saat musim panas, gak enak banget kalau pas lagi gowes ehh tiba-tiba turun hujan dan harus neduh dahulu.

Itu dia tadi beberapa kegiatan yang sering Saya lakukan saat musim panas dan males dirumah. Kegiatan diluar ruangan saat musim panas memang bisa bikin kulit hitam dan masalah kulit lainnya. Tapi buat Saya kegiatan diluar ruangan bisa mengurangi bahkan menghilangkan rasa stres, dan kadang ada saja rejeki yang menghampiri secara tiba-tiba.

Leave a Reply