Kakeibo – Trik Keuangan ala Keluarga Jepang 

469 0

Bagi kalian yang mungkin sedikit kesulitan untuk mengatur keuangan kalian, teknik kakeibo mungkin akan membantu kalian mengatasi masalah tersebut. 

Kakeibo (diucapkan ‘kah-keh-boh’), merupakan istilah dari bahasa Jepang yang   berarti “buku rekening rumah tangga.”

Kakeibo sudah diperkenalkan sejak tahun 1904 oleh jurnalis wanita pertama Jepang bernama Hani Matoko. Kini, metode ini kembali menjadi populer setelah rilisnya buku berjudul Kakeibo: The Japanese Art of Saving Money yang   ditulis oleh Fumiko Chiba.

Perlu disadari Mengatur keuangan merupakan hal yang   gampang gampang sulit, jadi jangan anggap kegagalan kamu mengatur keuangan menjadikan kamu terpuruk dan hilang semangat. Disisi lain menjadi pribadi yang dapat mengatur keuangan dengan baik adalah salah satu pencapaian dalam hidup. 

Dengan begitu kamu akan termotivasi untuk menjadi orang yang   berhasil mengatur keuangan dengan bijak. Nah, Kakeibo adalah salah satu metode yang   menarik untuk kamu jadikan contoh untuk kamu kedepan. 

Menariknya, karena kakeibo termasuk metode yang cukup tua umurnya. Maka untuk mempraktekan teknik kakeibo tidak memerlukan alat yang canggih, cukup dengan niat, semangat, telaten, beberapa amplop serta sedikit kemampuan analisa. Mudah bukan ? 

Kunci dari teknik kakeibo hanya pada ketelatenan kamu mencatat aliran keluar masuk uang yang   kamu miliki serta kemampuan kamu menganalisa kebiasaan belanja yang   kamu atau keluargamu lakukan setiap bulannya. 

pexels.com

Dalam prakteknya, kamu perlu menjawab empat pertanyaan dasar keuangan kamu, yaitu : 

– Berapa banyak uang yang kamu miliki?

– Berapa banyak uang yang kamu simpan?

– Berapa banyak uang yang akan dibelanjakan?

– Bagaimana cara memperbaikinya agar lebih baik lagi?

Jangan lupa catat jawaban kamu agar kamu memiliki data yang   akurat dari jawaban pertanyaan dasar teknik kakeibo. Selanjutnya kamu dapat menemukan formulasi penghematan apa yang   harus kamu lakukan dengan bantuan 5 langkah berikut ini : 

Catat Secara Rinci Seluruh Pemasukan dan Pengeluaran 

Jika selama ini kamu belum terbiasa mencatat, maka kebiasaan ini adalah hal pertama yang    perlu kamu ubah. Jika kamu serius berubah maka hal pertama yang   harus telaten kamu lakukan adalah catat pemasukan dan pendapatan kamu mulai dari harian hingga tahunan.  

Agar hidupmu tetap berwarna jangan lupa catat juga pengeluaran tambahan yang   menunjang aktivitas kamu, seperti biaya nongkrong hingga biaya tak terduga lainnya. 

Biaya tak terduga sangat penting untuk dicatat Demi menjaga kamu untuk tetap stay pada rencana kamu di awal, perlu diingat tinggal di Indonesia akan banyak sekali pengeluaran tak terduga (kondangan, study tour hingga kenaikan biaya administrasi bulanan) 

Tentukan Jumlah Uang Untuk Ditabung 

Mengeluarkan uang untuk ditabung di awal masa perencanaan adalah hal yang   bijak karena jika tidak, seringkali terjadi tidak ada uang sisa untuk ditabung. 

Kamu tidak mau terjebak dalam siklus Rat race bukan ? 

Dengan menyisihkan di awal kamu sudah bijak menyisihkan uang kamu untuk perencanaan dan tujuan keuangan kedepan, good luck ! 

Buat Anggaran Pengeluaran

Dalam konsep Kakeibo, ada empat elemen penting dalam pembagian pengeluaran, yaitu:

– Survival: Berisikan daftar kebutuhan pokok seperti makanan, transport, biaya tempat tinggal, dll.

– Optional: Merupakan kebutuhan sekunder seperti hiburan, liburan, belanja fashion, nongkrong atau makan di luar, dll.

– Culture: Merupakan kebutuhan tambahan akan wawasan, seperti langganan streaming film dan musik, majalah, buku, dll.

– Extra: Merupakan pengeluaran lain seperti biaya perbaikan rumah, biaya servis kendaraan, kado pernikahan, dll.

Perlu dicatat bahwa kamu harus menambahkan pengeluaran tahun an yang kamu tanggung, seperti tagihan pajak kendaraan bermotor hingga alokasi liburan bersama keluarga. 

Siapkan Amplop Rencana Pos Pengeluaran

Kakeibo memiliki ciri khas yang   sangat unik, mengingat kakeibo ditemukan pada masa jauh ditemukan system modern. Alih alih membuatmu pusing dengan mekanismenya. 

Pada kakeibo kamu hanya memerlukan amplop untuk membagikan uang ke dalam beberapa pos pengeluaran yang   sudah kamu buat sebelumnya. 

Masing-masing pos pengeluaran diberi amplop berbeda dan terpisah, kemudian di bagian luar setiap amplop diberi nama sesuai pos tujuan pribadi yang   telah kamu siapkan sebelumnya seperti  ‘Biaya Makan’, ‘Belanja Bulanan’, ‘Belanja Online’, hingga “Biaya Pajak Tahunan”

Dengan begini kamu akan lebih terbantu untuk menggunakan dana yang   telah direncanakan sebelumnya, dan kamu akan Mudah mengontrol pengeluaran. Perlu dicatat bahwa jika uang dalam amplop sudah habis kamu dilarang untuk mengambil dari amplop lainnya. 

Hal Ini untuk menguji  kedisiplinan kamu dalam mengontrol uang namun jika memang terdesak, kamu sendirilah yang dapat menentukan skala prioritas. 

Evaluasi Keuangan Akhir Bulan 

Proses ini bisa sebenarnya dapat dilakukan mulai dari harian hingga bulanan. Namun atas pertimbangan waktu dan keefektivitasan kamu dianjurkan untuk melakukan nya sehari sekali. 

Namun tidak secara detail dan hanya mencatat pengeluaran yang   kamu “sesali” agar tidak terulang di kemudian hari. Mengingat pada masa itu masih segar diingatan mengenai pengeluaran yang   kamu lakukan. 

Pada akhir bulan kamu dapat analisa lebih lanjut catatan pengeluaran yang kamu sesali dan beri catatan personal atas pengeluaran tersebut. 

Jika ternyata sudah sesuai dengan rencana, bahkan ada sisa dari pos rencana, berarti kamu sukses menerapkan metode Kakeibo. JIka sebaliknya, jangan risau kamu bisa mencobanya bulan depan. 

Hidup bagaikan sedang lari marathon, maka pandai pandai kita mengatur tenaga, tekad dan upaya kita menuju garis finis — RMND 

Rio Aditya Ermindo

Rio Aditya Ermindo

Follow my instagram @rioadityae

Leave a Reply