Jejak Digital dan Windows 11

451 2

Artikel ini bukan ditujukan untuk media judgement namun hanya bertujuan untuk dapat menunjukkan betapa pentingnya jejak digital dan akun digital yang kita miliki — RMND 

Belakangan ini muncul di pemberitaan mengenai update windows 11, sesuatu yang membawa suasana baru untuk kita yang sedikit jenuh berada di rumah. Tampilan yang lebih sederhana, modern, dan yang paling penting memberikan suasana baru di tengah pandemi yang membosankan.

Menurut saya tampilannya sangat menarik untuk dapat dicoba, lagipula tersedia opsi upgrade gratis dari versi Windows 10. Dengan munculnya varian atau seri baru dari keluarga sistem operasi Windows, Microsoft menunjukkan bahwa mereka selalu melakukan perkembangan fitur hingga keamanan Windows.

Namun, disisi lain Microsoft menunjukkan pelajaran penting bagi kita sebagai generasi muda yang sering disebut sebagai manusia millenial. Generasi yang terbiasa dibanjiri oleh berita, informasi dan jejak digital yang hampir tidak dapat dihapus. 

Seperti dilansir winpoin.com, Microsoft mengkonfirmasi bahwa Windows 10 bakal menjadi Windows versi yang terakhir. Dengan dijadikannya Windows 10 sebagai versi Windows yang terakhir ini juga merupakan bagian dari diubahnya status Windows dari sebuah software menjadi sebuah layanan.

Perubahan status yang diberikan Microsoft pada Windows ini akan berdampak pada kewajiban Microsoft untuk terus mengirimkan update fitur dan security secara rutin kepada pengguna Windows begitu update tersebut tersedia.

Namun di tahun 2021 Microsoft seperti melanggar janjinya sendiri, namun setidaknya tidak akan ada pihak yang akan menuntut Microsoft. Karena hal ini sangat lumrah terjadi dalam bisnis dimana kesepakatan dapat berubah setiap saat. 

Namun apa yang terjadi jika hal ini terjadi pada pejabat publik, publik figure hingga diri kita sendiri. Maka penting untuk mengetahui cara mengelola akun digital dan jangan sampai diri kalian sendiri atau orang lain melakukan hal yang tidak baik melalui akun tersebut. 

Jejak digital hampir tidak dapat dihapus, jejak digital akan bertahan selama internet masih ada. Maka penting untuk dapat menjaga aset digital dan jejak digital diri kita dengan baik dari tangan tangan jahil yang tidak bertanggung jawab.

Beberapa ethical yang akan membantu diri kita dalam menjalani kehidupan digital : 

Berpikir Bahwa Percakapan Anda di Rekam

Mulailah berpikir bahwa setiap tulisan anda baik percakapan personal, bisnis, hingga update di social media terekam dan tercatat. Karena kenyataannya semua percakapan kita tercatat di dalam machine yang kita sebut server, dan data yang ada di dalam server besar kemungkinan dapat bocor di kemudian hari oleh sebab yang beraneka ragam.

Namun yang kita takutkan di kemudian hari adalah kemungkinan statement dalam percakapan kita di sebar luaskan dan ditambah dengan sedikit bumbu bumbu ala netizen. Kemungkinan terburuk yang dapat terjadi adalah statement anda dipotong dan dibuat sedemikian rupa demi kepentingan pihak tertentu. 

Simpan Password Anda Dengan Baik 

Hal ini sangat penting untuk menjaga akun anda dari pihak yang bertanggung jawab, saya sendiri mengalami bahwa akun twitter yang saya miliki @rioadityae dan @rioermindo sudah tidak dapat saya akses. 

Email di akun twitter saya @rioadityae nyangkut di Samsung S8/9 dan faktanya saya tidak pernah memiliki device Samsung. Baru baru ini, akun twitter @rioermindo juga tidak dapat diakses karena email diubah ke yahoo mail sedangkan saya sudah lama sekali tidak punya akun email di yahoo.

Sehingga saya hampir tidak memiliki akun twitter pribadi dan hanya memiliki instagram @rioadityae dan @rioermindo sebagai akun cadangan. 

Solusi yang saya lakukan adalah dengan banyak menggunakan private email dalam melakukan register akun sosmed yang saya miliki. Hal ini menghindarkan diri saya dari serangan hacker ke pusat data email publik gratisan, walaupun saya tidak dapat menjamin email saya aman dari serangan hacker namun setidaknya saya sudah berusaha.

“Do your best and let Allah do the rest”

Jangan Over Rate 

Kurangi komentar anda yang terlalu mendukung salah satu tokoh atau topic tertentu, pastikan dukungan anda tidak menjadi boomerang bagi anda sendiri di kemudian hari. Ingatlah pepatah lama “Mulutmu harimaumu” 

Jika anda mendukung A yang bersaing dengan B, daripada anda mengeluarkan komentar pedas tentang B. Anda bisa mendukung A, dengan cara menunjukkan sisi terbaik A menurut anda.

Tepat Menempatkan Sesuatu 

Tempatkan akun digital anda selayaknya identitas resmi anda di dunia nyata, gunakan dan jaga akun digital tersebut dengan baik. Jika anda berpikir bahwa akun digital anda selayaknya KTP anda di dunia nyata, tentu anda akan menjaganya dengan serius bukan !

Jangan sampai informasi ini berhenti di kamu, dan kamu dapat dengan mudah membagikan informasi ini dengan orang lain dengan klik tombol dibawah ini !

Rio Aditya Ermindo

Rio Aditya Ermindo

Follow my instagram @rioadityae

2 comments

  1. Informasi tentang windows 11 yang terbaru ini sangat bermanfaat!

  2. certainly like your web site however you need to test the spelling on quite a few of your posts. Many of them are rife with spelling issues and I in finding it very troublesome to inform the truth then again I¡¦ll certainly come again again.

Leave a Reply