Jadwal Buka dan Syarat Berkunjung : Perpustakaan Nasional Jakarta

397 1

Perpustakaan Nasional yang berlokasi di jantung Ibukota Jakarta, banyak sekali menjadi tujuan bagi para pecinta buku, mahasiswa hingga akademisi yang ingin mendapatkan referensi dari penelitiannya.

Pertama kali penulis mengenal Perpusnas adalah pada saat penulis kesulitan menemukan buku referensi untuk menyelesaikan skripsi keuangan penulis, dan pada saat itu penulis mendapat masukan dari salah satu dosen untuk mencari referensi di Perpusnas.

Ada banyak buku yang tersedia di perpustakaan ini, beberapa diantaranya bahkan dapat dipinjam untuk dibaca di rumah. Namun anda harus menjaga keadaan buku yang dipinjam sebaik mungkin. Karena koleksi perpusnas termasuk komplit karena penulis mendapatkan referensi yang dicari.

Lokasi Perpustakaan Nasional berada di Jalan Medan Merdeka Selatan nomor 11, Jakarta Pusat. Lokasi Perpusnas berdekatan dengan kantor  Balai Kota Jakarta dan sangat mudah dijangkau dengan transportasi publik transjakarta.

Berikut jadwal Perpustakaan Nasional hingga syarat masuknya:

Jadwal Operasional

Perpustakaan Nasional kembali dibuka setiap hari, mulai tanggal 5 Juni 2021. Setelah sebelumnya sabtu dan minggu tidak dibuka untuk umum.

Jam Operasional Perpusnas :

Senin – Jumat : 08.00 – 16.00 WIB

Sabtu – Minggu  : 09.00 – 15.30 WIB

Pada hari libur nasional dan cuti bersama, perpusnas tidak buka.

Kuota layanan perpusnas dibatasi sebesar 2.000 orang per hari, maka setiap pengunjung harus bersabar jika tidak bisa masuk akibat dari terbatasnya kuota.

Source : twitter.com/perpusnas1

Syarat Berkunjung

Syarat utama berkunjung dan mengakses fasilitas yang ada di Perpusnas adalah memiliki kartu anggota, namun jangan khawatir karena anda dapat membuatnya onsite di sana.

Selama masa pandemi covid19,ada beberapa aturan tambahan untuk para pengunjung perpusnas. Antara lain :

– Menjaga protokol kesehatan

– Lakukan booking kunjungan secara online melalui http://kunjungan.perpusnas.go.id dan bersabar jika kuota sudah penuh.

– Isi nama lengkap, nomor induk kependudukan dan nomor handphone. Kemudian, kita akan mendapat QR code.

– QR code ini nantinya akan diperiksa di pintu masuk gedung Perpusnas.

Cara Meminjam Buku

Pengunjung akan mencari buku incaran melalui database maupun sistem arsip yang ada di Perpusnas melalui bantuan kartu member.

Jika ternyata buku yang diinginkan memungkinkan untuk dipinjam, pengunjung dapat mengatur peminjaman ke staf perpusnas dengan menggunakan kartu anggota.

Tata Tertib

Kartu anggota yang dimiliki setiap pengunjung tidak boleh dipinjamkan ke orang lain, karena setiap pengunjung hanya boleh memiliki satu kartu anggota.

Jika kartu hilang atau tertinggal, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan staf disana karena akan diberi solusi. Pada saat itu kartu saya tertinggal dan diberi solusi login dengan web untuk membaca onsite namun tidak bisa melakukan peminjaman (pengalaman)

Jangan sampai informasi ini berhenti di kamu, dan kamu dapat dengan mudah memberikan informasi ini ke orang lain dengan klik tombol dibawah ini !

Rio Aditya Ermindo

Rio Aditya Ermindo

Follow my instagram @rioadityae

1 comment

  1. Hehehe waktu itu dateng tapi gak tau kalo harus booking antrean dlu alhasil disuruh pulang😅, owh ya jangan lupa kunjungi web saya ya https://denkutech.xyz

Leave a Reply