Growth vs Fixed Mindset : Yuk Kenali Lebih Dekat ! 

452 0

Istilah growth dan fixed mindset mungkin sudah sangat umum kamu dengar sehari hari. Namun, apakah kamu sudah kenali ciri dan efeknya masing masing ? 

Fixed dan growth mindset adalah pola pikir manusia general yang sangat berbeda dan dapat dikatakan berseberangan satu sama lainnya. Jadi dimulai dari namanya memang sudah tidak  bisa disamakan dan ada banyak orang di dunia dengan pola berpikir yang berbeda beda. 

Mengenal istilah fixed dan growth mindset pertama kali dicetuskan oleh peneliti Universitas Stanford yaitu Prof Carol Dweck. Ia adalah peneliti sekaligus penulis buku terkenal.

Dalam penelitiannya ia mencoba menjelaskan bahwa pola pikir manusia memiliki keyakinan yang berbeda beda. Hal tersebut dapat menyebabkan munculnya pola pikir yang berbeda dan menarik untuk diteliti lebih dalam. 

Untuk memudahkan batasan pembahasan, akan kita pelajari satu per satu ciri hingga batasan yang ada dari kedua pola berpikir ini. Dengan begitu diharapkan kita dapat saling belajar mengenai growth dan fixed mindset. 

paxels.com

Fixed Mindset 

Fixed mindset adalah pola pikir tetap dimana bakat adalah hal mutlak. Penganut paham ini berpikir bahwa bakat dan kemampuan dalam diri seseorang adalah fixed dan tidak bisa dikembangkan atau diubah sama sekali.

Jadi apa yang ada dalam dirinya baik kecerdasan hingga bakat lainnya sangat mustahil untuk berkembang diluar dari apa yang sudah ia miliki. Penganut paham ini berpandangan bahwa mencapai kesuksesan lebih dari apa yang ia miliki adalah hal yang tidak mungkin dan perjuangannya berhenti sampai disitu saja.

Para penganut fixed mindset berpikiran bahwa semua sudah ditetapkan dari lahir. Upaya untuk mencapai kesuksesan adalah tindakan percuma dan tidak akan tercapai. Penganut paham fixed mindset cenderung akan sangat mudah menyerah ketika sedang dihadapkan dalam kondisi mustahil dan belum dicoba secara maksimal. 

Ciri lainnya adalah mereka selalu berkecil hati saat mendapatkan penolakan atau kegagalan yang berakibat kepada sulitnya mereka untuk berkembang. Hal Ini harus diubah karena menghambat perkembangan diri kamu sendiri. 

Growth Mindset 

Orang-orang dengan pemikiran growth mindset memiliki pemikiran yang lebih terbuka, dan mereka sangat menyadari bahwa kualitas seseorang bisa didapatkan lewat usaha dan tekad. 

Allah tidak akan mengubah suatu kaum, jika kaum itu sendiri tidak berupaya mengubahnya sendiri —- Qur’an 

Para penganut paham growth mindset, sangat menghargai yang namanya proses dan menganggap kegagalan adalah salah satu jalan  yang harus dilewati untuk mencapai kesuksesan. 

Ketika mereka menghadapi halangan dan rintangan mereka akan semakin termotivasi untuk dapat menyelesaikannya. Tidak mengherankan mereka dapat menguasai hal baru walaupun mengalami kesulitan di awal. 

Pada saat melakukan satu kesalahan mereka tidak fokus pada kesalahan tersebut namun justru melakukan introspeksi diri. Karena percaya bakat saja tidak cukup tanpa ditunjang kerja keras untuk lebih baik.

Namun kunci untuk menjadi growth mindset adalah dengan hidup tanpa rasa iri, sirik dan dengki. Hiduplah dalam cinta dan kasih tanpa mengharap kasih itu berbalik. 

Sekecil apapun peran yang kau pikul, kau akan tetap menjadi pemimpin besar bagi dirimu sendiri dan sebesar apapun peran yang kau pikul, kau tetap menjadi hamba bagi Allah — RMND 

Hidup adalah pilihan, tidak ada yang bisa tentukan pola pikir terbaik untuk semua orang. Namun, jika kamu sendiri berpikir pola pikir kamu harus diubah menjadi lebih baik. Tidak akan ada orang yang dapat menghalangi dan kamu lah yang kelak akan mendapatkan hasil yang positif.

Rio Aditya Ermindo

Rio Aditya Ermindo

Follow my instagram @rioadityae

Leave a Reply