Gambaran Umum Investasi Untuk Generasi Muda

291 0

Investasi merupakan instrument penting yang harus di bangun secara dini untuk menunjang kehidupan yang akan datang, dalam hal ini kita harus mempunyai ilmu yang tepat agar investasi tidak salah dalam memilih instrumen investasi yang tepat.

Apalagi di masa muda seperti saat ini rasa nya agak sulit dalam hal tidak mengikuti ego dalam hal konsumtif seperti membeli barang-barang yang lagi trend saat ini atau hal-hal yang menaikkan status sosial seperti nongkrong bersama teman-teman di kafe dan lain sebagai nya.

Wajar sekali sebagai anak muda yang ingin dipandang sebagai orang yang selalu mengikuti arus tren masa kini dan ingin menunjukan jati diri nya di depan banyak orang. 

Tapi perlu diingat bahwa jangan sampai kita terlarut akan masa-masa seperti itu yang akan membuat kita membuang waktu dan akhir nya menyesal di kemudian hari ketika beranjak umur 22 tahun keatas.

Maka dari itu luangkan lah waktu di masa-masa muda seperti memulai investasi ke diri sendiri, karena itu merupakan aset yang penting dalam meningkatkan nilai atau value kita dalam hal soft skill maupun hard skill. 

Yang akan menunjang karir kita apalagi jika kita memulai karir tersebut dari awal untuk memulai nya. Sehingga kita tidak kalah saing dalam hal mungkin saat mencari pekerjaan atau memulai usaha sendiri.

Baru kemudian jika sudah memiliki pondasi yang kuat dalam investasi diri sendiri dan tentu nya mendapatkan karir yang cukup mapan dalam hal pekerjaan, barulah mencoba untuk investasi finansial. 

Instrumen investasi finansial yang paling aman di coba seperti reksadana, karena reksadana ini bisa dengan modal yang kecil dan kita sebagai investor tidak perlu sulit untuk proses membangun portofolio saham. 

Pada dasar nya investasi reksadana itu sama saja seperti menabung, beda nya uang yang kita taruh di salah satu jenis reksadana yang kita pilih akan diatur oleh manajer investasi.

Inti nya kita harus sadar bahwa investasi sejak muda itu penting dan memang harus ada edukasi khusus tentang hal ini, karena masih banyak anak muda yang masih belum begitu peka akan hal investasi. 

Baik investasi dalam hal untuk diri sendiri maupun finansial, dan perlu di perhatikan juga bahwa yaitu ada nya investasi sosial, mungkin yang satu ini lebih bentuk rasa simpati kita terhadap orang-orang di sekitar kita yang secara ekonomi nya rendah.

Maka dari itu sebagai penutup kita sebagai sesama masyarakat tentu nya ada tanggung jawab sosial bagi masyarakat yang lain nya yang secara ekonomi rendah.  

Ilham Rizaldi

Ilham Rizaldi

Follow my instagram @ilhamrzldii

Leave a Reply