Download File ISO Windows 10 Tanpa Media Creation Tool

335 0

Ketika Kamu mengunduh file ISO Windows 10 dari website resmi Microsoft menggunakan komputer Windows, Kamu akan diminta untuk mengunduh Media Creation Tool terlebih dahulu. Kecuali Kamu download file ISO nya dari Linux atau MacOS, maka akan langsung dihadapkan pada halaman download ISO Windows 10. Tapi buat Kamu yang cuma punya komputer Windows, begini lah cara download file ISO Windows 10 tanpa Media Creation Tool.

Tidak seperti beberapa tahun lalu, ketika Kamu membeli sistem operasi Microsoft Windows original, Kamu akan mendapatkan lisensi dan sekaligus CD atau DVD installer. Kamu tidak perlu download file ISO Microsoft Windows dan kemudian membuat bootable USB atau DVD Windows menggunakan aplikasi seperti Rufus atau Windows 7 USB/DVD Download Tool yang digunakan sebagai media instalasi Windows nantinya.

Sebetulnya dengan Media Creation Tool Kamu dimudahkan untuk membuat bootable Windows 10 tanpa harus menggunakan aplikasi seperti Rufus. Namun memang, untuk Saya sendiri lebih enak download file ISO Windows 10 lalu membuat bootable nya dengan Rufus atau aplikasi yang sejenis. Mungkin karena sudah kebiasaan sejak lama jadi enggan pindah dengan sesuatu yang baru meski itu lebih memudahkan.

Untuk mendownload file ISO Windows 10 seharusnya memang dari situs download Microsoft langsung, jangan dari pihak ketiga yang banyak bersebaran di dunia maya. Karena dikhawatirkan situs penyedia download tersebut telah memasukkan malware atau program jahat ke file ISO nya yang malah bisa merusak dan mencuri data Kamu.

 OK, begini caranya download file ISO nya tanpa Media Creation Tool. Langkah demi langkah

Pertama jalankan browser Google Chrome dan kemudian buka Windows 10 download page. Klik ikon Customize and control Google Chrome  yang ada di sudut kanan atas, pilih More tools dan kemudian pilih Developer tools.

Pada jendela developer tools yang muncul, klik ikon Customize and control DevTools  yang ada di sudut kanan atas (yang titik tiga itu), pilih More tools dan kemudian pilih Network conditions.

Di tab Network conditions, hilangkan tanda centang di kotak centang (check box) Select automatically dan kemudian pilih user agent, misalnya Android(4.0.2) Browser Galaxy Nexus.  Kamu  bisa juga memilih salah satu user agent lain yang ada dalam daftar yang ditampilkan.

Kemudian refresh Windows 10 Download page. Sekarang, Kamu dapat langsung melihat kotak tarik turun (drop-down box) untuk memilih edisi Windows 10 yang file ISO akan diunduh.Saat artikel ini dibuat update terakhir Oktober 2020.Klik tombol confirm.

Kemudian pilih bahasa apa yang mau digunakan, dalam contoh ini Saya memilih English. Kamu bebas memilih bahasa apa yang mau dipakai. Kemudian klik confirm lagi.

Baru kemudian muncul pilihan download file ISO Windows 10, Kamu bisa memilih sesuai dengan versi komputer yang Kamu gunakan 32 bit atau 64 bit. Kebanyakan untuk komputer keluaran terbaru sudah menggunakan 64bit semua jarang yang 32bit, kecuali untuk komputer keluaran lama.

Tinggal nunggu sambil ngopi dan makan indomie sampai file ISO Windows 10 selesai didownload. Lama tidaknya download tergantung dari kecepatan dan kestabilan koneksi internet Kamu. Pastikan saat mendownload kondisi internetmu sedang baik tidak putus nyambung karena akan berdampak pada file yang korup. Kondisi cuaca juga sangat berpengaruh pada koneksi internet kamu, sebaiknya download lah ketika cuaca sedang tidak hujan. Karena biasanya koneksi wireless mudah sekali terganggu oleh cuaca buruk. Beda halnya bila koneksi internet yag kamu pakai berbasis kabel fiber optik yang cepat dan stabil.

Masalah ini sering dialami oleh banyak orang pemula dan menanyakannya di grup. Kamu gak mau kan sudah susah payah nunggu lama download file ISO yang ukurannya gede banget, tapi filenya korup. Atau baru ketahuan korup filenya pas sudah dalam bentuk bootable dan mulai di install di komputer. Jadi terpaksa deh instalnya ke tukang service yang harganya cukup mahal untuk kantong pelajar dan pengangguran.

Semoga artikel ini bisa membantu teman-teman semua, yang sedang belajar install komputer dan harus download  file ISO Windowsnya namun tidak terhalang oleh Media Creation Tool.

Leave a Reply