Digital Nomads : Solusi Ekonomi Indonesia Kedepan

614 0

Tidak ada pisau yang jahat dan tidak ada teknologi yang buruk, semua kembali pada kepada siapa hal tersebut dipergunakan — RYND

Pandemi memaksa kita untuk tetap beraktivitas namun dengan segala batasan ruang gerak secara fisik, namun dengan hadirnya teknologi digital kehadirannya banyak membantu semuanya menjadi lebih mudah.

Kehadiran dunia digital tidak hanya mempermudah kita dalam berkomunikasi namun juga dapat berdampak pada sendi sendi kehidupan modern lainnya.  Kita dapat secara instan dan mudah mengakses kebutuhan modern seperti kegiatan perbankan, memesan makanan, berbelanja online hingga mencari pendapatan secara online. 

Dengan segala kemudahan yang ditawarkan dunia digital, hal ini berdampak pada munculnya jenis lifestyle baru yaitu digital nomad, sebenarnya apa itu digital nomads ? 

Apa itu digital nomads ? 

Digital Nomad tersusun dari dua kata kunci yaitu, digital dan nomads atau nomaden. Dengan kata lain Digital Nomad adalah istilah yang diambil oleh para kaum milenial yang memutuskan untuk bekerja dengan menggunakan bantuan teknologi sepenuhnya dan tidak terikat oleh tempat dan waktu. 

Para digital nomads dapat bekerja dimana saja dan tidak terikat oleh aturan formal bekerja. Mereka dapat menyelesaikan pekerjaannya dari belahan dunia manapun asalkan ada jaringan internet disana. Sehingga pekerjaan tetap dapat dilakukan walaupun tidak hadir ke tempat kerja.

Beberapa jenis pekerjaan para digital nomads ? 

Pada dasarnya para digital nomads hampir dapat menjadi pola bekerja semua jenis pekerjaan yang tidak memerlukan kegiatan fisik di dalamnya. Berikut adalah beberapa pekerjaan yang akan menjadi trend para digital nomads :

Freelancer 

Freelancer berpeluang menjadi salah satu trend pekerjaan para digital nomads, karena seorang freelancer dapat memiliki client dari berbagai macam latar belakang dan batas negara.  

Professional Consultant 

Pekerjaan profession consultant seperti psychology, akuntan, hingga pengacara sangat besar kemungkinan menjadi salah satu pilihan pekerjaan para digital nomads. Hubungan konsultasi dengan client dapat dilakukan secara digital.

Entrepreneur Digital 

Seseorang dengan bidang usaha menjual dan memproduksi produk digital seperti web development, app development hingga penjual produk digital berpeluang besar menjadi pilihan para digital nomads. 

Hal yang harus disiapkan ? 

Menjadi digital nomads bisa dibilang gampang gampang susah, karena dengan menjadi digital nomads kita akan terlepas dari batasan rutinitas yang selama ini banyak kita lakukan. Alat tempur yang kalian harus siapkan sebagai digital nomads antara lain : 

Mental 

Sebagai digital nomads tidak akan ada yang akan menegur anda jika bangun kesiangan atau mendikte anda jika project yang anda kerjakan hampir mendekati deadline. Maka hal yang harus anda siapkan pertama kali adalah mental untuk bertanggung jawab kepada diri sendiri. 

Akses Internet 

Akses internet menjadi hal yang krusial untuk menunjang pekerjaan anda sebagai digital nomads, karena tanpa akses internet yang baik anda tidak dapat mengerjakan pekerjaan anda dengan baik. 

Pastikan kamu memilih provider internet yang terbaik karena jika zaman bersekolah dulu ada istilah “posisi menentukan prestasi” maka sebagai digital nomads akan ada istilah baru yaitu “kualitas internet menentukan prestasi” eh.

Alat Pendukung 

Sebagai digital nomads anda akan bekerja dimana saja anda suka, maka anda sendiri pula yang menentukan dan menyiapkan alat pendukung untuk menunjang pekerjaan anda sebagai digital nomads. 

Beberapa alat yang akan menunjang kamu antara lain : alat komunikasi yang memadai, rek bank yang sesuai hingga alat penunjang lain seperti fashion yang menarik. Ingat, kamu akan bertemu orang yang beragam saat melakukan lifestyle digital nomad !

Pilih Bidang Spesifik

Dengan menjadi digital nomad berarti kamu memutuskan untuk bekerja mandiri, dan penentu kesuksesan ada di diri kamu sendiri. Fokus dan berkomitmenlah pada apa yang sedang kamu perjuangkan sejak lama. 

Kumpulkan Portfolio

Sebagai digital nomads kamu harus rajin sharing tentang apa yang pernah dan sedang kamu kerjakan. Karena hal ini akan menunjukkan sisi value kamu di mata client, audience hingga calon client baru kamu

Atur Waktu 

Ingat, dapat bekerja kapanpun dan dimanapun jangan sampai kamu lupa mengurus diri sendiri. Karena tubuhmu juga perlu istirahat dan refreshing, pandai pandailah mengatur waktu.

Nah, itulah sedikit masukan yang mungkin dapat kamu jadikan pertimbangan untuk menjadi digital nomads. Jangan sampai informasi ini berhenti di kamu, dan kamu dapat dengan mudah membagikan informasi ini dengan orang lain dengan klik tombol dibawah ini !

Rio Aditya Ermindo

Rio Aditya Ermindo

Follow my instagram @rioadityae

Leave a Reply