Cara menjaga kesehatan selama pandemi

33 0

Cara menjaga kesehatan selama pandemi – Bagaimana sih, cara menjaga kesehatan selama pandemi covid -19 ini?

Sebagai yang kita tahu, jika pandemi memberikan dampak terhadap kesehatan dan mental setiap orang.

Dampak yang ada juga sangat berbahaya, dan sebaiknya kita dapat mencegah kesehatan dan mental dengan baik.

Dampak dan virus covid-19 ini telah tersebar pada seluruh dunia dan Indonesia juga terkenda dampak dan virus ini.

Korban dari covid-19 terus mengalami pertambahan yang begitu cepat. Hal ini tentunya membuat banyak orang khawatir.

Memang dalam menjalani kehidupan terkadang ada yang namanya sedang sulit-sulitnya.

Baik dari sektor pendidikan anak, pekerjaan atau yang lainnya. Namun, semua alasan tersebut jangan sampai membuat kamu stress dan depresi.

Hal ini akan membahayakan kesehatan mental kamu. Maka dari itu, berikut ini adalah cara menjaga kesehatan mental selama pademi yang wajib dipahami bersama-sama.

Cara menjaga kesehatan selama pandemi

1. Mampu membedakan hari kerja dan hari lainnya

Selama pandemi pemerintah menyarankan untuk kita melakukan semua kegiatan dalam rumah. Yang biasanya kita bekerja menggunakan pakaian yang rapih.

Namun adanya pandemi, mengubah semua rutinitas yang ada. Selama covid-19 kamu bisa bekerja dengan pakaian santai bahkan bisa-bisa lupa terhadap hari.

Berikut ini merupakan tips agar kamu tidak bosan dalam rumah agar tetap menjalankan rutinitas seperti biasanya, cobalah untuk menggunakan pakaian seperti dahulu dan tetap memiliki waktu untuk pekerjaan dan kegiatan lainnya. Dengan demikian jadwal yang kamu miliki akan teratur dan dapat membedakan hari kerja dengan hari biasanya.

2. Bijak memilah dan memilih informasi

Era modern seperti saat ini banyak informasisi yang kita dapatkan dengan cara mudah, bahkan banyak juga informasi yang terupdate setiap harinya.

Namun tahukah kamu jika tidak semua informasi yang ada memberikan dampak baik terhadap kita, terdapat beberapa informasi yang dapat membuat kita semakin cemas dan takut dalam menjalani hari.

Maka dari itu mulailah dalam memilih dan memilah informasi, jangan sampai kamu menelan suatu informasi yang belum tentu kebenarannya. Hal ini dapat menurunkan atau mengurangi kecemasan dalam menjalani hari.

Dalam memilih informasi pilihlah sesuatu yang bijak dan kritis dalam membaca berita. Harus tetap terupdate agar tidak ketinggalan berita.

3. Menjaga komunikasi baik antar sahabat

Pandemi ini bukanlah suatu alasan untuk memutus komunikasi antar sahabat. Luangkan waktu kamu untuk menjaga komunikasi yang baik antar sahabat, dapat melalui media telepon seperti video call atau telepon biasa, dan cukup menanyakan kabar atau menceritakan informasi yang telah kamu terima.

Kamu dapat menceritakan hal-hal yang membuat kamu cemas. Hal ini dapat mengurangi beban pikiran yang ada agar lebih tenang. Jangan ragu untuk menceritakan perasaan yang kamu miliki kepada sahabat.

4. Menghilangkan kebiasaan buruk

Apakah kamu termasuk perokok? Jika iya cobalah untuk menghentikan kebiasaan buruk tersebut secara perlahan. Hal ini bertujuan agar kamu mengurangi risiko terkena infeksi dari virus covid-19.

Hal ini berlaku bagi kamu yang mengonsumsi minuman beralkohol. Jika kamu ingin menjaga kesehatan tubuh tetaplah menghindari kebiasaan buruk tersebut. Hindari juga kebiasaan dalam begadang yang dapat membuat kamu mengalami kecemasan dan mood yang tidak baik.

5. Rutinitas yang kreatif

Selama pandemi tentunya banyak menghabiskan kan waktu di rumah. Hal ini menjadi kesempatan yang apik bagi kamu untuk memanfaatkan waktu luang lebih baik lagi. Caranya dengan membuat rutinitas yang kreatif, misalnya saja kamu dapat menjalankan hobi yang baru seperti: memasak, membaca buku, menanam atau berbudaya ikan di belakang rumah kamu.

Dengan memiliki rutinitas yang baik yang disukai oleh kamu, tentunya dapat menghilangkan rasa jenuh dan kebosanan selama WFH. Dengan demikian kamu dapat menjaga kondisi mental berupa kesehatan pikiran agar tetap positif.

6. Konsumsi makanan bernutrisi

Makanan dan minuman yang mengandung nilai gizi dan bernutrisi bukan saja sehat terhadap fisik, tetapi juga dapat menjaga mental. Karena dengan konsumsi makanan bernutrisi dan bergizi seperti sayuran dan buah-buahan dapat menjaga kesehatan mental kamu. Secara tidak langsung hal ini berlaku bagi kamu yang terkena dampak covid-19 cobalah untuk selalu mengonsumsi makanan yang memiliki nilai gizi dan nutrisi yang tinggi.

7. Sering olahraga

Cara yang terakhir untuk menjaga kesehatan mental dan fisik adalah dengan melakukan olahraga.

Ada banyak sekali olahraga yang dapat kamu coba misalnya saja berjalan atau jogging hal ini dapat meningkatkan imunitas imun yang dimiliki.

Jika kamu melakukan aktvitas fisik maka tubuh kamu akan memproduksi yang namanya hormon endorfin.

Hormon endorfin memiliki menafaat untuk memberikan kebahagiaan terhadap diri kamu.

Berupa menghilangkan stress, rasa khawatir, atau bahkan memperbaiki mood yang tidak enak.

Sponsored Content : Efekjokowi.com

Leave a Reply