Cara Mengubah Drive Icon Windows ke Default

39 0

Pada sistem operasi komputer sering terjadi beberapa masalah dengan tingkatan mulai dari yang sedang sampai tingkat yang tinggi. Terutama sistem operasi windows 10 yang memang kompleks.

Nah, pada kesempatan ini saya kebetulan menemukan masalah pada icon drive yang mana iconnya itu berubah dari yang biasanya berupa icon hardisk yang warnanya abu-abu menjadi icon kertas putih.

Dan bila kalian mengalami masalah yang serupa ini adalah cara mengubah drive icon windows ke default, semoga cara yang saya gunakan ini berhasil juga diterapkan pada sistem windows kalian.

Sebelum masuk ke cara mengubahnya ke default saya ingin sedikit menginfokan mengapa hal ini bisa terjadi. Awalnya saya menginstall suatu software yang berfungsi untuk mengetahui kesehatan pada hardisk di laptop.

Nama softwarenya Hardisk Sentinel, saat sudah diinstal software itu memberikan suatu tanda pada drive yang ada. Mungkin itu artinya bahwa drive tersebut dimonitoring oleh Hardisk Setinel.

Setelah saya pastikan hardisk saya masih baik baik saja beberapa hari kemudian saya uninstall Hardisk Setinel itu karena langsung startup pada saat komputer dinyalakan. Ditambah lagi ia tidak bisa disable di pada task manager, entah saya yang tidak menemuka atau memang tidak bisa.

Namun, setelah software itu saya hapus dengan Hibit Uninstaller dan saya buka file explorer icon drivenya jadi berubah menjadi icon kertas putih seperti yang sudah saya singgung diatas.

Sebetulnya ini tidak menjadi masalah karena hanya iconnya saja yang beruba, tapi karena ini mengganggu buat saya maka saya mencari cara untuk mengubanya mengembalikan lagi ke icon defaultnya.

1.Hal pertama yang dilakukan yakni ke menu regedit terlebih dahulu dengan cara tekan tombol WINDOWS + R dan ketik “regedit” tanpa tanda kutip. Kemudian cari:

-HKEY_LOCAL_MACHINE

-SOFTWARE

-Microsoft

-Windows

-CurrentVersion

-Explorer

-DriveIcons

Bagan diatas saya buat mirip dengan yang di menu registri agar kalian mudah mencarinya.

2.Pada Drive Icons klik kanan dan pilih new key

Hal yang harus diperhatikan adalah kalian sesuaikan newkey nya dengan drive yang kalian miliki,pada kasus saya C dan E.

3.Setelah itu ulangi langkah diatas pada setiap key yang sudah kalian bikin yakni C dan E, namun kali ini nama key nya adalah Default Icon.

4.Tahap selanjutnya, pada key DefaultIcon disebelah kanan kalian double klik (value not set)  lalu akan muncul dialog seperti ini. Dan langsung klik OK aja gak usah diisi apa apa.

5.Maka setelah kalian lakukan seperti diatas maka tulisan (value not set) akan hilang seperti ini.

6.Langkah terakhirnya adalah kalian refresh This PC di File Explorer, bila langkah-langkahnya sudah benar seperti yang saya tulis diatas harunya icon drive kalian sudah kembali ke default seperti ini.

Cara diatas saya gunakan di laptop saya yang menggunakan windows 10, namun cara diatas menurut beberapa sumber bilang bisa juga digunakan di windows sebelumnya mulai dari XP sampai 8.1.

Sampai saat ini saya belum menemukan penyebab umum mengapa drive icon itu bisa berubah, mungkin juga bisa karena virus atau factor lain yang saya kurang tahu. Kasus saya ini khusus, karena saya tahu penyebab errornya atau berubahnya drive icon tersebut sebagai akibat saya install software Hardisk Setinel.

Namun tidak menutup kemungkinan pada kasus lain ada virus yang bisa mengubah drive icon dari defaultnya menjadi hal yang tidak kita inginkan. Dulu awal-awal saya menggunakan komputer dengan sistem operasi windows XP saya sering sekali mengalami banyak masalah seperti ini.

Untuk menangkal masalah ini agar tidak terjadi selalu update antivirus yang kalian digunakan. Pada windows 10 sudah terdapat Windows Defender yang buat saya sudah sangat cukup untuk menangkal berbagai macam malware, yang harus saya lakukan hanyalah selalu mengupdate Windows Defender dan Operating Systemnya.

Hal terakhir yang bisa saya sampaikan adalah hati-hati saat kalian mengoprek registry, karena bisa berakibat fatal pada sistem kalian kalau sampai ada key yang kehapus. Bila kalian mengalami masalah seperti diatas kalian ikuti sajalah bagian-bagian registry mana yang harus dirubah.

Leave a Reply