Cara Menaikan Speed Download IDM

12 0

Aplikasi downloader ini sudah sangat akrab di kalangan para pengguna komputer maupun laptop. Kemudahan akses serta kepraktisan mengunduh itulah yang jadi keunggulan utama di dalam Internet Download Manager berikut.

Pengguna merasa lebih effortless ketika mereka ingin mengunduh sebuah file, dokumen, aplikasi, film maupun video. Sebab banyak yang merasa dimudahkan karena pop up bubble tombol akses download IDM akan muncul diatas file unduhan.

Contoh kasusnya saat membuka video di Youtube, secara otomatis di ujung kanan atas tampilan videonya akan muncul icon bubble Internet Download Manager, dimana jika icon tersebut di klik maka file MP4 akan terdownload secara otomatis.

Kemudian advantage kita pakai aplikasi ini adalah speed download file jadi makin lebih kencang kalau dibanding lewat sistem menu download di masing-masing browser.

Bagi yang belum tahu, sebenarnya potensi kecepatan download dalam IDM itu masih bisa ditingkatkan dari potensi biasanya. Untuk pembahasan lebih detail akan dirangkum dalam segmen cara menaikan speed download IDM berikut ini.

Cara Menaikkan Speed Download IDM

Salah satu keuntungan menggunakan layanan Internet Download Manager ini adalah dapat mempercepat kecepatan download dari biasanya. Ternyata ada metode lain yang sebenarnya dapat mengimprove speed IDM makin lebih cepat.

  1. Atur Batas Kecepatan

Bagi yang belum tahu ada satu tools yang dapat ditemukan di dalam menu Pengaturan dimana tools tersebut mampu mengubah batas ketentuan kecepatan download secara customize. Dan mengaktifkan pembatasan kecepatan itu sebenarnya sangat berdampak dalam peningkatan kecepatan download.

Silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini :

  1. Buka aplikasi Internet Download Manager PC.
  2. Lalu tekan tombol Download.
  • Setelah terbuka jendela pengaturan, arahkan kursor ke menu Pembatas Kecepatan/Speed Limiter. Kemudian klik tombol Pengaturan/Settings.
  • Jika popup window Pengaturan Pembatas Kecepatan sudah muncul, isi kotak kecepatan download maksimum menjadi 20000.
  • Terakhir tinggal tekan OK.
  • Silahkan dicoba.
  • Ubah Pengaturan Koneksi

Cara menaikkan speed download IDM berikutnya bisa dengan mengatur pada bagian menu konfigurasi Internet Download Manager. Namun balik lagi, memaksimalkan batas kecepatan unduh itu harus menyesuaikan juga kemampuan koneksi jaringan masing-masing.

  1. Buka aplikasi IDM PC.
  2. Tekan tombol Download.
  3. Arahkan dan ketuk tombol Opsi/Options.
  • Setelah muncul jendela Internet Download Manager Configuration, silahkan buka bagian menu tab Koneksi/Connection.
  • Pada bagian Connection Type/Speed dapat diubah modenya menjadi High SpeedDirect Connection (Ethernet/Cable) / Wifi / Mobile 4G / Other, atau yang paling maksimal.
  • Ubah juga bagian Max connection number menjadi 32.
  • Terakhir tinggal tekan tombol OK.
  • Silahkan coba.
  • Unduh IDM Optimizer

Jika metode diatas terdengar cukup kompleks dan advance, selanjutnya akan disediakan metode lebih mudah yaitu melalui bantuan tools bernama IDM Optimizer.

Alat ini dipercaya sangat efektif dalam meningkatkan level speed IDM dari batas normal hingga maksimal. 

Cara menggunakannya pun sangat mudah, pertama download terlebih dahulu aplikasi IDM Optimizer lewat link dibawah ini.

Disini

Bila file sudah didapat, tinggal buka aplikasinya dan jalankan program IDM Optimizer.

Tampilan aplikasi ini sangat simpel, untuk mengaktifkannya pun tinggal tekan tombol OptimizeIDM dibagian tengah-tengah pilihan.

  • Ubah Pengaturan Registry

Dengan cara mengedit settingan didalam menu Registry, pengguna bisa meningkatkan kecepatan unduh didalam Internet Download Manager. Ikuti metode dibawah ini untuk lebih detail.

  1. Tampilan jendela Run dengan menekan tombol shortcut Windows + R secara bersamaan.
  2. Setelah terbuka, ketikan perintah “regedit” di kotak pencarian yang sudah disediakan. Tak lupa pencet Enter.
  • Didalam tampilan menu Registry Editor, masuk ke alamat Computer\HKEY_CURRENT_USER\Software\DownloadManager, bisa langsung lewat pencarian kotak diatas, atau mengurutkan folder satu persatu.
  • Bila posisi sudah berada di folder Internet Download Manager, tekan dua kali pada judul ConnectionSpeed.
  • Ubah value data menjadi 999999, biarkan mode Base ada di Hexadecimal.
  • Terakhir tekan OK.
  • Coba digunakan.

Penutup

Kesimpulannya cara menaikan speed download IDM itu bisa melalui 4 metode di atas, sekarang tinggal pilih salah satu cara yang paling gampang, jika ada pilihan yang tidak berhasil, bisa dengan mencoba metode pilihan lainnya. 

Leave a Reply