Cara Mematikan Update Windows 10

274 0

Beberapa pengguna Windows 10 akan selalu mendapatkan notifikasi update sistem secara otomatis yang sudah dijadwalkan oleh pusat untuk meningkatkan performa internal sebuah PC.

Meskipun anda tidak pernah merasa mengunduh atau mengkonfirmasi data update Windows 10, sistem dalam program OS ini telah disetting secara otomatis asalkan perangkat selalu terhubung dengan koneksi internet.

Memang agak sedikit mengganggu, apalagi ketika kita sedang terburu-buru menggunakan perangkat, namun kita dipaksa harus menunggu beberapa saat sampai proses update selesai. Itupun kalau update sistemnya minor, bagaimana jika data improvement-nya tergolong besar, bisa sampai berjam-jam tuh.

Oleh karena itu kita tim Mayanesia akan memberikan tips cara mematikan update Windows 10 lewat beberapa metode dibawah ini.

Kenapa Harus Mematikan Update Windows 10?

Kenapa sih kita perlu mematikan update Windows 10? Ada beberapa alasan kuat mengapa mereka memilih untuk mematikan fitur yang satu ini.

Mostly para pengguna mengeluhkan kuota internet yang tersedot secara massive ketika menghubungkan perangkat ke internet. Windows 10 akan otomatis mengambil data dari pusat jika PC tersambung dengan internet, tanpa mereka sadari penggunaan kuota internet akan habis tanpa ada sebab yang jelas.

Kemudian ada yang merasa ruang penyimpanan disk:C hampir sudah penuh, sistem baru tentunya akan menduduki penyimpanan internal PC yang membuat ruang makin terbatas. Ukurannya pun gak tanggung-tanggung, ada sampai belasan GB bahkan lebih.

Dan terakhir adalah Windows 10 sebelum meminta update, kinerja perangkat seketika menurun, dilihatkan dari gejala lemot, kurang responsif dalam menangkap perintah, dan suka error.

Gak heran kenapa yang banyak cari tahu soal cara mematikan update Windows 10. Namun sebelum ke pembahasan inti, gak ada salahnya kalau anda tahu apa saja kerugian ketika mematikan update Windows 10.

Kerugian Mengupdate Windows 10

Meskipun kita dapat privilege yang diinginkan, namun perlu anda ketahui ada beberapa hal buruk setelah mematikan update Windows 10. Beberapa diantaranya akan kita rangkum dalam poin pembahasan berikut.

1. Perangkat Tidak Kompatibel Dengan Versi Baru

Stuck di versi lawas Windows 10, dapat mengurangi daya jelajah software dan file terbaru. Misalnya, Microsoft akan menghentikan support terbaru termasuk memperbaiki bug pada OS PC anda. Bahkan ada beberapa aplikasi yang tidak dapat terinstall karena tidak support OS terbaru.

2. Perangkat Akan Rawan Terkena Virus

Salah satu tujuan developer memberikan akses improvement update adalah mereka sekaligus menghilangkan bug dan meningkatkan keamanan perangkat dari virus. Berarti resikonya sudah jelas, PC akan rentan terkena virus bahkan tingkatan malware yang berbahaya sekalipun.

3. Perangkat Jadi Kuno Dan Minim Fitur

Jangan kaget kalau anda coba Windows 10 versi terbaru di PC lain dan membandingkan milik pribadi tentu akan sangat jauh. Karena dari segi tampilan interface, banyak hal yang telah Microsoft ubah, kemudian fitur baru perlahan banyak disematkan buat memaksimalkan permintaan pengguna.

Cara Mematikan Update Windows 10

Ada beberapa cara mematikan update Windows 10. Semua metode tersebut sudah tim Mayenesia rangkum di segmen berikut, silahkan ikuti arahannya dan gunakan cara yang paling efektif.

Cara 1 : Mengubah Pengaturan Service

  1. Ketuk shortcut di keyboard Windows + R.
  2. Masukkan perintah services.msc, kemudian Enter.
  • Scroll kebawah dan temukan program Windows Update, klik kanan untuk membuka Properties.
  • Jika sudah muncul jendela Windows Update Properties, arahkan ke tab General, dan ubah Startup Type menjadi Disabled. Lalu tekan tombol Stop.
  • Terakhir anda bisa pencet Apply kemudian OK. Silang program dan restart PC.

Cara 2 : Mematikan Bandwith Internet Dengan Sistem

  1. Koneksikan PC dengan internet.
  2. Tap tombol Start, lalu tekan Settings.
  • Arahkan kursor ke kotak menu Network & Internet.
  • Ketuk tab Status, kemudian masuk ke menu Properties.
  • Scroll kebawah dan centang bagian set as metered connection.
  • Selesai.

Cara 3 : Matikan Update Di Group Policy Editor

  1. tekan tombol shortcut Windows + R.
  2. Masukkan perintah gpedit.mscdan Enter.
  • Pada bagian Computer Configuration, klik Administrative Templates -> Windows Components.
  • Buka folder Windows Update.
  • Cari program bernama Configure Automatic Updates, double klik untuk membuka setting.
  • Ubah modenya menjadi Disabled, terakhir pencet Apply dan OK.
  • Selesai.

Akhir Kata

Kurang lebih seperti itulah cara mematikan update Windows 10, setelah ini tinggal anda terapkan salah satu metode yang efektif dan membantu permasalahan, selamat mencoba. 

Leave a Reply