Cara Melihat Keaslian HP Samsung

107 0

Dijaman yang sudah serba canggih seperti saat ini, ponsel merupakan perangkat yang sangat penting dalam menemani segala aktivitas manusia. Tidak bisa dipungkiri lagi, perangkat yang dulunya hanya digunakan sebagai media komunikasi, ternyata dapat difungsikan untuk merespon segala bentuk perintah guna meringankan pekerjaan manusia.

Contohnya dapat dibuktikan seperti kemampuan HP sanggup menyelesaikan tugas kebutuhan sekolah, membantu dalam urusan pekerjaan, bahkan sampai aktivitas belanja pun tinggal mengoperasikan perintah tombol dalam aplikasi khusus. Tetapi dengan syarat device harus terhubung dengan koneksi internet, sebab semua akses perintah tadi akan diproses lewat layanan berbasis digital yang tersambung secara global.

Tidak heran banyak orang yang kemudian sangat selektif dalam menentukan HP pribadinya masing-masing, entah dari segi kualitas kamera yang porper, kapasitas penyimpanan internal besar, ukuran RAM yang juga besar dan kemampuan prosesor tinggi.

Namun inti terpenting adalah produk HP yang dibeli merupakan buatan resmi dari vendor aslinya. Berkaca dari kondisi segmen market yang semakin luas di pasaran, sangat memungkinkan kalau produsen-produsen tembakan juga ikut meramaikan lewat produk palsu mereka.

Strategi pemasaran yang diserang pertama kali yaitu dari segi harga, lalu menyasar bentuk dan desain yang identik, bahkan spec internal sangat mirip, perusahaan nakal ini kemudian membandrol HPnya dengan harga yang miring.

Khusus buat HP merk Samsung, jenis HP ini sangat banyak model dan tipe HP replika yang tersebar di pasaran, maka dari itu penting buat pengguna tahu cara melihat HP Samsung ori atau palsu.

Cara Melihat HP Samsung Ori Atau Palsu

Pertama dalam mengetahui HP tersebut asli atau bukan bisa dilihat dari bentuk fisiknya. Abaikan persamaan bentuknya, tetapi fokus pengamatan disini lebih melihat dari segi built quality serta QC yang cenderung tidak rapi.

Untuk barang bukan resmi ciri-cirinya punya bahan yang sangat ringkih dan dipegang terasa murahan. Kemudian soal QC atau Quality Control, pasti banyak bagian seperti pengalaman HP kurang sempurna, penempatan logo yang tidak presisi, kemudian lokasi tombol kurang akurat.  

Jika masih terkecoh, silahkan gunakan cara melihat HP Samsung ori atau palsu lewat metode dibawah ini.

1.       Periksa Nomor IMEI HP

Nomor kode dengan formasi unik ini memang dapat berfungsi sebagai acuan dalam mengecek apakah termasuk produk original atau palsu.

Setiap HP memiliki kodenya masing-masing, dan kode ini mendeskripsikan slot kartu untuk chip SIM Card, jika perangkat memakai dual SIM maka kode IMEI juga harus ada dua. Silahkan cek dan cocokan antara kode di dalam HP dengan dus apakah sama atau tidak.

  1. Masuk ke dalam menu Telepon di dalam HP Samsung.
  • Setelah masuk, masukkan kode *#06#.
  • Secara otomatis sistem akan menampilkan nomor kode IMEI dan barcode scan untuk masing-masing nomornya.
  • Silahkan cocokan kode tersebut dengan dus HP-nya, jika sama artinya Ori dan sebaliknya jika tidak sama maka produk palsu.

2.       Cek IMEI Dua Kali Lewat Website Resmi

Terkadang distributor HP KW sudah pintar, mereka dapat mengantisipasi jika suatu saat pembeli mengecek kode IMEI, kode yang tercetak diatas dus meski terlihat sama tetapi sebenarnya itu palsu.

Tenang saja, trik dalam memastikan kode IMEI tersebut memang resmi terdaftar bisa lewat website bernama imei.info.  https://www.imei.info

Informasi yang dimunculkan sudah paten, jika memang tidak sesuai berarti ada yang bermasalah dari produk Hpnya.

  1. Buka aplikasi Telepon HP Samsung.
  • Masukkan kode *#06# untuk mencatat IMEI.
  • Jika sudah tekan tombol OK.
  • Buka Website imei.info https://www.imei.info/
  • Masukan IMEI ke dalam kotak yang sudah disediakan, centang Captchat lalu tekan Check.
  • Perhatikan informasi HP, apakah sudah sesuai atau tidak.

3.       Masukkan Kode Khusus

Selanjutnya cara melihat HP Samsung ori atau palsu dapat dengan mengecek kode rahasia khusus. Kode ini hanya akan terdeteksi khusus untuk HP Samsung, jika tidak bisa artinya ada yang tidak beres dengan jeroan OS atau program bawaan HPnya.

  1. Buka aplikasi Telepon HP Samsung.
  2. Masukkan kode unik *#0*#.
  • Secara otomatis akan muncul menu pengaturan seperti tampilan berikut ini.
  • Selain menandakan jika HP merupakan produk Ori, disini pengguna juga dapat mengetahui kondisi layar, sensor, kamera, flash dan lain-lainnya.

Kesimpulan

Cara melihat HP Samsung ori atau palsu itu juga dapat dengan memeriksa kualitas kamera dan layar. Samsung memiliki teknologi paten yang mereka sebut dengan layar Amoled, dengan teknologi ini tampilan interface layar jadi makin adem dan soft. Coba bandingkan jika sebaliknya bahkan layar terlihat pecah-pecah, bisa dipastikan kualitasnya abal-abal. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply