Cara Cek Kuota Im3 Freedom Terbaru

7 0

Sebelum saya memberi tips cara cek paket kuota im3 freedom terbaru. Saya ingin membagikan sedikit cerita awal sehingga saya bisa tahu cara ini. Jadi sekarang dan mungkin akan seterusnya, saya membeli kartu yang sekali pakai dan buang.

Sebelumnya saya membeli kuota unlimited untuk kebutuhan kuliah online saya. Namun kenapa yang saya rasa paketan unlimited ini makin mahal, meski untuk sosmed dan youtube ada kuotanya sendiri namun gak sebanding dengan harganya. Lalu kemudian ada teman saya yang ngasih tahu kalau dia biasanya beli kartu perdana yang sudah ada kuotanya, dan kalau habis tinggal di unregister dan buang kartunya.

Pertama-tama saya dikasih dia kartu 2Gb dengan harga 10k rupiah. Dari situ saya mulai suka dengan sistem kartu sekali pakai dan buang karena lebih murah buat saya yang pengangguran. Kuota 2Gb buat saya itu cukup untuk sekitar 3 mingguanlah, dengan catatan gak streaming youtube. Sebagai alternatif kalau saya mau streaming youtube, saya beli voucher wifiid yang 5k untuk tujuh jam itu.

Beberapa bulan saya menggunakan kartu 2Gb tanpa ada masalah, setelah registrasi kuota akan langsung muncul di aplikasi myim3. Saya juga biasanya membeli kartu 2 sekaligus biar gak bolak balik ke penjualnya yang agak lumayan jauh. Hal aneh pun terjadi ketika kemarin saya register kartu im3 seperti biasanya, dengan mengirim NIK dan No KK ke sms 4444.

Setelah itu saya cek di aplikasi myim3 tetapi tidak ada kuotanya alias 0. Saya juga cek dengan sms USAGE ke nomor 363, hasilnya saya tidak terdaftar di paketan internet. Saya masih belum panik saat itu, karena im3 di daerah saya kadang suka mengalami gangguan. Apalagi ketika itu hujan turun dengan derasnya dan banjir lah Jakarta.

Keesokan hari ketika cuaca cerah saya kembali mengecek dengan metode yang sama. Lihat di aplikasi myim3, tetap saja kuoatanya 0. Lalu cek USAGE kirim ke 363 hasilnya juga sama seperti sebelumnya.

Saya lalu tanya ke customer service indosat lewat twitter dengan jaringan kartu provider yang lain, dan langsung direspon oleh admin cs indosat twitter.

Dari penjelasan customer service hanya meminta saya untuk mengirimkan nama,nomor telpon yang dimaksut dan tanggal kejadiannya di DM. Dan cs nya bilang paketan sudah aktif. Tapi setelah saya cek tetap tidak bisa. Kecewa dengan hal tersebut saya pun me-unregister sim card dan membuang sim cardnya.

Dihari ini juga saya beli paketan yang 8Gb, masih berpikir menggunakan kartu im3 karena mungkin yang 2Gb itu kartunya sudah error atau gimanalah gak ngerti. Setelah pulang ke rumah dengan kehujanan saya mencoba mengaktifkan kartu im3 tersebut. Dan hasilnya zonk ! tidak ada kuota terlihat di aplikasi myim3. Mencoba dengan mengirim USAGE ke 363 hasilnya pun sama.

Gak mungkin dong kalau kartu yang barusan saja dibeli error atau rusak, tanda tanda kartu ini pernah dipakai alias rekondisi pun gak ada karena tidak ada bekas goresan di plat kuningannya. Akhirnya dengan kesal dan kaki yang sakit saya pun jalan lagi ke penjualnya kenapa paketannya tidak langsung aktif.

Penjualnya pun bingung sampai nelpon ke temannya karena ini baru pertama kali terjadi. Lalu dia menginfokan kalau cara cek im3 freedom yang terbaru yakni *555*268#. Disitu juga diperlihatkan bahwa youtube pun jalan. Akhirnya, gak sia sia saya jalan dengan kaki sakit jauh lagi jalannya.

Dari kejadian ini seharusnya pihak im3 memberi tahu terlebih dahulu ke konsumen bila cara mengecek kuotanya berbeda dari sebelumnya, misalnya dengan mengirimkan broadcast sms ke konsumennya bahwa cara cek kuota data telah berubah.

Terutama untuk im3 freedom dengan sistem kartu sekali pakai buang. Saya tidak tahu apakah hal ini terjadi di sistem voucher dan  isi ulang paket data dari penjualnya langsung. Dan apakah juga berlaku untuk im3 yang unlimited karena saya sudah lama tidak menggunakannya.

Dan untuk pengguna seperti saya, alangkah baiknya kalau membawa ponsel saat ganti kartunya. Agar bila ada masalah seperti yang saya alami bisa langsung ditanyakan ke penjualnya tanpa harus balik dahulu ke rumah.

Leave a Reply