Bursa Efek Indonesia Akan Siapkan Layanan Data Pasar Modal

286 0

PT Bursa Efek Indonesia selaku penyelenggara dan regulator perdagangan di Pasar Modal Indonesia senantiasa menyediakan solusi untuk para pihak yang berkepentingan di Pasar Modal Indonesia. 

Salah satu solusi yang disediakan PT Bursa Efek Indonesia adalah dengan menyediakan Data Pasar Modal kepada publik sebagai upaya transparansi.

Hal ini didorong atas kesadaran bahwa masyarakat terutama para investor dapat membuat keputusan yang tepat saat bertransaksi di Pasar Modal. 

Beberapa data yang dapat disediakan dan diakses masyarakat antara lain IDX Market Data, IDX data reference, IDX Publications, IDX Index Licence hingga IDX Connection Licence. 

Semua data dapat digunakan sebaik baiknya oleh berbagai institusi terkait di Pasar Modal Indonesia. 

Salah satu data yang dapat diakses adalah market data. Data ini berisikan data Perdagangan, saham, obligasi, dan produk derivatif yang ditujukan pada pelanggan data BEI. 

Pelanggan data dapat menggunakan dua jalur yaitu baik berupa langsung (direct) atau melalui pihak ketiga (indirect) 

Dengan jalur langsung maka pelanggan data hanya perlu memiliki perjanjian lisensi dengan PT. Bursa Efek Indonesia. 

Namun dengan jalur pihak ketiga (indirect)  pelanggan akan mendapat akses melalui jaringan distribusi layanan data BEI dengan perjanjian. 

Data yang disediakan BEI utamanya ditujukan oleh data vendor, broker, financial advisor, e-commerce pasar modal, lembaga riset, perbankan, perusahaan manajemen aset hingga perusahaan analis pasar. 

Layanan data yang disediakan BEI dapat digunakan dengan baik untuk menganalisa investasi, penilaian portofolio, manajemen risiko hingga distribusi keterbukaan informasi. 

Kedepannya proses distribusi data bei akan menggunakan protokol ICTH. Protokol yang tidak diragukan lagi performanya dan sudah memenuhi standar internasional. 

Rio Aditya Ermindo

Rio Aditya Ermindo

Follow my instagram @rioadityae

Leave a Reply