Biografi Tokoh Indonesia : Prof. Dr. Suhadi Mangkusuwondo

26 0

Prof. Dr. Suhadi Mangkusuwondo lahir di Solo, pada 27 Desember 1927. Prof. Dr. Suhadi Mangkusuwondo adalah anak pegawai negeri Departement Keuangan pemerintah kolonial Belanda. Setelah lulus dari pendidikan dasar bumiputera di Bondowoso pada tahun 1940, Prof. Dr. Suhadi Mangkusuwondo selanjutnya meneruskan pendidikan sekolah menengah atas di Malang.

Setelah meletus Perang Pasific, Suhadi kecil dan keluarga pindah ke Bandung. Disinilah (sekolah menengah pertama Jepang, Prof. Dr. Suhadi Mangkusuwondo kecil mempelajari bahasa Jepang, khususnya tulisan Katakana.  Ketika Revolusi 1945 meletus, sebagaimana pemuda pada masa itu Suhadi bersama kedua saudaranya memutuskan menggabungkan diri dengan pejuang kemerdekaan nasional TRIP Malang.

Di TRIP Prof. Dr. Suhadi Mangkusuwondo diangkat menjadi komandan kompi dengan 60 anggota termasuk Widjojo di dalamnya. Sebagai catatan TRIP pada saat itu tidak termasuk dalam bagian TNI dan berjalan berdampingan dengan TNI bermodalkan senjata ringan.

Prof. Dr. Suhadi Mangkusuwondo lulus sekolah menengah atas di Malang bersama dengan teman sekelasnya yaitu Widjojo dan Rachmat Saleh. Prof. Dr. Suhadi Mangkusuwondo berniat mempelajari ilmu politik namun karena tidak tersediadi UI, ia memutuskan untuk mempelajari ilmu ekonomi.

Prof. Dr. Suhadi Mangkusuwondo diminta Prof. Dr Soemitro Djojohadikoesoemo untuk mengajar di UI sebagai asisten pengajar, di UI Prof. Dr. Suhadi Mangkusuwondo bertugas sebagai asisten pengajar sebagai pemberi materi kuliah tentang oengantar ekonomi dan pengantar ekonomi Indonesia.

Pada saat Prof. Dr. Suhadi Mangkusuwondo, memulai kuliah di Universitas Indonesia masih belum ada prof ilmu ekonomi dari Indonesia dan kebanyakan adalah proffesor dan dosen Belanda. Ketika Fakultas Ekonomi menjaadi fakultas tersendiri, Prof. Dr. Suhadi Mangkusuwondo dipilih menjadi ketua pertama senat mahasiswa dan Prof Sumitro sebagai dekan fakultas.

Prof. Dr. Suhadi Mangkusuwondo menjadi salah satu staf FEUI yang dikirim ke AS pada tahun 1957, tepatnya ke kampus MIT, Cambridge melalui beasiswa Ford Foundation dan melanjutkan kuliah pascasarjana pada tahun 1963 di kampus University of California, Berkeley.

Prof. Dr. Suhadi Mangkusuwondo pernah menjabat sebagai Ketua SubKonsorsium Ekonomi – Konsorsium Ilmu-Ilmu Sosial Departement Pendidikan dan Kebudayaan 1972-1976. Pada tahun 1968-1973 pada saat Prof Sumitro menjabat Menteri Perdagangan. Prof. Dr. Suhadi Mangkusuwondo menjadi anggota tim penelitian kebijakan diluar struktur organisasi Departement Perdagangan.

Prof. Dr. Suhadi Mangkusuwondo menjabat menjadi Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan di Kementrian Perdagangan 1973-1975 dan 1983-1988 dengan tugas utamanya adalah untuk memajukan ekspor hasil industri manufaktur.

Leave a Reply