Berbagai Jenis Inflasi

148 0

Segala sesuatu baik jika pas komposisi dan jumlahnya —- RMND

Pada kesempatan sebelumnya kita sudah mengetahui sedikit banyak mengenai inflasi, dakpaknya dan pentingnya mengendalikan inflasi yang dilakukan pemerintah dan otoritas keuangan terkait. 

Pada artikel sebelumnya kita juga sudah mengetahui dua faktor utama pemicu terjadinya inflasi yaitu naiknya jumlah permintaan barang/jasa dan naiknya biaya faktor produksi. 

Pada kesempatan ini, kita akan mengetahui lebih lanjut tentang beberapa jenis inflasi yang dipicu dari naiknya supplay uang yang beredar di masyarakat, yaitu : 

Creeping Inflasi 

 Creeping Inflasi adalah kondisi di saat inflasi masih dalam batas normal yang ditolerir oleh otoritas keuangan dan masyarakat. 

Dengan kondisi inflasi yang masih dalam batas wajar, inflasi memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi. 

Karena inflasi menimbulkan persepsi bahwa harga barang dan jasa akan meningkat seiring berjalannya waktu. 

Hal ini akan mendorong permintaan barang atau jasa oleh sebagian masyarakat, hal ini dilakukan untuk menghindari kenaikan harga di masa mendatang. 

Walking Inflation 

Walking Inflation adalah saat pertumbuhan harga barang akibat inflasi sudah diluar batas yang ditolerir oleh otoritas keuangan dan sebagian besar masyarakat. 

Inflasi yang sudah diatas batas wajar akan mendorong sebagian masyarkat untuk memborong barang / jasa diluar batas kebutuhannya, dan membuat ketersediaan barang / jasa menuju kelangkaan. 

Kondisi tersebut akan mendorong harga barang akan naik lebih cepat, dan membuat harga barang tidak terjangkau untuk sebagian besar masyarakat. 

Galloping Inflation 

Galloping Inflation adalah saat kenaikan harga barang dan jasa sudah hampir tidak dapat dijangkau oleh sebagian besar masyarakat. 

Jika kondisi inflasi sudah masuk ke tahap saperi ini, maka inflasi akan merusak kestabilan perekonomian suatu negara. 

Negara dengan kondisi inflasi seperti ini, akan mulai dijauhi oleh investor asing dan pemerintahan akan kehilangan kredibilitasannya. 

Hyperinflation 

Hyper Inflasi adalah keadaan inflasi yang sangat tinggi hampir mencapai 50%, dan hiperinflasi sangat jarang terjadi. 

Fakta menunjukkan bahwa hyperinflasi terjadi pada saat pemerintah mencetak uang terlalu banyak untuk membiayai perang dan pembangunan. 

Hyperinflasi tercatat pernah terjadi di Jerman tahun 1920, Indonesia tahun 1962-1965, Zimbabwe tahun 2000, dan Venezuela tahun 2010. 

Stagflation 

Stagflation terjadi pada saat inflasi tetap terjadi ditengah stagnansi pertumbuhan ekonomi, terlihat aneh dan sangat kontradiksi tapi mungkin saja terjadi. 

Stagflation hanya dapat diatasi dengan mekanisme pengendalian secara moneter dan fiskal oleh otoritas keuangan negara. 

Core Inflation 

Core Inflation terjadi pada saat kenaikan harga mempengaruhi hampir semua aspek kecuali harga pangan dan energy. 

Deflation 

Deflasi adalah kebalikan dari inflasi, pada saat deflasi harga semua barang mengalami penurunan. 

Deflasi akan mendorong masyarakat untuk menjaga pengeluaran, dengan kondisi seperti itu akan membuat stagnansi ekonomi dan menjurus ke depresi ekonomi. 

Wage Inflation 

Wage Inflation disebabkan oleh naiknya gaji atau pendapatan melebihi kenaikan biaya hidup, secara general kenaikan gaji yang tinggi dapat disebabkan 3 faktor utama, yaitu kelangkaan sdm, negosiasi asosiasi pekerja yang baik dan pekerja dengan efektif mengatur keuangan mereka. 

Banyak yang berfikir dengan naiknya gaji/pendapatan dapat membuat mereka lebih makmur, tetapi seperti kita ketahui kenaikan gaji karyawan akan memicu kenaikan modal produksi dan akan berdampak pada naiknya harga barang dan jasa. 

Asset Inflation 

Inflasi asset adalah inflasi yang ditimbulkan dari naiknya nilai asset seperti rumah, e-mas dan aset lainnya. Kenaikan nilai asset pada akhirnya akan menaikkan harga barang lain di suatu negara. 

Semua negara masing masing mengalami fluktuasi inflasi dan deflasi yang berbeda beda dengan cara penanganan yang berbeda juga. 

Semoga artikel ini dapat memberikan sedikit informasi yang dibutuhkan oleh orang yang sedang mencari informasi tentang inflasi dan jenis jenis inflasi. 

Ada satu jenis inflasi yang mungkin menarik untuk dibahas lebih lanjut, yaitu “core Inflation”. 

Untuk mengetahui lebih lanjut apa itu core Inflation, kami akan membuat artikel khusus membahasnya di kesempatan berikutnya. 

Rio Aditya Ermindo

Rio Aditya Ermindo

Follow my instagram @rioadityae

Leave a Reply