Begini Cara Menggabungkan Beberapa File Word Menjadi Satu File PDF

36 0

Dalam mengirimkan berkas, sering kali kita diminta untuk membuatnya dalam satu file yang biasanya berbentuk pdf. Jadi ceritanya, Saya beberapa waktu yang lalu diminta bantuannya oleh seorang teman untuk mengupload beberapa dokumen tapi digabungkan dalam satu file pdf. Saya menyanggupinya karena Saya sudah sering melakukannya untuk mengirim tugas ke dosen. Berikut ini Saya jelaskan cara menggabungkan beberapa file, baik itu text maupun gambar sehingga menjadi satu kesatuan file pdf.

File berbentuk pdf dipilih karena bila menggunakan aplikasi pengolah kata seperti MS.Word dan dibuka dengan aplikasi lainnya seperti Libreoffice, maka file tidak akan terbaca karena beda format file. Memang untuk LibreOffice yang sekarang bisa membuka file berformat docx, namun masih sedikit orang yang tahu akan hal ini. Ada juga pengalaman Saya sendiri ketika hendak mencetak dokumen word ditempat fotocopy, tulisan di wordnya berantakan. Setelah Saya cari tahu, ternyata beda versi pada MS.Word bisa menyebabkan hal yang demikian.

Cara yang Saya gunakan adalah memakai software yang bernama NitroPDF. Software pdf ini Saya anggap paling komplit diantara banyak software pdf yang pernah Saya coba. Disana selain kita bisa membuka  file pdf yang merupakan fungsi utama software ini, juga bisa melakukan convert atau mengubah dari file lain ke pdf dan juga sebaliknya. Ditambah lagi dengan fungsi lainnya, yakni membuat form pun bisa dilakukan dengan NitroPDF ini. Dan fungsi yang akan Saya bahas kali ini yaitu menggabungkan beberapa file menjadi satu file pdf.

Tapi untuk kali ini Saya hanya akan fokus untuk membahas cara menggabungkan filenya.

Pertama, buka software NitroPDF nya dan akan muncul tampilannya seperti ini

Kemudian klik pada menu combine untuk memulai menggabungkan file

Dan akan muncul halaman seperti berikut ini

Untuk memulai menggabungkan file kalian cukup klik tombol Add Files,selanjutnya akan muncul lagi tampilan seperti ini.

Gambar diatas artinya, kalian bisa memilih file apa saja yang akan digabungkan. Dalam contoh ini ada 5 file yang akan digabungkan semua, jadi tinggal tekan SHIFT saja. Tapi bila filenya acak bisa tekan CTRL diikuti dengan memilih file yang akan digabungkan. Lalau klik Open.

Setelah semua file yang akan kamu gabungkan sudah terkumpul, tinggal klik create ,berinama file pdf nya dan dimana pilih dimana posisi penyimpanannya. Kemudian tunggu sampai prosesnya selesai.

Lama tidaknya proses penggabungan file ini bergantung pada banyak sedikitnya file yang dimasukkan. Tapi biasanya sih sebentar gak sampai satu jam.

Diatas adalah gambar yang menunjukkan proses penggabunannya. Sehingga kita bisa melihat seberapa cepat atau lambatnya penggabungan file tersebut. Setelah proses tersebut berhenti, biasanya file gabungan yang sudah siap akan otomatis membuka  dirinya sendiri.

Gambar diatas adalah contoh file yang sudah dicombine

Gimana ? mudah banget kan cara menggabungkan beberapa file menjadi satu file dalam format pdf. Cara ini sudah Saya pakai bertahun-tahun semenjak Saya masih kuliah D3, lalu kerja dan nganggur lagi sampai sekarang. Dan sekarang sedang menghadapi bimbingan skripsi S1, software ini pun menjadi favorit Saya karena mudah untuk digunakan.

Kekurangan dari software ini buat Saya cuma satu, tidak bisa mengompres atau mengecilkan file pdf. Jadi kalau untuk mengupload ke situs web pendaftaran tertentu sering kesulitan, karena ada limitasi besaran file yang bisa diupload. Semoga kedepannya fitur ini ada.

Untuk mendapatkan software NitroPDF ini silahkan download disitus resminya pada link berikut https://www.gonitro.com/download

Isi form diatas yang berupa nama depan,nama belakang dan alamat email kalian, untuk bagian centang receive news itu optional. Terserah kalian mau mendapatkan berbagai hal tentang NitroPDF atau tidak. Saya sendiri sih tidak karena biasanya hanya akan masuk spam. Kalau sudah klik Start your free trial.

Demikian sedikit tips singkat mengenai cara menggabungkan beberapa file, sehingga menjadi satu file pdf untuk nantinya kalian kirim melalui email atau wa. Bila ingin request artikel tentang tips teknologi dan tips lainnya silahkan komen saja dibawah, agar Saya bisa memenuhi keinginan pembaca setia mayanesia.com. Atau bisa juga mengirimkannya ke twitter Saya di www.twitter.com/@ian_lanang.

Leave a Reply