Apa itu Perusahaan Sekuritas ?

16 0

Jika anda sudah masuk ke dalam pasar modal untuk dapat berinvestasi, istilah sekuritas tentu sudah menjadi hal sudah sering anda dengar. Namun jika anda baru ingin masuk kedalam pasar modal, mungkin anda akan sedikit bingung.

Perusahaan sekuritas adalah perusahaan yang menghubungkan investor dalam melakukan transaksi jual dan beli di dalam pasar modal. Perusahaan Sekuritas tidak mengeluarkan efek atau saham, namun dapat hanya sebagai perusahaan perantara.

Selain sebagai perantara perdagangan efek, perusahaan sekuritas juga dapat menjadi penjamin emisi efek. Sederhananya perusahaan sekuritas dapat membantu emiten atau perusahaan terbuka untuk melakukan IPO di pasar modal.

Walaupun memiliki tugas hanya sebagai perantara transaksi jual dan beli di pasar saham, namun memiliki nilai yang krusial bagi investor pasar modal. Karena perusahaan efek layaknya partner di pasar modal, dari merekalah kita bisa mendapat insight dan rekomendasi kondisi pasar modal terkini.

Beberapa masukan yang dapat menjadi pertimbangan anda untuk memilih perusahaan sekuritas, antara lain :

  1. Cari Perusahaan Sekuritas yang memberikan aksesbilitas yang baik untuk bertransaksi di pasar modal, baik berupa cs dan aplikasi di gadget anda.
  2. Cari Perusahaan Sekuritas yang memiliki komunitas yang besar, karena akan mempermudah untuk saling sharing problem yang mungkin akan terjadi kedepan.
  3. Cari Perusahaan Sekuritas yang memberikan update harian pasar modal, mulai dari laporan kondisi psychologis pasar hingga rekomendari buy/hold berikut dengan landasan teknikal dan fundamental perusahan.

Memilih perusahaan sekurita yang baik dan terpercaya penting sebagai langkah awal investor masuk ke pasar modal, karena satu satunya pihak yang berhubungan langsung dengan investor di pasar modal adalah perusahaan sekuritas.

Demikian sepintas artikel mengenai perusahaan sekuritas. Saya berharap dengan ulasan singkat ini, memberikan memberikan pemahaman bagi anda tentang perusahaan sekuritas. Perlu dicatat, bahwa definisi dan klasifikasikan di dalam artikel ini tidak bersifat mutlak dan pembaca diharapkan membaca referensi lain sebagai pembanding.

Leave a Reply