6 Tips Merawat Wallpaper Dinding Agar Lebih Awet

14 0

Banyak orang yang memilih menggunakan wallpaper guna mendekorasi setiap sudut rumahnya. Selain, motifnya yang lebih beragam, wallpaper dinding juga mudah dalam hal pemasangannya.

Kemudian, wallpaper dinding bisa membuat ruangan lebih cantik dan indah dipandang mata.

Dengan perawatan yang tepat, maka wallpaper dinding bisa awet dan tetap terjaga keindahannya hingga puluhan tahun. Apabila wallpaper ini dirawat secara asal-asalan, dinding rumah pun dapat menjadi kusam dan penampilan interior ruangan menjadi terganggu.

Meskipun, sungguh sayang banyak orang diluar sana yang belum tahu benar bagaimana cara merawat wallpaper dinding, sehingga baru beberapa tahun saja wallpaper sudah terlihat kusam.

Lalu, bagaimana cara merawat wallpaper dinding agar lebih awet, tahan lama dan tetap indah. Simak tipsnya berikut ini!

  1. Perhatikan Proses Pemasangan Wallpaper Dinding

Cara merawat wallpaper dinding pertama kali yang harus diperhatikan adalah proses pemasangannya agar bisa awet dan juga tahan lama. Meskipun dalam proses pemasangan wallpaper ini terkesan gampang, ada baiknya kalian menyerahkan proses ini pada yang lebih ahli.

Termasuk saat kalian membeli wallpaper ini, bisa meminta bantuan kepada si penjual wallpaper dinding tersebut. Selain itu, di luar sana banyak para penjual wallpaper dinding yang juga ikut menyediakan jasa pemasangan wallpaper, terutama untuk dinding yang minimalis karena pengerjaannya lebih gampang.

Dengan menggunakan ahli dalam pemasangan wallpaper dinding, hal ini agar wallpaper dinding tidak robek saat dipasang dan tetap bagus kondisinya.

2. Perhatikan dengan Baik Saat Proses Pengeleman

Hal kedua yang perlu diperhatikan adalah proses pengeleman wallpaper dinding dengan benar. Namun, sebelum itu jangan lupa untuk memerhatikan kondisi dinding yang ada di rumah kalian.

Proses pengeleman wallpaper dinding pun tidak boleh sembarangan agar lebih merata dan tidak meninggalkan celah. Pasalnya, kalau tidak wallpaper bisa tidak rapi atau bahkan menggelembung.

Hal ini tentunya, akan membuat keindahan wallpaper menjadi kurang dan lebih cepat rusak. Sementara itu, apabila kalian ingin mengganti wallpaper dengan yang baru, sebaiknya jangan ditumpuk. Kalian, harus melepas wallpaper yang lama dan menggantinya dengan yang baru. Kualitas ini mengacu pada harga masing-masing wallpaper dinding. Jika harganya murah, maka kualitasnya kurang bagus meskipun tidak semua wallpaper dengan harga murah kualitasnya tidak bagus. Ini tergantung pada cermatnya kalian dalam memilih wallpaper yang berkualitas dengan harga yang terjangkau.

3. Jangan Memasang Wallpaper di Dinding yang Lembab

Ada baiknya kalian lebih dulu memastikan keadaan tembok rumah. Tembok rumah yang kondisinya lembab akan kurang baik apabila dipasangi wallpaper dinding. Soalnya, tembok yang lembab akan membuat wallpaper lebih cepat rusak dan berjamur saat dipasang. Apabila, tembok di rumah kalian memiliki kelembaban yang tinggi sebaiknya akali dengan memberikan cat khusus pada permukaan dinding yang mempunyai efek anti lembab.

Kemudian, sebelum dipasang bersihkan dulu setiap permukaan dinding dari debu, kotoran atau lapisan cat, sedangkan untuk dinding yang masih baru perhatikan kondisinya sudah benar-benar kering sebelum dipasang.

Jangan lupa untuk membaca petunjuk dengan benar, sebelum melakukan proses pemasangan wallpaper dinding agar lebih maksimal hasilnya.

4. Bersihkan Wallpaper Secara Rutin

Meskipun, pada permukaan wallpaper di rumah kalian tidak terlihat debu yang menempel. Sebaiknya, jangan biarkan debu tersebut terlalu lama menumpuk karena  bisa memberikan efek kurang baik bagi penghuni.

Oleh karena itu, kalian harus membersihkan debu-debu tersebut secara rutin. Kalian juga bisa membersihkannya cukup dengan menggunakan kemoceng, vacuum cleaner atau kain yang lembut agar permukaan wallpaper tidak tergores dan dapat rusak nantinya.

5. Untuk Noda Membandel, Coba Sikat dengan Bulu Halus

Apabila saat kalian membersihkan wallpaper dinding di rumah dengan kain lembut kurang maksimal hasilnya. Maka, gunakan sikat yang mempunyai bulu lembut guna membersihkan noda yang membandel tersebut. Sikat permukaan wallpaper dinding dengan lembut perlahan dan usahakan agar tidak sampai rusak atau robek.

6. Gunakan Jeruk Nipis untuk Menghilangkan Noda Pada Wallpaper

Apabila wallpaper kalian tiba-tiba terkena noda, jangan panik. Bersihkan segera noda tersebut,   dengan perasan jeruk nipis yang dicampur dengan  air hangat. Lalu, cara membersihkanya pun jangan sembarangan dengan menggunakan spons yang lembut atau tisu basah. Namun, sebaiknya jangan membuat alat untuk membersihkannya terlalu basah, cukup sedikit lembab agar wallpaper tidak rusak.

Setelah itu, diamkan selama beberapa saat dan lap bekas gosokan spons dengan menggunakan kain bertekstur halus serta kering.

Leave a Reply