6 Langkah Keluar dari Jeratan Hutang Tiap Bulan

128 0

It start today, now and this second – Just do it

Jika kalian memiliki kebiasaan untuk menggunakan kartu kredit tiap bulan dan tidak bisa membayar full tagihan kartu kredit. 

Mungkin untuk beberapa waktu bukan masalah yang besar, akan tetapi jika berlangsung lama dan berkepanjangan akan membuat kondisi financial anda menjadi lebih buruk kedepannya. 

Control sedini mungkin kebiasaan tersebut karena dapat memperbaiki kesehatan financial anda dimasa yang akan datang menjadi lebih positif. 

Jika anda merasa memiliki masalah serius dalam perencanaan pengeluaran bulanan anda, mungkin beberapa langkah antisipasi ini dapat membantu : 

Catat Pendapatan dan Pengeluaran 

Pastikan bahwa pendapatan anda dapat memenuhi kebutuhan pokok bulanan anda seperti pendidikan dan sandang, pangan, papan. 

Buat Budget Bulanan 

Hal ini penting agar kita dapat memonitor berapa jumlah uang yang keluar tiap bulannya untuk setiap kebutuhan kita. 

Dengan budgeting juga akan membatasi kita untuk melakukan pengeluaran apabila sudah sampai batas alokasi dan menghindari berhutang. 

Kurangi Pengeluaran Emosional 

Tidak dapat dipingkiri pengeluaran emosional, terkadang yang menjerat kita dalam hutang. 

Terkadang pengeluaran emosional yang kita keluarkan tergolong kecil tetapi sering kita lakukan. 

Lakukan setting limit untuk tiap kartu yang anda punya, baik kredit maupun debit hal ini dapat menghindari kita dari berbelanja di luar budget yang kita miliki. 

Siapkan Dana Darurat 

Banyak diantara kita terjerat dalam hutang, disebabkan dari kebutuhan mendesak yang tiba tiba terjadi. 

 Dengan dana darurat kita dapat mengindari terjadinya hal tersebut, dan kita dapat hidup dalam kondisi kesehatan keuangan yang baik. 

Cari Uang Tambahan 

Uang tambahan dapat digunakan untuk melunasi hutang. Uang tambahan dapat dicapai dengan beberapa jalan seperti mencari sidejob, jual barang atau memotong pengeluaran yang tidak urgent. 

Persiapkan Dana Pembelian Besar 

Dengan mempersiapkan dana khusus untuk pembelian besar, anda mempersiapkan mental diri anda untuk tidak bergantung pada hutang. 

Anda dapat mempersiapkan mental anda bahwa hutang hanya akan di pergunakan untuk hal produktif dan mendesak saja. 

Semua teori kesehatan keuangan bergantung pada kedisiplinan dalam menjalankannya. Maka kedisiplinan adalah hal yang paling penting. 

Ingat kehidupan tidak hanya terjadi dalam kurun waktu setahun atau dua tahun, maka kesehatan keuangan kita kedepan merupakan hal yang sangat penting. 

Rio Aditya Ermindo

Rio Aditya Ermindo

Follow my instagram @rioadityae

Leave a Reply