6 Khasiat Daun Ashitaba yang Jarang Orang Ketahui

394 0

Mungkin di luar sana banyak orang yang belum mengetahui daun Ashitaba ini. Ashitaba adalah tanaman asli dari negara Jepang yang konon memiliki banyak khasiat dalam bidang kesehatan dan tubuh.

Ashitaba juga dikenal dengan nama latin Angelica Keiskei Koidzumi dan berasal dari Hachi Jo Island yang mana berarti pulau panjang umur.

Tanaman ashitaba ini konon telah banyak digunakan oleh para tabib untuk mengobati berbagai macam penyakit sejak zaman Dinasti Ming (1518 – 1593).

Salah satu khasiat tanaman Ashitaba yang diperoleh dari sebuah riset yaitu tanaman ini bisa membuat para penduduk di Hachi Jo Island lebih panjang umur dengan mengonsumsi Ashitaba.

Apabila kalian ingin menanam dan memelihara tanaman Ashitaba ini pastikan lingkungan sekitarmu beriklim sejuk. Pasalnya dengan ini tanaman Ashitaba bisa tumbuh optimal hingga 2-3 meter dan usianya bisa mencapai 15 tahun.

Berikut ini adalah beberapa khasiat daun Ashitaba:

1. Dapat mencegah kanker

Sumber: https://iccc.id/tahapan-perkembangan-kanker

Kandungan zat aktif Xanthoangelol dan 4-hydroxyderricin pada chalcones yang terdapat di batang dan daun ahitaba ini, dipercaya ampuh mencegah pertumbuhan sel kanker.

Kemudian chalcones ini juga mengandung zat flavonoid yang kaya akan antioksidan. Hal ini bisa bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang bisa mengurangi kerusakan sel pada tubuh akibat radikal bebas tersebut. Bahaya akan radikal bebas ini juga menjadi salah satu pemicu penyakit kanker yang bisa mengancam jiwa. Apalagi seperti yang kita tahu penyakit kanker ini memang dapat menimbulkan kematian bagi penderitanya karena sangat berbahaya.

2. Membuat rambut tampak lebih sehat

Sumber: https://m.klikdokter.com/amp/3178303/ini-kiat-mudah-bikin-rambut-sehat-dan-tebal

Tanaman ashitaba ini juga mengandung vitamin E yang sangat baik bagi kesehatan rambut. Kandungan vitamin E pada ashitaba bisa merangsang pertumbuhan rambut, menyehatkan kulit kepala dan mencegah rambut dari kerontokan. Tak heran, apabila orang Jepang mempunyai rambut sehat dan berkilau mungkin karena mengonsumsi daun ashitaba ini.

3. Menyehatkan mata

https://travel.tribunnews.com/amp/2018/12/17/tidak-hanya-wortel-ternyata-ada-buah-lain-yang-bisa-bantu-menjaga-mata-kamu-tetap-sehat

Tanaman ashitaba juga dikenal dengan nama seledri jepang. Daun ashitaba juga memiliki kandungan vitamin A yang sangat baik bagi kesehatan mata. Perlu diketahui bahwa vitamin A ini berguna untuk mempertajam penglihatan dan dapat mencegah kerusakan pada mata.

Apalagi bagi kalian yang gemar bermain gadget atau menatap layar monitor terlalu lama, mulai sekarang bisa mengonsumsi daun ashitaba ini selain wortel.

4. Dapat membuat imunitas tubuh meningkat

Sumber: https://www.lifebuoy.co.id/semua-artikel/infeksi-dan-pencegahannya/ini-reaksi-sistem-imun-saat-tubuh-diserang-virus-corona.html

Kandungan antioksidan pada tanaman ashitaba ini mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga kita tidak mudah terserang penyakit.

Apabila imunitas kita baik dan kuat maka penyakit juga tidak akan masuk ke dalam tubuh atau jarang sakit. Terlebih lagi di saat wabah Covid-19 ini, kita butuh asupan makanan ataupun tanaman herbal yang bisa membuat imun kita lebih kuat.

Selain itu, daun ashitaba juga dipercaya mampu menurunkan kadar gula darah dan resiko akan penyakit jantung.

5. Dapat menurunkan kadar kolesterol

Sumber: https://m.dream.co.id/fresh/kurangi-kadar-kolesterol-dengan-bekatul-170808i.html

Apabila Anda mempunyai masalah tekanan darah, bisa mengonsumsi daun ashitaba yang bermanfaat dalam menetralkan tekanan darah dan menurunkan kolesterol.

Tekanan darah yang normal membuat tubuh kita lebih sehat, sebaliknya apabila tekanan darah terlalu tinggi maupun terlalu rendah dapat mengganggu kesehatan.

Daun ashitaba mampu menstabilkan tekanan darah pada tubuh, sehingga mampu mencegah terjadinya tekanan darah tinggi dan juga bisa mencegah terjadinya penyakit stroke atau serangan jantung.

Disamping itu, tanaman ashitaba cocok dikonsumsi bagi orang yang mempunyai tekanan darah tinggi maupun tekanan darah rendah.

6. Dapat memperbaiki fungsi hati dan ginjal

Sumber: https://derap.id/950/cara-menjaga-dan-merawat-fungsi-organ-hati-dan-ginjal.html/amp

Kedua organ baik hati dan juga ginjal sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh yakni berperan penting dalam menyaring racun dan empedu agar tidak larut dalam aliran darah yang dipompa ke seluruh tubuh.

Apabila kedua organ tubuh ini mengalami gangguan bisa menimbulkan masalah serius atau penyakit serius misalnya gagal ginjal dan penyakit hati atau hepatitis.

Nah, daun ashitaba ini bermanfaat untuk menjaga kinerja organ hati dan ginjal. Dengan mengonsumsi tanaman ini secara rutin sangat baik untuk memperbaiki sitem organ hati dan juga ginjal.

Sumber: 1. https://www.popmama.com/life/health/atika-dian/manfaat-daun-ashitaba-untuk-kesehatan-yang-bikin-panjang-umur

2. https://senisehat.com/2018/11/06/7-manfaat-dari-tanaman-ashitaba-nomor-1-paling-disukai-wanita/

Leave a Reply